24 C
id

Cara Zoom Video di Capcut Melalui Fitur Efek dan Keyframe!

Dalam dunia editing video, istilah zoom dapat diartikan sebagai teknik dan gerakan memperbesar ukuran layar video untuk mendekatkan view (tampilan) terhadap suatu obyek supaya dapat terlihat lebih jelas dan detail.

Berdasarkan gerakannya, efek zoom ini biasa dibedakan menjadi dua, yakni zoom in dan zoom out. Zoom in adalah gerakan video yang mendekati obyek, sedangkan zoom out adalah gerakan video yang menjauhinya.

Biasanya, efek zoom in dan zoom out ini dibuat secara berurutan ketika mengedit video. Dimana setelah ukuran layar video diperbesar dengan zoom in, maka video tersebut dikembalikan pada ukuran semula dengan zoom out setelah obyek selesai ditampilkan dalam video.

Apa Itu Zoom in & Zoom Out?

Zoom adalah sebuah memainkan jarak lensa ke benda dengan tujuan sebagai berikut: Zoom In: memperbesar tampilan obyek pada kamera dengan cara mendekatkan lensa. Sedangkan Zoom Out: memperkecil tampilan obyek dengan cara menjauhkan lensa.

Dengan aplikasi Capcut Android, kita bisa membuat efek zoom in dan zoom out pada video dengan sangat mudah. Berikut adalah cara zoom di Capcut yang bisa Anda pelajari dan praktikkan.

A. Cara Zoom di Capcut dengan Fitur Efek

Cara zoom video di Capcut yang pertama adalah menggunakan fitur efek yang ada di dalam aplikasinya. Jadi, yang perlu Anda lakukan adalah cukup memilih efek zoom tersebut saja. Mudah sekali bukan? Berikut tutorialnya.

  1. Tentukan bagian video mana yang akan Anda zoom.
  2. ‌Buka menu Efek yang ada di bagian bawah.
  3. ‌Pilih bagian efek Basic di sebelah atas.
  4. ‌Anda akan menemukan tiga buah efek zoom, yakni Zoom Lens, Mini Zoom, dan Slow Zoom. Saya akan memilih efek Slow Zoom sebagai contoh.
  5. ‌Ketuk tanda ceklis untuk menerapkan efek zoom.
  6. ‌Efek zoom berhasil Anda buat pada video.
  7. ‌Anda bisa menggeser-geser garis putih yang ada di ujung efek untuk mengatur berapa lama efek zoom akan berlangsung.
  8. ‌Cara zoom video di aplikasi Capcut menggunakan efek selesai.


Cara Zoom Video di Capcut Menggunakan Keyframe

Berbeda dengan sebelumnya, cara membuat efek zoom video di Capcut menggunakan keyframe bisa kita atur sendiri bagian atau obyek apa saja yang ingin didekatkan. Berikut tutorialnya.

A. Cara Zoom In Video di Capcut

  1. ‌Tentukan bagian video yang akan menjadi titik awal efek zoom berlangsung.
  2. ‌Ketuk layer video untuk memunculkan menu-menu editing.
  3. Ketuk ikon keyframe, maka setelah itu akan muncul titik pada layer video.
  4. ‌Geser dan tentukan bagian video sebagai titik akhir gerakan zoom.
  5. ‌Tambahkan titik keyframe seperti sebelumnya.
  6. ‌Perbesar ukuran video dengan mendekatkan ke bagian obyek yang akan diperjelas.
  7. ‌Ketuk tanda play untuk melihat hasilnya.

B. Cara Zoom Out Video di Capcut

Untuk mengembalikan ukuran video seperti semula, maka kita harus membuat efek zoom out pada video tersebut. Tutorialnya sama seperti membuat efek zoom in tadi, namun untuk lebih jelasnya silahkan Anda perhatikan langkah-langkah di bawah ini.

  1. Tentukan bagian video sebagai titik awal gerakan zoom out.
  2. ‌Ketuk layer video kemudian tambahkan keyframe.
  3. ‌Geser dan pilih bagian video sebagai titik akhir gerakan zoom out, kemudian tambahkan keyframe.
  4. ‌Kecilkan ukuran video seperti ukuran semula.
  5. ‌Ketuk tombol play untuk melihat gerakan zoom out.
  6. Terakhir, simpan video slow motion tadi ke galeri supaya dapat Anda bagikan ke teman-teman Anda di media sosial. Silahkan baca cara menyimpan video Capcut di artikel yang lain.


Setelah Anda membuat efek zoom in dan zoom out di atas, maka Anda akan mendapati ada empat titik keyframe pada layer video. Dimana dua titik pertama merupakan gerakan zoom in, dan dua titik terakhir merupakan gerakan zoom out.

Semakin jauh jarak antar titik keyframe, maka gerakan zoom video juga akan semakin lama. Jika Anda juga ingin menambahkan efek slow motion pada gerakan zoom, silahkan kunjungi cara slowmo di Capcut untuk melihat tutorialnya.

Demikian cara zoom di Capcut Android menggunakan fitur efek dan keyframe yang dapat saya contohkan. Sangat mudah sekali bukan? Tuliskan tanggapan Anda melalui kotak komentar yang ada di bawah artikel ini. Sekian dan terima kasih.
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4