Cara Membuat Blog di Blogger.com


Blogger merupakan sebuah profesi yang menyenangkan meski tak begitu mudah. Mereka tidak harus berdiam diri di satu tempat jika ingin menulis konten. Bahkan ada blogger yang mengisi kontennya dengan melakukan perjalanan, tapi tentu saja ini tergantung dari jenis blog yang dibuat. Semenjak internet sudah dapat diakses dengan mudah dari mana saja, saat itulah siapa pun bisa menjadi blogger.

Blogger yang baik menurutku adalah mereka yang menulis demi konten bermanfaat, Bukan malah memanfaatkan orang lain. Artinya mereka yang sepenuhnya fokus untuk menuliskan konten yang membantu dan memudahkan orang lain melalui tulisannya. Dan bukan mereka yang hanya menulis demi menghasilkan uang sebanyak-banyaknya tanpa mengedepankan akurasi informasi yang disampaikannya.

Bagi teman-teman yang pertama kalinya terjun dalam dunia blogger dan saat ini tertarik untuk mulai mengenal lebih dalam tentang apa itu blog dan blogger. Kamu bisa membaca sedikit informasi pemahaman umum tentang blogger yang telah saya rangkum dibawah ini!


Apa Itu Blog?


  • Blog atau website merupakan jurnal online yang memuat beragam informasi serta menampilkan postingan terbaru di bagian atas halaman. Konten atau postingan blog diperbarui secara berkala, dan biasanya dikelola oleh satu atau sekelompok kecil pengguna. Itulah sekilas pengertian dan definisi blog secara umum yang bisa kamu ketahui.


Apa Itu Blogger?

  • Blogger adalah orang yang membuat dan mengelola blog, membagikan pandangan serta perspektif mereka ke pengunjung atau pembaca secara online baik untuk tujuan pribadi maupun bisnis. Topik yang dibahas pun beragam, mulai dari kesenian hingga politik. Saat ini sudah banyak blogger yang terkenal dan menjadi "selebriti" di dunia online dan juga offline. Sebagian orang menjadikan blogging sebagai profesi sampingan, sebagian orang lain memandang blogging sebagai karier utama mereka, sedang yang lainnya hanya menulis blog untuk menyalurkan hobi atau sebagai salah satu cara mengekspresikan pendapat mereka.


Apa Itu Blogger.com

  • Blogger merupakan layanan penerbitan blog yang menerima blog multi-pengguna yang ditawarkan oleh perusahaan Google pada tahun 2003. Blog-blog tersebut diselenggarakan oleh Google pada umumnya diakses dari subdomain "blogspot.com". 
  • Sebagai contoh domain blogspot yang digunakan oleh website Ilmu Internet yaitu "ilmuinternet-blog.blogspot.com".


Platform menulis dari blogger sepenuhnya gratis bisa anda gunakan untuk membuat blog dengan mudah. Namun dengan segala kemudahan tersebut sebagai pengguna kita diharapkan mematuhi Terms Of Service atau Kebijakan Layanan blogger. 

Dengan tujuan terciptanya ketersediaan informasi, mendorong debat yang sehat, dan memungkinkan hubungan baru di antara orang-orang. Supaya blog yang kamu buat juga awet dan tidak dihapus oleh google maka patuhi peraturan layanan blogger dengan baik.

Nah Itulah sekilas pemahaman umum mengenai blogger yang bisa kalian ketahui. Bagaimana apakah anda tertarik untuk membuat blogmu sendiri? Kalau iya, Mari kita ikuti tutorial pembuatan blog secara gratis melalui blogger dibawah ini.


Cara Membuat Blog Melalui Blogger.com

1. Kunjungi halaman blogger.com

2. Disebelah kanan, klik Masuk atau Buat Blog


3. Masukkan nama blog. (Sebagai contoh lihat gambar dibawah ini)


4. Klik Berikutnya.

5. Pilih URL atau alamat blog. (Sebagai contoh lihat gambar dibawah ini)


6. Jika anda pertama kali membuat sebuah blog, maka anda dimintai untuk mengkonfirmasi nama tampilan anda (Nama Penulis)


7. Klik Selesai. Kamu akan dibawa menuju ke halaman Dashboard Blogger, seperti berikut.


8. Untuk melihat tampilan blog yang barusan dibuat, Klik Lihat Blog.

Selamat kamu telah berhasil membuat blog sendiri melalui blogger.com, selanjutnya kamu tinggal membuat artikel dan mempublikasikannya ke internet. 

Demo Tutorial: https://budisantosoblog2.blogspot.com/


Sekian artikel cara membuat blog melalui blogger.com, semoga bermanfaat dan membantu teman-teman yang mau belajar menjadi seorang blogger seperti saya. Selamat berkarya dan menginspirasi banyak orang. Salam, Blogger Indonesia

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.