Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Membuka HP Android Yang Terkunci



Ilmuinternet.com - Untuk memastikan keamanan dan privasi penggunanya, Sistem Android menyediakan fitur kunci layar. Sesuai dengan namanya, fitur ini berguna agar smartphone hanya bisa diakses oleh pengguna yang berwenang.

Secara umum, android menyediakan tiga jenis pengunci layar. Ada pola, pin, atau kata sandi. Namun seiring berjalannya waktu, teknologi kunci layar juga terus berkembang. Seperti face unlock, atau dengan sensor sidik jari.

Sayangnya, dalam beberapa kondisi, tidak sedikit pengguna yang lupa dengan password yang telah ditetapkan sebelumnya. Akibatnya, smartphone akan terkunci dan tidak bisa digunakan.

Jika berada dalam kondisi seperti itu, cobalah untuk tetap tenang dan tidak panik. Suka mengingat password secara perlahan. Jika masih sulit, berikut ini cara paling efektif untuk membuka kunci ponsel Android yang terkunci.


Cara Membuka HP Android Yang Terkunci?

1. Menggunakan Pengelola Perangkat Android

Cara pertama bisa menggunakan Android Device Manager. Untuk mengakses Android Device Manager, coba meminjam smartphone teman/keluarga, atau bisa juga menggunakan PC/Laptop.

Buka saja Pengelola Perangkat Android melalui browser. Kemudian login menggunakan akun Google. kemudian akan dihadapkan pada tiga pilihan. Yaitu Lock, Ring, atau Erase. Pilih "Kunci", dan akan diminta untuk membuat kata sandi untuk menggantikan PIN/Pola/Kata Sandi yang lama. Klik tombol "Kunci", dan android sudah terkunci menggunakan kata sandi baru.

Untuk menggunakan Pengelola Perangkat Android, pastikan smartphone terhubung ke internet, dan masuk menggunakan akun Google yang sama.


2. Gunakan Fitur Lupa Pola

Sebelum smartphone dilengkapi dengan fitur face unlock dan sensor sidik jari, pola adalah jenis kunci layar yang paling banyak digunakan. Untuk mengatasi kemungkinan lupa pola, sistem android menyediakan fitur yang disebut "Lupa Pola". Ada dua opsi yang tersedia di Forgot Pattern. Yaitu menjawab pertanyaan keamanan, atau login menggunakan email.

Tapi Astaga, fitur ini hanya tersedia di Android KitKat (4.4) atau lebih rendah.

Cara mengakses pola yang terlupakan itu sendiri cukup mudah. Karena ketika menggambar pola yang salah beberapa kali, fitur ini akan langsung aktif.


3. Samsung Temukan Ponsel Saya

Selain menggunakan Android Device Manager, Pengguna juga dapat menggunakan Samsung Find My Mobile. Namun sesuai dengan namanya, cara ini hanya bisa bekerja di smartphone Samsung.

Caranya juga hampir sama dengan Android Device Manager, kamu hanya perlu masuk ke Samsung Find My Mobile (https://findmymobile.samsung.com/) melalui browser. Kemudian login menggunakan akun Samsung. Selanjutnya, klik tombol Kunci Layar Saya. Masukkan PIN baru, lalu klik Kunci. Tunggu beberapa saat, hingga password smartphone berubah menjadi PIN baru.

Perlu diingat, bahwa metode ini hanya berfungsi jika sudah mengatur akun Samsung.


4. Atur Ulang Pabrik

Jika masih tidak berhasil, coba melakukan reset pabrik. Tentu saja, akan menyebabkan kehilangan semua data di ponsel cerdas. Ini karena, reset pabrik akan menghapus semua data (termasuk kata sandi), dan mengembalikan smartphone ke keadaan semula.

Untuk melakukan reset pabrik, hanya perlu masuk ke mode pemulihan. Cara masuk recovery mode sendiri bervariasi, tergantung dari jenis smartphone yang digunakan.

Namun, sebagian besar ponsel cerdas menggunakan tombol daya dan volume turun untuk masuk ke mode pemulihan. Caranya, saat smartphone dalam keadaan mati, tekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan. Tunggu beberapa saat, hingga masuk ke recovery mode.

Selanjutnya, gunakan tombol volume atas dan volume bawah sebagai navigasi. Pergi ke Wipe Data/Factory Reset (menggunakan tombol power), dan pilih Reboot System Now. Tunggu beberapa saat hingga proses reboot selesai. Dan smartphone akan kembali normal.


Demikian postingan tentang cara untuk membuka hp android yang terkunci, semoga bermanfaat. Silahkan berikan komentar terkait untuk membangun blog ini menjadi lebih baik lagi. Share kalau postingan ini berguna!



Budi Santoso
Budi Santoso Penulis dan desainer grafis, yang menyajikan konten-konten unik, kreatif dan inspiratif. Kutipan: Pengetahuan yang baik senantiasa mengajarkanmu untuk lebih dekat pada Allah S.W.T

Posting Komentar untuk "Cara Membuka HP Android Yang Terkunci"