Mengatur Ukuran Kertas di Microsoft Word Sebelum Dicetak!

  

Ketika seorang penulis rampung menulis di Microsoft Word, tentu ingin mengabadikannya dengan banyak cara, salah satunya dengan mencetaknya dengan cara print. Untuk mendapatkan hasil cetakan yang rapi dan teratur tentunya harus melalui proses setting sebelum mencetak. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatur teks sebelum dicetak atau di print.

1. Setelah mengetik harus mengatur jenis tulisan dan ukuran serta pengaturan atau pemberian halaman. Akan dibuat rata kanan, rata kiri atau rata kanan kiri dan berapa jarak antara baris yang satu dengan yang lainnya dengan mengklik menu berikut.

2. Jika sudah siap untuk mencetak dan tidak ada kata yang salah atau pengaturan lainnya, klik Layout dan pilih Margins. Di dalamnya akan muncul beberapa pilihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

3. Jika Anda mengklik menu di bagian bawah Custom Margins, akan muncul beberapa opsi. Salah satunya adalah pengaturan tampilan hasil cetakan, akan dibuat Portrait atau Landscape.


4. Saat memilih menu Paper, akan muncul beberapa pilihan kertas yang akan digunakan untuk mencetak tulisan, baik itu A4, folio atau lainnya.

5. Untuk mengubah teks menjadi beberapa kolom, Anda dapat menggunakan metode dengan memilih menu Columns. Di dalamnya tersedia beberapa pilihan untuk menentukan berapa kolom tulisan. Jika masih menginginkan model kolom yang lain, Anda bisa memilih menu More Columns.



Akhir Kata

Demikian postingan mengenai cara mengatur Ukuran Kertas, Columns dan Tulisan sebelum memasuki proses pencetakan. Untuk hasil maksimal sesuai keinginan, usahakan selalu menata tulisan sebelum mencetak. Karena teks dan gambar di Microsoft word 2022 terbaru juga dapat mempengaruhi minat pembaca.