24 C
id

Cara Mengedit Video Jedag-Jedug di CapCut!


Mengikuti trends video yang sedang populer dikalangan masyarakat Indonesia pecinta video TikTok. Video jedag-jedug cukup viral karena efek video yang ditampilkan sangat keren dan menghibur sehingga tidak membuat penonton bosan meski ditonton berkali-kali. Cara pembuatannya sangat mudah asalkan menggunakan versi pronya.

TikTok menjadi media sosial penyumbang kreatifitas video keren hingga orang awam yang baru terjun ke dunia edit mengedit video. Banyak orang berlomba-lomba mengedit video sesuai tren saat ini, salah satunya video jedag jedug yang akhir-akhir ini ramai di media sosial, mulai dari Facebook, Instagram, hingga TikTok.

Sebenarnya untuk membuat video jedag-jedug bisa dilakukan menggunakan berbagai aplikasi maupun software editing video seperti Windows Movie Maker, Filmmora. Tetapi di Android sendiri ada aplikasi editor video yang cukup terkenal yaitu CapCut. Aplikasi CapCut memang berbeda dari aplikasi edit video lainnya. Dengan menjadi salah satu aplikasi edit video Android terbaik 2021, CapCut diusung dengan tool yang sangat canggih dan kekinian.


Apa Itu Video Jedag-jedug?

Video jedag-jedug adalah sebuah video yang dibuat dengan transisi yang mengikuti dengan irama beat lagu. Artinya pergantian transisi video sangat cepat dan menggunakan banyak transisi dalam setiap potongannya. Sehingga, transisi seakan-akan terlihat seirama dengan lagu. Nah, kali ini kami akan beritahu Anda bagaimana caranya membuat video jedag-jedug tersebut.


Langkah-langkah Membuat Video Jedag-Jedug di Capcut:

Sudahkah Anda mempersiapkan seluruh bahan-bahan untuk membuat video jedag-jedug di CapCut? Seperti lagu, musik background, logo videonya! Jika sudah maka Anda bisa langsung mempraktekkan cara bikin jedag jedug di CapCut. Berikut ini merupakan cara membuat video transisi jedag jedug di CapCut Bahasa Indonesia:

  1. Unduh (download) aplikasi CapCut resminya melalui Google Playstore.
  2. Tekan tombol Proyek Baru untuk mengedit video baru di CapCut.

  3. Pilih file video yang ingin Anda edit menjadi jedag-jedug, kemudian tekan tombol Tambah untuk menambahkan video tersebut. 

  4. Selanjutnya Anda bisa tekan tombol Audio -> tekan Suara, kemudian tap tombol Suara Anda.

  5. Lalu tekan tombol Dari Perangkat untuk memilih lagu dari penyimpanan ponsel. Tekan tombol + yang ada di samping lagu untuk menambahkan lagu tersebut, lihat gambar diatas untuk lebih jelasnya.
  6. Pencet file audio yang ada di timeline, Dengarkan lagu, kemudian berikan penanda pada beat dengan menekan tombol Add beat. Jika sudah memberikan penanda beat maka Anda bisa tekan tombol centang. 
  7. Tap video pada timeline, kemudian potong-potong video sesuai dengan penanda beat dengan menekan tombol Bagi tepat di penanda beat.

  8. Setelah video dipotong-potong, maka Anda bisa menambahkan transisi. Tambahkan transisi dengan tekan tombol Animation, pilih In, kemudian Anda bisa pilih transisi Baur 3.

  9. Berikan transisi pada seluruh potongan video yang ada dengan cara menekan tombol Terapkan ke semua. Putar video dan lihat hasilnya terlebih dulu.
  10. Jika dirasa kurang bagus maka Anda bisa mengganti transisi dan mengubah video tersebut satu persatu.
  11. Bila video sudah pas maka Anda bisa tekan tombol Export yang ada di pojok kanan atas.
  12. Tunggu sampai proses export selesai, kemudian tekan tombol Selesai. Mudah bukan?


Hasil Video Jedag-jedug di CapCut


Sekarang Anda bisa berkreasi dalam membuat video jedag-jedug sendiri seperti milik para tiktoker terkenal. Agar hasilnya maksimal Anda harus menyesuaikan potongan transisi selaras dengan perpindahan irama musik. Sehingga video yang dihasilkan akan nampak berdetak dan lebih hidup lagi.


  • Tips: Jika Anda bingung mencari lagu maka Anda bisa pakai lagu dari DJ Preman Pensiun berikut ini: https://bit.ly/3iCnTdq


Demikian tutorial pembuatan video jedag-jedug melalui aplikasi edit video CapCut. Semoga apa yang saja ajarkan dipostingan ini bisa bermanfaat dan memudahkan Anda untuk berkreasi berbagi video keren di aplikasi CapCut tersebut. 

Kesimpulan: sebenarnya banyak aplikasi editor video yang bisa digunakan untuk membuat efek jedag-jedug di hp android seperti KineMaster, PowerDirector dan berbagai aplikasi editor video lainnya.

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4