24 C
id

Cara Mengganti Icon Favicon di Blogger

Favicon Blogger


Apakah kamu sedang mencari cara merubah Icon Favicon di blogger? Jika benar, saya bisa mengajarkan kepada kamu cara mengganti favicon pada blogger dengan mudah dan benar. Sebelum melanjutkan topik utama postingan ini, ada baiknya kamu mengetahui apa yang dimaksud dengan favicon. Sehingga kedepannya kamu bisa merubah favicon di blogger sendiri!


Apa Itu Favicon Blogger?

Favicon adalah suatu icon yang biasaya muncul pada address bar suatu halaman web yang merupakan logo utama dari web tersebut. Icon inilah yang menunjukan identitas dari web tersebut dan membedakan antara blog tersebut dengan blog yang lain. Icon yang dipakai mestinya suatu logo yang khas dan belum pernah dipakai dimanapun.


Contoh Favicon Blog Ilmuinternet.com


Begitu pula dengan Blog yang merupakan salah satu website yang berisi konten-konten berupa artikel dengan tema tertentu. Identitas pada blog biasanya ditunjukan oleh Favicon yang digunakan oleh blog tersebut. Favicon inilah yang membedakan antara blog yang satu dengan blog yang lainnya. 

Favicon inilah yang nantinya muncul pada address bar ketika seseorang mengunjungi blogmu. Menggunakan Favicon pada blog akan menunjukan bahwa blog kamu terlihat lebih profesional, dan pengunjung akan melihat kesungguhan kamu dalam membangun konten yang ada pada blog.


Bagaimana Cara Membuat Favicon?

Seperti yang kamu ketahui favicon itu mirip dengan logo, untuk membuatnya kamu bisa menggunakan software ataupun aplikasi pembuat logo. Akan tetapi standar ukuran gambar favicon yang dianjurkan oleh blogger yaitu bujur sangkar yang kurang dari 100 KB. Hal tersebut bertujuan agar tidak menambah beban loading blog kamu nantinya.

Teruntuk kamu yang sudah mahir dalam mendesain logo sendiri melalui adobe photoshop maupun aplikasi lainnya sangat bagus. Tetapi kalau kamu kesulitan mendesain logo/favicon blog mungkin bisa membuatnya secara online dengan mudah melalui website logaster.com


Langkah-langkah Mengganti Favicon di Blogger:

Setelah kamu berhasil membuat logo yang akan dijadikan sebagai favicon, langkah selanjutnya adalah mengganti Favicon Default pada blog kamu dengan logo yang baru saja kamu buat. Simak ulasan lengkapnya dibawah ini!

A. Cara Mengganti Favicon Blogger Melalui Menu "Setelan/Setting"

  1. Masuk ke Blogger.com menggunakan akun blogmu.
  2. Setelah masuk ke dasbor blogger, pilihlah menu "Setelan/Setting". Lihat gambar dibawah ini kalau belum paham!
  3. Selanjutnya pada pengaturan dasar, tekan tulisan "Favicon" untuk mulai mengedit. 

  4. Masukan favicon blogmu melalui pilihan "Choose File" lalu tekan Simpan 

  5. Selesai, sekarang lihat hasilnya diblog kamu! Biasanya favicon akan langsung muncul dan terkadang membutuhkan waktu beberapa menit untuk proses perubahan pada cahce browser kamu agar favicon terupdate di blog kamu.

Tips: Kalau kamu tidak sabar menunggu, untuk mengatasi hal tersebut, kamu tinggal melakukan clear chache pada browser kamu. Maka secara otomatis, favicon yang baru akan tampil di blog anda. Biasanya melalui Menu history -> Clear Browsing Data.


B. Cara Mengganti Favicon Blogger Melalui Menu "Tema/Template"

  1. Jangan lupa Login dahulu di akun Blogger.com, kemudian masuk ke halaman Dasbor.
  2. Kali ini kamu hanya perlu mengunjungi menu Tema/Template > Edit HTML
  3.  Setelah itu cari kode </head> dan masukan kode berikut diatasnya.
     
      
    <link href='URL Gambar' rel='icon' type='image/x-icon'/>
  4. Berikut contohnya, letakkan kode diatas </head>. Jangan lupa untuk mengganti "URL Gambar" dengan alamat url gambar favicon blogmu.

  5. Terakhir tekan tombol Simpan/Save. Dan lihat hasilnya diblog kamu masing-masing! Bagaimana, Mudah bukan? Sekarang kamu bisa dengan mudah mengganti Favicon blognya sesuai keinginan.

Informasi Tambahan: Dahulu untuk merubah favicon blog bisa dilakukan pada menu Tata Letak/Layout lalu edit melalui widget "Favicon". Setelah pembaharuan platform blogger terbaru pada 20 Mei 2020 lalu pengaturannya dipindahkan ke menu setelan/setting. Seperti yang sudah saya ajarkan diatas!

Sekian postingan cara mengganti favicon blogger yang bisa kamu pelajari! Semoga bisa bermanfaat dan membantu teman-teman yang ingin mengkostumasi blog menjadi lebih baik lagi. Menurut kamu tutorial yang mana paling mudah? Tuliskan pendapatmu melalui kolom komentar ya! 

Salam, Blogger Indonesia

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4