24 C
id

Cara Backup Foto, Video & Story di Instagram


Selamat datang di ilmuinternet.com, salam semuanya semoga teman-teman selalu diberikan kesehatan dan rejeki yang berkah di kehidupan ini. Dikesempatan ini saya mau bagikan tips dan tutorial backup foto, video dan story di Instagram dengan benar.

Mungkin teman-teman berencana ingin mengunduh foto, story dan video sekaligus yang sebelumnya diupload di Instagram. Baik itu dengan tujuan menutup akun Instagram maupun sekedar menyimpan salinan data instagram di penyimpanan smartphone anda.

Apa Itu Backup Instagram?

Instagram merupakan layanan berbagi foto dan video terpopuler yang diluncurkan pada 6 Oktober 2010 oleh Facebook Inc. Seperti yang sudah diketahui instagram merupakan media sosial yang cukup populer dan banyak sekali penggunanya.

Instagram sangat memprioritaskan penggunanya termasuk dalam menjaga data dan informasi pengguna. Salah satunya memungkinkan pengguna untuk melakukan backup atau mencadangkan data penggunanya.

Apa Saja Yang di Backup Instagram?

Berdasarkan pengalaman saya menggunakan fitur cadangan di Instagram berikut data-data dan informasi yang disertakan dalam file backup. Seperti gambar atau foto, video, story, arsip, informasi contact, berkas comment dan rangkuman aktifitas penggunaan selama di Instagram.

Untuk informasi lebih lengkap tentang apa saja yang dilampirkan dalam file backup instagram. Anda bisa mencobanya dan mengetahui hasilnya sendiri! Karena itu, jika anda belum mengetahui cara backup di Instagram dengan benar, simak tutorialnya dibawah ini!


Langkah-langkah Backup Foto, Video, Story di Instagram dengan mudah

  1. Buka aplikasi Instagram atau melalui website instagram.com
  2. Masuk ke halaman profil
  3. Tap Menu (tiga garis mendatar di sudut kanan atas)
  4. Pilih 'Pengaturan' pada drop down menu (yang berada paling bawah). Masuk ke bagian 'Privasi'.

  5. Kemudian 'Unduh Data'

  6. Masukkan alamat email yang kamu gunakan untuk backup akun Instagram, lalu klik tombol 'Minta Unduhan'.

  7. Masukkan Password Instagram kamu untuk verifikasi, kemudian tap 'Selanjutnya' yang ada di kanan atas layar.

  8. Kemudian klik tombol Selesai yang ada dibagian bawah.

Penting: Proses backup ini biasanya akan memakan waktu (biasanya sekitar 48 jam), semakin banyak foto yang pernah kamu unggah maka prosesnya akan sedikit lebih lama. Jika proses backup telah selesai maka akan ada pemberitahuan ke e-mail yang kamu masukkan tadi yang berisi tautan untuk mengunduh semua foto-foto dari Instagram tadi.


Cara Mengunduh File Backup Instagram?

Setelah anda mengikuti langkah backup file Instagram diatas saatnya kita mengunduh file backup tersebut.

  1. Silahkan periksa email dan pastikan anda sudah menerima email backup dari Instagram seperti berikut. Lalu tekan "Unduh Informasi"

  2. Selanjutnya login ke akun Instagram anda, lalu tekan "Unduh Informasi" sekali lagi untuk mulai download (unduh) file backupnya. 

  3. Simpan file backup instagram ke folder penyimpanan telepon anda.

  4. Setelah selesai mengunduh, ekstrak file backup menggunakan aplikasi WinZip atau Rar yang mendukung ekstensi tersebut.
  5. Kurang lebih berikut contoh isi file backup instagram.


Sekarang anda tidak khawatir lagi foto, video dan data instagrammu hilang karena terjadi suatu hal tidak di inginkan, misalnya terhapus. Karena sudah ada salinan backupnya dari Instagram.

Demikian cara melakukan backup foto, video dan story instagram yang bisa anda pelajari. Semoga bermanfaat dan membantu anda mengamankan moment-moment indah di Instagram.

Jangan lupa untuk membagikan postingan tersebut jika anda menyukainya. Tinggalkan pula kritik dan saran jika anda sudah mencobanya supaya teman-teman yang lain ikut mengetahuinya!

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4