Cara Membuat Struktur Organisasi di Microsoft Word

Struktur Hierarchy Microsoft Word (2016)

Apakah kamu sedang mencari panduan membuat Struktur Organisasi di Ms Word? Jika benar, pada postingan ini akan membahas pembuatan struktur organisasi yang baik dan cepat karenanya simak langkah-langkahnya dibawah ini.

Salah satu program Ms Office yang banyak digunakan oleh pengguna komputer adalah Microsoft Word. Aplikasi ini banyak digunakan untuk membuat data berupa tulisan, selain itu juga menyediakan fasilitas pembuatan selain tulisan untuk melengkapi dan memperjelas tulisan. 

Salah satu fasilitas yang tersedia adalah pembuatan struktur organisasi yang dapat dilakukan dengan mudah. Fasilitas tersebut dapat mempermudah pekerjaan dengan hasil yang maksimal dan bentuk struktur organisasi dapat diatur sesuai keinginan. Berikut cara mudah membuat organisasi di Ms Word.


1. Buka menu Insert, kemudian ke SmartArt di grup Illustrations seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

2. Kemudian akan muncul pop up menu seperti pada gambar dibawah ini. Pengguna dapat memilih Hierarchy dan memilih bentuk struktur organisasi kemudian klik Ok.

3. Untuk menambahkan teks di dalamnya, Anda dapat mengarahkan kursor mouse ke kolom bertanda merah seperti yang ditunjukkan pada gambar. Ini seperti menambahkan teks ke power point.

4. Jika Anda ingin mengubah gaya struktur, Anda dapat memilihnya pada menu SmartArt Design. Pengguna dapat menyesuaikan gaya yang diinginkan untuk mendapatkan tampilan yang lebih baik.

5. Mengubah warna struktur juga dapat dilakukan dengan mengarahkan kursor mouse pada menu Change Colors.

6. Langkah selanjutnya jika ingin menambahkan kolom, Anda bisa mengarahkan kursor mouse pada menu Add Shape.


Keterangan: 

  • Add Shape After: Untuk menambahkan kolom yang diletakkan disebelah kanan kolom yang diinginkan.
  • Add Shape Before: Untuk menambahkan kolom yang diletakkan disebelah kiri kolom yang diinginkan.
  • Add Shape Above: Untuk menambahkan kolom di atas kolom yang diinginkan.
  • Add Shape Below: Untuk menambahkan kolom di bawah kolom yang diinginkan.


Itulah cara mudah membuat struktur organisasi di program Microsoft Word yang bisa diterapkan saat menggunakan program Ms Word. Semoga bisa bermanfaat bagi yang membutuhkan dan selamat mencoba. Terima kasih sudah berkunjung dan belajar ms word kali ini, silahkan share jika anda menyukai postingan ini!