Cara Import Gambar di Microsoft Word

Cara Masukan Gambar dan Mengatur Tata Letaknya di Microsoft WordApakah kamu sedang mencari cara menambahkan foto di Microsoft Word? Bagi kamu yang berkecimpung didunia per-dokumenan perihal memasukkan gambar atau foto merupakan hal biasa. Karna nya dikesempatan ini saya akan berbagi panduan bagi pemula yang belum pernah memasukkan gambar, mengatur tata letak gambar dan ukuran gambar nya di microsoft word.

Microsoft Word adalah program aplikasi pengolah kata (word proccesor) yang paling populer dan banyak digunakan saat ini. Memasukkan foto atau gambar merupakan hal mendasar yang harus diketahui admin atau sekretaris dalam mengolah dokumen. Karena akan berkaitan terus dengan hal teknis seperti memasukkan foto, table dan lainnya pada sebuah dokumen.


 Langkah-langkah Memasukkan Gambar di Microsoft Word

  1. Buka aplikasi Microsoft Word di komputer atau laptop kamu.
  2. Buka menu Insert Picture Insert Picture From > This Device, maka akan muncul jendela Insert Picture silahkan cari file gambar yang akan dimasukkan kalau sudah ketemu klik gambar lalu tekan tombol Insert seperti gambar dibawah ini.
  3. Secara otomatis gambar atau foto yang kamu masukkan ada dilembar dokumen microsoft word.
Sampai langkah ini kamu sudah bisa memasukkan gambar pada microsoft word, lalu bagaimana mengatur tata letak gambar agar bisa dipindah sesuai keinginan? Jika tidak diatur maka gambar yang kamu masukkan terlihat tidak rapi dan sulit dipindahkan. Simak tutorial lanjutan nya dibawah ini!

A. Cara Mengatur Tata Letak Gambar di Miscrosoft Word

1. Pada lembar kerja dokumen, silahkan klik gambar atau foto yang sudah dimasukkan.
2. Ketika gambar yang kamu masukkan telah di klik, pada baris menu akan muncul menu Picture Format lalu klik pada ikon Wrap Text, maka akan ada opsi yang bisa kamu pakai diantaranya:

  • In line with text: berfungsi untuk meletakkan gambar pada paragraf dimana kursor berada, bisa diawal teks, tengah atau akhir.
  • Square: berfungsi untuk meletakkan posisi teks membentuk segi empat disekitar gambar
  • Tight: berfungsi untuk meletakkan posisi teks sesuai dengan bentuk gambar atau obyek yang di gunakan entah itu bulat atau tak beraturan.
  • Truogh: berfungsi untuk menempatkan teks yang berada di sekitar objek sesuai dengan alur dari titik pembentuk objek dan teks akan mengisi bagian objek yang terbuka.
  • Top and Bottom: berfungsi untuk meletakkan teks di atas maupun di bawah objek foto atau gambar
  • Behind Text: berfungsi untuk memposisikan objek foto atau gambar di letakkan dibelakang text / tulisan.
  • Infront of Text: berfungsi untuk meletakkan objek foto atau gambar di depan teks.

3. Silahkan pilih salah satu diantara pilihan wrap text tersebut maka secara otomatis obyek foto atau gambar yang kamu masukkan bisa dipindah-pindah sesuai dengan kebutuhan. 


B. Mengubah Ukuran Gambar di Microsoft Word

Kamu dapat dengan mudah mengubah ukuran gambar, kotak teksbentuk, dan WordArt di Microsoft Word. Untuk mengatur ukuran foto atau gambar sangat mudah, terdapat 2 cara yang bisa kamu gunakan yaitu melalui Seleksi dan menu Picture Format

Mengatur Ukuran Gambar Dengan Fitur Seleksi

  1. Pertama, buka aplikasi Microsoft Word
  2. Setelah Insert Gambar ke dalam dokumen, Silahkan klik gambar untuk menampilkan kotak grid yang mengelilinginya.
  3. Silahkan geser grid gambar tersebut ke arah yang diinginkan, untuk memperbesar gambar tarik keluar, sedangkan untuk memperkecil gambar tarik sudutnya kedalam.
  4. Mudah bukan?

Mengatur Ukuran Gambar Melalui Picture Format

  • Klik mouse kiri 2 kali pada gambar, untuk menampilkan menu Picture Format dipojok kanan.

  • Kemudian rubah nilainya misal angka 12, 20 dan 30 untuk memperbesar ukuran gambar. Begitu pula untuk memperkecil gambar silahkan kurangi nilai atau angkanya.
  • Bagaimana, mudah dipelajari bukan?


Penutup

Itulah postingan mengenai cara memasukkan gambar serta mengatur tata letaknya di Microsoft Word yang bisa kalian pelajari. Semoga bermanfaat dan membantu teman-teman dalam penguasan aplikasi ms word lebih baik dan semakin mahir.

Jika ada penulisan dan penyampaian kata yang kurang akurat, saya selaku penulis memohon maaf yang sebesar-besarnya. Selebihnya sekadar berbagi pengalaman saja dan jangan lupa berikan ulasan kamu dikolom komentar ya!