Cara Membuat Makalah

Ridwan k
Makalah adalah sebuah karya tulis ilmiah yang membahas tentang suatu topik tertentu yang tercakup ke dalam ruang lingkup pengetahuan. 

Sebuah makalah mempunyai sistematika yang terbagi menjadi empat bagian, yaitu pendahuluan, studi kepustakaan, pembahasan, dan kesimpulan atau penutup.

Selain itu, makalah adalah salah satu syarat untuk menyelesaikan studi atau pendidikan. Suatu makalah biasanya mempunyai karakteristik yakni hasil kajian literatur atau laporan pelaksanaan suatu kegiatan, mendemonstrasikan pemahaman mengenai permasalahan teoritik yang sedang dikaji dalam makalah, menunjukkan kemampuan terhadap isis yang berasal dari berbagai sumber yang dipakai dan mendemonstrasikan berbagai sumber informasi dari makalah ke dalam satu kesatuan yang utuh.

Dalam artikel ini kita akan membahas mengenai cara membuat makalah. Yuk simak berikut penjelasannya.

Cara Membuat makalah

Berikut adalah tata cara membuat makalah.

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat membuat makalah. Dikutip dari handout yang ditulis Rusdaiana berjudul Teknik Penyusunan Makalah untuk Pemula, teknik penyusunan makalah antara lain:

1. Menentukan Tema dan Judul Makalah

Langkah pertama yang harus Anda tentukan adalah tema yang ingin dibahas. Pemilihan tema sangat mempengaruhi keberhasilan makalah. Pilihlah tema yang memiliki permasalahan menarik namun mudah diriset.

Tema makalah biasanya disesuaikan dengan mata pelajaran atau mata kuliah. Kalau begitu, ide tema makalah sudah bisa dipersempit.

2. Mengumpulkan Bahan Referensi

Langkah selanjutnya adalah Anda harus mencari referensi yang sejenis dengan tema dan judul. Referensi bisa didapatkan dari mana saja, seperti artikel atau makalah terdahulu, teori ahli, atau survey kecil di lapangan.

Jika bersumber dari internet, pastikan sumbernya jelas dan bisa dipertanggungjawabkan, karena sumber juga sangat berpengaruh terhadap kredibilitas makalah.

3. Menulis Makalah Secara Sistematis

Langkah selanjutnya setelah Anda membaca beberapa referensi, mulailah menulis makalah secara sistematis. Mulai dari pendahuluan, tuliskan latar belakang dan alasan ingin membahas topik ini.

Struktur makalah sudah disusun berdasarkan logika, sehingga kalau terbalik akan mengakibatkan ketidakjelasan topik.

4. Menambahkan Kutipan Pada Makalah

Langkah selanjutnya supaya isi makalah semakin kredibel, tambahkan kutipan untuk memperkuat data yang kamu dapatkan.

Kutipan bisa berupa kutipan langsung atau tidak langsung. Kutipan bisa didapatkan dari teori-teori ahli atau wawancara narasumber di lapangan.

5. Melakukan Konsultasi

Terakhir, jangan lupa konsultasi dengan dosen atau guru selama proses pengerjaan makalah.

Cek kembali apakah makalah sudah sesuai dengan struktur dan tidak ada kesalahan dalam pengejaan, tanda baca, dan tata bahasa yang digunakan.

Itulah tata cara membuat penulisan makalah. Jika Anda ditugaskan pertama untuk membuat makalah cara tersebut dapat Anda jadikan sebagai referensi. Semoga bermanfaat. 

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.