24 C
id

Apa Itu Google PageSpeed Insights & Bagaimana Cara Menggunakannya?


Tahukah anda apa yang dimaksud dengan google pagespeed insights? Mungkin, jika anda bukan seorang blogger atau penulis disebuah web/blog akan terdengar sangat asing pertama kali mendengarnya. Karena itu, mari kita pelajari pengertian dan fungsi google pagespeed insights secara umum berikut. Simak ulasannya dibawah ini teman-teman!


Pengertian PageSpeed Insights?

PageSpeed Insights adalah tools gratis yang dikembangkan oleh perusahaan Google inc yang sudah ada sejak tahun 2010. PageSpeed Insights berfungsi untuk mengukur dan mengetahui kecepatan situs web. Biasanya kecepatan situs web dapat diketahui melalui nilai score yang ditampilkan oleh alat PageSpeed Insights.

Karena kecepatan suatu website itu sangat penting bagi mesin pencari, semakin besar nilai score yang ditampilkan pada suatu halaman website maka akan semakin baik pula untuk menempati posisi ranking SEO di dalam hasil pencarian halaman search engine.

Untuk saat ini Google PageSpeed Insights merupakan tools yang menyediakan laporan paling akurat dibanding tool lainnya. Berikut saya akan berikan tips penggunaannya secara umum disesuaikan dengan kebutuhan anda tentunya.


A. Langkah-langkah Menggunakan PageSpeed Insights Google:

1. Buka website PageSpeed Insights

2. Selanjutnya ketikan alamat/URL website anda.

3. Tara, dapatkan analisis.



  • Penjelasannya: Google menilai kecepatan loading website Anda menggunakan skala persen. Nilai 0 sampai 49 persen menunjukkan website Anda lambat. Nilai 50 sampai 89 persen menunjukkan kecepatan website Anda sudah mencapai rata-rata. Terakhir, nilai 90 sampai 100 persen menandakan website Anda cepat. Jika skor website anda mencapai nilai 100 artinya sangat bagus.


B. Cara Membaca Analisis Google PageSpeed Insights

Jika belum mengetahui fungsi dari tools analisisnya Field Data, Origin Summary, Lab Data, Opportunities, Diagnostics, dan Passed Audits yang ditampilkan pagespeed insights. Berikut adalah penjelasannya:

1. Field Data dan Origin Summary


Field Data dan Origin Summary adalah nilai kecepatan berdasarkan First Contentful Paint dan First Input Delay. First Contentful Paint adalah waktu di mana gambar atau teks pertama muncul. Sedangkan First Input Delay adalah jarak waktu antara interaksi pertama pengunjung (klik tautan/link) dan respon pertama browser menanggapi interaksi tersebut.

Website Anda termasuk cepat jika kedua nilai FCP dan FID sama-sama tinggi. Jika salah satu, FCP atau FID, mendapatkan nilai rendah, website Anda termasuk lambat.

2. Data Lab

  1. First Contentful Paint adalah waktu di mana gambar atau teks pertama muncul
  2. Speed Index menunjukkan seberapa cepat isi halaman terlihat jelas. Semakin rendah nilainya semakin bagus.
  3. Time to Interactive adalah waktu pertama yang menunjukkan sebuah halaman dianggap interaktif secara penuh
  4. First Meaningful Paint mengukur kapan konten utama dari sebuah halaman muncul
  5. First CPU Idle menandakan waktu pertama di mana sebuah halaman pengunjung bisa melakukan input
  6. Estimated Input Latency menunjukkan lama waktu yang dibutuhkan sebuah website untuk merespon input yang dimasukkan pengguna

3. Opportunities (Peluang)


Opportunities menunjukkan apa saja langkah optimasi yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan website.


4. Diagnostics (Diagnostik)


Diagnostics berisi detail kinerja website Anda yang belum disebutkan di analisis-analisis sebelumnya.


5. Passed Audits


Terakhir, pada halaman Passed Audits menjelaskan isi laporan langkah-langkah optimasi apa saja yang sudah berhasil Anda lakukan. Kini dengan adanya pagespeed insights tersebut anda bisa fokus untuk mengembangkan website yang dikelola supaya menjadi lebih baik lagi untuk pengguna atau pengunjung anda.

  • Tips: Untuk mendapatkan nilai skor 100% dihalaman PageSpeed Insights Google, anda bisa mulai mengoptimasi Ukuran Gambar, Minify HTML, CSS, dan JavaScript serta coba gunakan Browser Caching untuk menyimpan sementara data atau halaman HTML dan gambar sebuah website untuk mengurangi penggunaan bandwidth dan loading server.


Demikian pengertian google pagespeed insights dan langkah penggunaannya yang baik dan benar. Semoga bisa menambah wawasan anda tentang peralatan hebat yang ditawarkan oleh google.

Jika anda menyukai postingan tersebut, sempatkan waktu luangmu untuk membagikannya di media sosial supaya mereka mengetahuinya juga.

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4