Cara Cetak Undangan Tahlil di Microsoft Word

  


Dalam postingan ini saya akan menjelaskan tentang cara mencetak undangan tahlil menggunakan software Microsoft Word. Apabila teman-teman ingin membuat undangan tahlil dirumah memakai printer sendiri silahkan simak informasi yang saya bagikan berikut ini.

Untuk membuat undangan tahlil ini sangatlah mudah dan khususnya bagi teman-teman yang sudah lama berkecimpung didunia percetakan pasti akan lebih satset. Dalam tutorial ini saya menggunakan microsoft office versi tahun 2016 dan format template docx gratis.


Apa yang dimaksud Undangan Tahlil?

Undangan Tahlilan adalah sebuah surat undangan yang biasa digunakan masyarakat Indonesia untuk mengadakan acara tahlilan, desain ini merupakan salah satu desain grafis yang mengusung surat dalam bentuk kartu yang meminta penerimanya untuk menghadiri suatu acara Tahlilan.

Tahlilan mempunyai arti yaitu sebuah upacara selamatan yang dilakukan sebagian umat Islam, terutama di Indonesia! Hal tersebut untuk memperingati dan mendoakan orang yang telah meninggal yang biasanya dilakukan pada hari pertama kematian hingga hari ketujuh, dan selanjutnya dilakukan pada hari ke-40ke-100, kesatu tahun pertama, kedua, ketiga dan tahlilan pada hari ke-1000.

Sebagian ulama di Indonesia memiliki padangan dan pendapat yang berbeda mengenai tahlilan ini, sebagian ulama menganggap tahlilan merupakan bid’ah, karena tidak disunahkan oleh Rasulullah. Namun saya sendiri ngambil sisi positifnya saja, seperti untuk menjalin silaturahmimembaca yaasiin dan tahlil nya yang merupakan amalan baik buat kita.

Bahan-Bahan Pembuatan Undangan Tahlil

Secara umum bahan yang digunakan untuk membuat undangan tahlil sendiri sangat mudah dan perlengkap tersebut dapat ditemukan di toko fotocopy terdekat anda. Berikut daftar bahan yang bisa kalian siapkan untuk mencetak undangan tahlil ini.
  • Kertas HVS ukuran (A4 atau F4) bebas
  • Perangkat Komputer atau Laptop
  • Mesin Printer
  • Software Microsoft Office
  • Template Word Undangan Tahlil (docx)

Langkah Mencetak Undangan Tahlil di Microsoft Word

  1. Pertama buka Microsoft Word di Komputer anda.
  2. Selanjutnya download file template undangan tahlil format word siap edit.
  3. Lalu edit dan sesuaikan Alamat, Tanggal, Nama, dan informasi lainnya.

  4. Kemudian sesuaikan agenda tahlil yang akan dilaksanakan seperti untuk acara tahlil dan mendoakan ke 40 hari, 100 hari atau 1000 hari.

  5. Jika sudah lakukan pencetakan dengan cara menekan Keyboard CTRL + P, atau membuka menu File > Cetak di Micosoft Word.

  6. Sesuaikan pengaturan printer, kalian dapat menyesuaikan ukuran kertas, jumlah cetak, Orientasi Kertas, batas margin dan opsi lainnya.

  7. Terakhir, tekan tombol Cetak/Print untuk mulai mencetak undangan tahlil buatan anda. Setelah selesai kalian dapat menyimak hasilnya kurang lebih seperti video contoh dibawah ini.

Video Tutorial

Agar lebih jelas teman-teman dapat menyimak ulasan video pembuatan undangan tahlil di Microsoft Word yang sudah saya unggah di Channel YouTube saya dibawah ini.

#Tips Mencetak Undangan Tahlil yang Baik!

Ketahui beberapa tips yang bisa kalian pelajari ketika hendak membuat undangan tahlil yang baik dan bagus. Agar undangan tahlil cocok seperti yang diharapkan dan menarik dantaranya untuk membuat undangan tahlil adalah sebagai berikut!
  • Memahami stuktur undangan yang baik.
  • Menggunakan Merk Printer yang handal dan tinta tajam.
  • Menggunakan template undangan tahlil word yang bagus dan keren. Untuk itu anda bisa menjelajahi daftar postingan Template Undangan yang sudah saya bagikan sebelumnya.


Akhir Kata

Itulah informasi mengenai cara mencetak undangan tahlil menggunakan microsoft word yang bisa kalian ketahui. Semoga apa yang saya sampaikan dalam postingan kali ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua yang membutuhkannya.

Jika anda mempunyai pertanyaan silahkan tulis dikolom komentar dibawah ini. Silahkan share jika menurut anda ulasan saya berguna dan menjawab pertanyaan kalian seputar undangan tahlil dan penggunaan Microsoft Word yang lebih baik.

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.