Contoh Undangan Maulid Nabi Format File (Docx)


Ilmuinternet.com - Pada kesempatan ini saya akan membagikan contoh undangan maulid nabi Muhammad SAW dengan format word yang bisa di edit melalui Microsoft Word. Terdapat 1 file contoh undangan maulid nabi docx yang bisa digunakan untuk pembuatan undangan dengan mudah dan cepat.

Anda hanya perlu merubah beberapa informasi seperti tanggal, alamat, perihal lainnya. Sehingga memudahkan proses mencetak undangan, rekomendasi ukuran kertas A4 HVS. Anda bisa ngeprint sendiri dirumah kalau punya printer.

Maulid Nabi Muhammad biasa disebut Maulid Nabi atau Maulud saja, merupakan peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah.

Umumnya untuk mengundang orang-orang tertentu secara sopan adalah melalui bentuk undangan ini. Bertujuan agar orang diundang bersedia menghadiri acara maulid nabi yang dimaksud. Nah, bagi yang belum tahu cara pembuatannya dapat menggunakan template ini.


Contoh Undangan Maulid Nabi Format Word



Makna Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW?

Melansi dari situs cnnindonesia.com

Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani mengatakan peringatan Hari Maulid Nabi Muhammad SAW bermakna rasa syukur kepada Allah atas kelahiran Nabi tertuang di dalam As-Suyuthi: 63.

والشكر لله تعالى يحصل بأنواع العبادات كالسجود والصيام والصدقة والتلاوة وأي نعمة أعظم من النعمة ببروز هذا النبي صلى الله عليه وسلم الذي هو نبي الرحمة في ذلك اليوم

Artinya: "Syukur kepada Allah SWT terwujud dengan pelbagai jenis ibadah, misalnya sujud (salat sunah), puasa, sedekah, dan membaca Alquran. Adakah nikmat yang lebih besar pada hari ini dari kelahiran Nabi Muhammad SAW, Nabi kasih sayang."

Selanjutnya makna dari Maulid Nabi Muhammad SAW ini perlu diamalkan oleh umat Islam dengan menjadikannya niat untuk melakukan ibadah di Hari Maulid Nabi Muhammad SAW.

Sebab, perbuatan baik harus diiringi dengan niat seperti yang tertuang di As-Suyuthi: 62.

وأما مجرد فعل البر وما ذكر معه من غير نية أصلا فإنه لا يكاد يتصور ولو تصور ولم يكن عبادة ولا ثواب فيه إذ لا عمل إلا بنية ولا نية هنا إلا الشكر لله تعالى على ولادة هذا النبي صلى الله عليه وسلم في هذا الشهر الشريف

Artinya: "Perbuatan baik dan ibadah lainnya tanpa niat sama sekali hampir-hampir sulit dibayangkan. Kalau pun iya, maka ia tidak bernilai ibadah. Tidak ada pahala di dalamnya karena tidak ada amal tanpa niat. Sedangkan niat di sini (peringatan Maulid) tidak lain adalah syukur kepada Allah SWT atas kelahiran Nabi Muhammad SAW pada bulan mulia ini."

Demikian contoh undangan maulid nabi word yang bisa anda ketahui. Semoga bermanfaat!