Cara Menambah Keterangan Otomatis Video di Capcut



CapCut merupakan salah satu aplikasi editor video terbaik di smartphone android. Aplikasi ini mempunyai banyak tools untuk mengedit video seperti efek transisi, alat pemotong, penggabung video dan alat lainnya. 

Seperti tools CapCut yang akan saya bahas di kesempatan kali ini, yaitu alat penambah "Keterangan Otomatis" di dalam video. Mau tahu fungsi dari keterangan otomatis di aplikasi CapCut? Berikut penjelasannya!


Apa Itu Keterangan Otomatis di CapCut?

"Auto Caption" atau "Keterangan Otomatis" merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk menambah teks atau tulisan bergerak di dalam video secara otomatis di aplikasi CapCut.

Melalui tools tersebut pengguna dapat menambah tulisan berjalan di layar video melalui hasil terjemahan dari suara video dengan mudah dan cepat.

Sehingga pengguna tidak perlu repot-repot lagi menambah dan mengetikkan teks satu-persatu sebagai caption video. Juga sebagai pengganti peran suara narator dalam penyampaian pesan.

Saat ini terdapat banyak bahasa video yang dapat di translate ke dalam teks di CapCut, seperti bahasa Jepang, Inggris, Korea, Portugis, Rusia, Spanyol dan bahasa Indonesia.


Cara Menambah Keterangan Otomatis di CapCut

Cara menggunakan fitur keterangan otomatis di layar video, anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut melalui aplikasi CapCut.

  1. Buka aplikasi CapCut
  2. Buat Proyek baru > Tambahkan klip video kamu yang memiliki suara
  3. Selanjutnya masuk menu Teks > Keterangan Otomatis

  4. Pilih bahasa sesuai video kamu, contoh "Bahasa Indonesia" lalu tekan tombol Lanjutkan

  5. Tunggu proses pemuatan Keterangan Otomatis yang berlangsung.
  6. Selanjutnya kamu dapat melihat hasilnya dan memperbaiki kesalahan tulisan secara manual atau melalui Pengeditan Batch.

  7. Kemudian kamu dapat menyesuaikan warna, ukuran teks, mengubah jenis font dan lainnya sesuai keinginan.

  8. Terakhir, tekan tombol ekspor video untuk menyimpan.


Akhir kata

Fitur "Keterangan Otomatis" pada aplikasi CapCut memungkinkan kamu menambah keterangan teks di dalam video secara otomatis. Caption tersebut bekerja seperti sebuah subtitle video yang memudahkan penonton memahami isi video lebih jelas.

Selain itu pengguna juga dapat ekstrak rekaman suara menjadi tulisan ke layar video. Namun saat ini capcut belum mendukung bagi anda yang ingin membuat lirik video musik atau subtitle lagu lewat fitur ini.

Itulah postingan cara penggunaan fitur keterangan otomatis di capcut yang bisa anda pelajari. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Jangan lupa share dan terus ikuti Tutorial CapCut lainnya.



Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Posting Komentar