24 C
id

Cara Membuat Video Slow Motion di CapCut, Untuk Memperlambat Gerakan Video!

Slow motion atau biasa disingkat dengan slowmo adalah sebuah teknik dalam dunia editing video yang dapat memperlambat gerakan atau kecepatan sebuah video sehingga durasi video tersebut menjadi bertambah atau melambat.

Efek slow motion biasanya dipakai untuk menampilkan atau memperjelas objek atau adegan tertentu di dalam video yang sangat menarik perhatian. Contohnya bisa kita temui misalnya pada video reply sepakbola, pemandangan alam, dan lain sebagainya.

Lebih dari itu, sejak hadirnya platform TikTok, penggunaan efek video slow motion sekarang semakin bervariasi. Dipadukan dengan efek transisi dan iringan lagu, efek slow motion berhasil membuat video menjadi lebih menarik untuk dilihat.

Pada aplikasi Capcut, Anda juga bisa membuat video slow motion Anda sendiri dengan sangat mudah meskipun hanya melalui smartphone Android.

Bagi Anda yang belum tahu, berikut adalah cara membuat video slow motion di Capcut yang dapat Anda pelajari sekaligus praktekkan.

Cara Membuat Video Slow Motion di CapCut

Perlu Anda ketahui, cara edit video slow motion di Capcut yang dibahas di bawah ini merupakan tutorial dasarnya saja. Oleh karena itu, selebihnya silahkan Anda kreasikan sendiri video slow motion Anda agar terlihat semenarik mungkin.

  1. Buka aplikasi Capcut di HP Android Anda dan buat Proyek baru.

  2. Pilih video yang ingin Anda buat slow motion kemudian tambahkan.

  3. Tambahkan audio atau lagu sebagai backsound untuk video slow motion Anda. Jika lagu yang Anda pilih ternyata terlalu panjang, kunjungi cara memotong lagu di Capcut di artikel yang lain.

  4. Jika perlu, Anda dapat menghilangkan suara asli pada video dengan mengubah volumenya dari 100 menjadi 0 atau tekan Bisukan suara.

  5. ‌Potong bagian video yang ingin Anda slow motion dengan menu edit Bagi.
  6. Potong sekali lagi video tersebut di akhir bagian video yang ingin diberikan efek slow motion.

  7. Untuk membuat slow motion, pilih dan ketuk layer video yang telah dipotong, kemudian buka menu Kecepatan.

  8. Ada dua cara slow motion di APK Capcut, yakni Normal dan Kurva. Anda pilih saja Normal supaya lebih mudah.

  9. ‌Geser titik kecepatan ke sebelah kiri untuk memperlambat gerakan video tersebut. Sebagai contoh, saya akan mengatur kecepatannya menjadi 0.5x lebih lambat.

  10. ‌Ketuk tanda ceklis untuk menerapkan slow motion.
  11. ‌Sekarang, silahkan Anda kreasikan video tersebut semenarik mungkin dan tentunya seirama dengan nada lagu yang telah Anda tambahkan.
  12. Jika perlu, Anda juga bisa menambahkan efek transisi pada video supaya terlihat lebih menarik.

  13. Cara slow motion di Capcut selesai. Terakhir, silahkan simpan video slow motion yang sudah Anda buat ke galeri supaya dapat Anda share ke media sosial.

Supaya terlihat lebih menarik, Anda juga bisa memberikan efek zoom pada bagian video yang telah Anda slow motion. Jika Anda masih bingung dalam mengikuti cara edit video slow motion di Capcut di atas, silahkan Anda tonton video YouTube di bawah ini sampai habis untuk tutorial yang lebih lengkap dan jelas.

Demikian cara bikin video slow motion di Capcut Android untuk membuat gerakan atau kecepatan video menjadi lambat. Apakah tutorial di atas membantu? Tulis tanggapan Anda melalui kolom komentar yang ada di bawah. Sekian, selamat mencoba, terima kasih telah berkunjung, dan ikuti terus blog ini untuk mendapatkan tutorial Capcut lainnya yang sayang untuk dilewatkan.
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4