10 Aplikasi Bawaan Xiaomi Yang Boleh dihapus

 

Aplikasi default Xiaomi yang boleh dihapus

Ilmu Internet - Perangkat android selalu dibekali dengan aplikasi default yang terkadang tidak terlalu penting dan memenuhi memory internal hape android anda. Beberapa aplikasi bawaan xiaomi dinilai kurang bermanfaat dan jarang digunakan sama sekali. 

Seperti aplikasi-aplikasi bawaan MIUI 7, 8, 9 dan MIUI 10 dari Xiaomi berikut, anda boleh saja menghapusnya untuk meningkatkan kinerja smartphone anda. Sebelum mulai menghapus sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu penjelasannya dibawah ini.


1. Akun Mi (XiaomiAccount.apk)

Akun Mi merupakan layanan ekseklusif yang ditawarkan oleh Xiaomi untuk penggunanya. Meski demikian, aplikasi ini berfungsi sebagai penyimpanan awan atau back up untuk data-data seperti foto, video ataupun dokumen lainnya.

Xiaomi tidak mewajibkan bagi penggunanya untuk mendaftar di akun Mi. Sehingga anda boleh menghapusnya karena cukup memakan banyak penggunaan RAM dan tidak akan berpengaruh terhadap kinerja HP Anda.

2. Mi Comunnity

Mi Comunnity adalah aplikasi forum khusus pengguna Xiaomi yang biasa digunakan untuk berbagi dan mencari informasi tips, trik dan update seputar smartphone.

Anda bisa menghapus aplikasi ini jika dirasa tidak penting. Karena aplikasi ini tidak akan mempengaruhi kinerja HP Anda.

3. Analytics (AnalyticsCore.apk)

Selanjutnya Analytics dari Mi yang selalu berjalan dibalik layar, fungsinya mencatat statistik data penggunaan perangkat yang nantinya dikirim ke server Xiaomi guna peningkatan produk dan pengembangan MUI.

Aplikasi ini hanya fokus untuk kepentingan Xiaomi sendiri, yang artinya jika Anda menonaktifkan analytics tidak akan berpengaruh besar pada kinerja smartphone Anda.

4. Live Wallpaper (LiveWallpaper.apk)

Jika kinerja smartphone Xiaomi anda terasa berat mungkin aplikasi Live Wallpaper inilah penyebabnya. Aplikasi ini berfungsi untuk membuat tampilan HP Xiaomi menampilkan wallpaper bergerak secara live.

Disisi lain aplikasi ini akan menghambat kinerja perangkat anda dan menguras battery lantaran selalu berjalan dilatar belakang. Aplikasi ini aman untuk dihapus pada ponsel Xiaomi jika anda tidak pernah menggunakannya.

5. SwiftKey

Swiftkey merupakan aplikasi keyboard  bawaan pada ponsel Xiaomi Anda. Aplikasi ini tidak begitu berguna, karena pada update MIUI ada aplikasi Keyboard for Xiaomi yang akan terpasang otomatis setelah update.

Untuk itu, Anda bisa menghapus aplikasi bawaan ini karena tidak begitu penting.

6. Laporan Bug (BugReport.apk)

Aplikasi ini umum digunakan untuk melaporkan adanya Bug atau kesalahan pada Xiaomi MIUI 8, namun jikalau anda menganggap tidak penting dengan aplikasi ini dan memang tidak mau menggunakannya silahkan hapus saja

7. Layanan Email (Email.apk)

Aplikasi surat elektronik bawaan milik Xiaomi ini bersama-sama sangat cantik dan lebih menarik dari milik Google (Gmail), Namun jikalau anda tidak suka dapat menghapusnya dari ponsel Xiaomi.

8. Aplikasi Cuaca (Weather.apk)

Weather.apk merupakan aplikasi untuk melihat perkiraan cuaca secara realtime di android, jikalau anda jarang bepergian maka dapat menghapusnya atau menonaktifkan untuk sementara.

9. msa - (SystemAdSolution.apk )

Aplikasi ini untuk menampilkan iklan di bilah notifikasi, nah jika anda merasa terganggu dengan beberapa iklan yang tiba-tiba muncul di Xiaomi silahkan hapus saja.

10. Mi Credit (PaymentService.apk)

Aplikasi ini tidak apa-apa bila kalian mau menghapusnya, sebab untuk pengguna di indonesia sendiri tidaklah terlalu penting. Ini adalah sistem pembayaran yang dikeluarkan oleh xiaomi untuk tempat tertentu di cina.

    Selain itu ada juga dapat menghapus aplikasi bawaan seperti Facebook, Twitter, Google Keyboard, Kalender dan Kalkulator yang dirasa tidak penting untuk menunjang kinerja smartphone Xiaomi anda.

    Kesimpulan

    Beberapa aplikasi bawaan dari Xiaomi diatas dianggap kurang berguna untuk pengguna dan terkesan memakan resource memory yang ada dengan percuma. Karenanya pengguna dapat menentukan untuk menggunakannya atau tidak.

    Tetapi untuk aplikasi bawaan sistem, pengguna harus selektif untuk menghapusnya bahkan membekukan jalannya aplikasi yang berjalan tersebut dikarenakan jikalau nekat dibekukan atau dihapus maka akan terjadi kegagalan jalannya sistem.

    Demikian informasi mengenai aplikasi bawaan Xiaomi yang boleh dihapus dan tidak akan menghambat kinerja HP Anda. Dari ulasan diatas, Anda bisa melihat cukup banyak aplikasi bloatware yang jarang digunakan dan sebenarnya aman untuk dihapus.



    Artikel Menarik Lainnya

    Komentar

    Posting Komentar