Cara Membuat Tabel Sederhana di Microsoft Word

Pada beberapa makalah biasanya terdapat tabel yang menyajikan data tertentu untuk menjelaskan banyak data, misalnya pada makalah jenis penelitian. Penggunaan tabel sangat membantu penulis dalam menjelaskan hasil data kepada pembaca sehingga lebih mudah dipahami dan dipahami. Pada Microsoft Word, tabel dapat dibuat dengan aplikasi yang ada. Jika Anda masih kesulitan memasukkan tabel ke dalam MS Word, berikut langkah-langkahnya.

1. Klik Insert, lalu pilih Table. Setelah itu tentukan kolom sebanyak yang dibutuhkan pada kotak-kotak kecil di bawah ini. Selain itu, jika Anda melihat tabel itu sendiri, Anda dapat memilih Gambar Tabel seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

2. Jika tipe tabel yang akan dibuat sudah ditentukan, misalnya membuat tanggal atau tabel dengan tipe tertentu, Anda bisa menggunakan opsi Quick Table. Di dalamnya terdapat banyak pilihan yang sesuai dengan kebutuhan Anda seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

3.  Untuk mendesain tabel, Anda bisa memilih menu Design Table Tools, tabel bisa didesain sedemikian rupa agar tampilannya lebih menarik seperti gambar di bawah ini.

  • Jika ingin menambahkan kolom, Anda dapat mengarahkan kursor mouse di sudut kanan bawah kolom dan tekan Enter. Secara otomatis kolom tabel akan bertambah dan seterusnya.

4. Mengalami kesulitan tentu saja merupakan hal yang wajar dalam membuat tabel. Asumsikan bahwa jumlah kolom berlebihan atau kurang. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan menu Draw Table dan Eraser di menu pojok kanan atas.


Akhir Kata

Demikian cara membuat tabel di Microsoft Word, langkah-langkah di atas sangat efektif dan mudah dilakukan untuk pemula dan masih belajar. Selamat mencoba dan semoga tips di atas bisa bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar jika anda mempunyai pertanyaan.