Menjadi Blogger Terasa Sulit? Pahami Passion atau Bisnis!

Source: unsplash.com

Sebenarnya, saya tidak asing dengan dunia blogging, pertama kali blogging sekitar 2010 juga ada juga. Pada saat itu saya senang sejak awal mengenal blog, itu tidak memikirkan aturan penulisan, jumlah kata-kata, apalagi berpikir tentang kualitas SEO, kecepatan loading blog, dan pernak-pernik.

Saya blogger di awal itu hanya sekitar beberapa tahun, ya satu atau dua tahun. Saya menulis sebagian desain grafis, merasa bersemangat karena kita bisa tahu dunia internet juga. Kemudian mulai blogging lagi sekitar awal tahun 2020, ada iming-iming dari penghasilan blogger lain yang bisa mencapai jutaan bahkan puluhan juta setiap bulan.

Ini membuat saya terobsesi, ingin menggunakan cara 'curang' untuk membangun blog untuk menghasilkan dengan cepat. Tapi kenapa aku merasa, berapa nilainya? Bisakah saya benar-benar mengatakan blogger? Karena saya tidak menempatkan jiwa saya di sana, saya tidak menaruh hati nurani, tidak memiliki pikiran saya dengan benar.

Aktivitas blogging bahkan membuat saya arah yang tidak jelas, bukan kesenangan yang diperoleh tetapi itu tepatnya seperti yang dikejar sesuatu, hal utama harus ini, jadi ini, dan sebagainya. Lalu, bagaimana saya bisa menikmatinya? Tidak ada kegiatan yang bisa dikatakan 'menulis' karena apa yang dicari adalah peringkat, jumlah pengunjung, akhir terhadap pendapatan.

source: unplash.com


Pahami Tujuan Menulis di Blog!

Mengenai tujuan blogging, bukankah itu normal hanya menghasilkan uang sebagai tanda blogging? Ya, jika Anda pikir itu sangat normal. Namun, untuk mencapai tujuan itu dipertanyakan.

Saya tidak berbicara tentang cara apa yang digunakan, hanya mempertanyakan diri mereka sendiri. Apakah saya menikmati kegiatan blogging? Atau apakah itu sebenarnya tidak, karena dipaksakan oleh obsesi.

Membangun blog, passion itu diperlukan agar dapat bertahan hidup, kecuali jika Anda memiliki banyak uang. Tanpa passion, saya yakin itu tidak akan bertahan lama, baru mulai bahagia, tetapi setelah satu atau dua bulan tanpa hasilnya akan menyerah.

Ini berbeda jika Anda punya uang, itu berarti hasratnya dalam bisnis. Keluarkan banyak uang untuk mendapatkan lebih banyak, apalagi setahun, kurang dari enam bulan sudah bisa merasakan hasil / pengembangan blognya.


Blogger adalah Passion!

Semangat kita sambil melakukan sesuatu, biasanya jika ada sesuatu yang bahagia untuk dilakukan maka itu bisa bertahan lama. Jadi, jika Anda tidak memiliki modal untuk mengembangkan blog dengan cepat, lupakan segalanya tentang SEO dan pernak-pernik khusus jika anda seorang pemula. Cukup blog dapat diakses secara normal, nikmatilah. Karena pembicaraan SEO tidak dapat dipisahkan dari bisnis.

Jujur, jika sekarang saya membuat kegiatan blogging karena pendapatan itu tidak akan di dapat secara instan, karena butuh berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Sementara tanpa passion itu tidak akan bertahan lama, maksimal enam bulan atau blogging hanya sesekali dapat dihitung jari.

Blogger yang digunakan untuk memanfaatkan passion, setelah bertahun-tahun kemudian mereka bisa mendapatkan hasil, karena passion yang membuat mereka bertahan hidup.



Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Posting Komentar