30+ Contoh Majas Sarkasme Yang Paling Pedas!

Sumber: neh.gov


Ilmuinternet.comMajas sarkasme mengandung kata-kata kasar berupa hinaan, cemoohan, cemoohan, dan sindiran yang biasanya seseorang ketika marah atau kesal mengungkapkan kemarahan atau kekesalan yang dapat melukai perasaan seseorang. 

Contoh majas sarkasme biasanya digunakan dalam situasi yang memiliki tekanan tinggi, seperti debat dan kondisi sulit lainnya. beberapa orang atau budaya terkadang sulit menyerap ide atau kutipan jika kita tidak mengungkapkannya dengan keras atau dengan penekanan sarkastik.

Ada beberapa profesi yang mengharuskan seseorang dalam profesinya dipaksa untuk menggunakan kata-kata sarkastik dalam beberapa kondisi. Seperti polisi yang menangani pelaku kekerasan. Untuk memberikan efek ketakutan kepada pelaku, polisi biasanya akan mengeluarkan kata-kata sarkastik.

Apa Itu Majas Sarkasme?

Secara umum pengertian majas adalah bahasa kiasan yang digunakan untuk memberi atau menyampaikan pesan secara imajinatif kepada pembaca atau pendengar yang mewakili pikiran dan perasaan orang yang menyampaikannya.

Dari beberapa jenis majas, salah satunya adalah majas satire, majas satire, yaitu majas atau gaya bahasa yang digunakan untuk menyindir, merasakan, menyembuhkan seseorang atau sesuatu, baik dengan kata-kata yang berlawanan dengan yang sebenarnya. insiden atau kejadian secara frontal.

Secara linguistik, kata sarkasme berasal dari bahasa Yunani, yaitu “sark” yang berarti “daging”, dan “asmos” yang berarti “merobek”. Jadi, secara harfiah, sarkasme adalah "merobek".

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sarkasme adalah bahasa kiasan yang menggunakan kata-kata kasar untuk menyakiti orang lain, seperti ejekan atau ejekan yang kasar.

Menurut Gorys Keraf, sarkasme adalah rujukan yang lebih kasar daripada majas ironis yang mengandung celaan pahit. Nah, Berikut ini merupakan contoh kalimat majas sarkasme yang umum digunakan dalam kehidupan sehari-hari.


Contoh-Contoh Majas Sarkasme:

  1. Mulutmu selalu seperti ular berbisa.
  2. Otak udang, semua pekerjaan mudah seperti ini tidak bisa kamu lakukan, bagaimana dengan pekerjaan lain yang lebih sulit. Jadi, apa yang bisa Anda lakukan?
  3. Hei, cepat kemari! Anda tidak punya telinga? Saya menelepon Anda sebelumnya tetapi Anda masih santai bermain game di sana. Haruskah saya menyeret Anda ke sini?
  4. Biarkan saja dia bermimpi, dia hanya memimpikan keterampilan yang dia miliki. Mari kita lihat, bagaimana mimpinya bisa menjadi kenyataan. Orang malas seperti dia tidak akan berhasil.
  5. Anda tidak punya inisiatif, apakah Anda pikir hanya duduk di sekitar piring ini bisa membersihkan diri?
  6. Mengapa menampung orang yang tidak tahu diri di rumah ini. biasanya hanya untuk makanan saja!
  7. Untuk apa kamu di sini? Anda pikir ini bisa membantu pekerjaan saya? Bukan! ruangan ini semakin sempit. Pindahkan saja tangga ini ke sana!
  8. Saya memastikan saya tidak akan kembali dengan air mata buayanya. meskipun dia menangis darah sekalipun.
  9. Kacang lupa kulitnya! Anda pikir ayahmu yang mencari nafkah untuk biaya sekolah Anda, tetapi setelah bekerja, Anda bekerja dan tidak belajar Anda merasakan gaji Anda untuk Ayah.
  10. Mengapa Anda datang ke sini lagi? Kami tidak membutuhkan orang yang tidak berguna dan tidak menguntungkan seperti Anda.
  11. Aku tidak ingin mempelajarimu lagi! Anda hanyalah seorang karyawan yang merugikan perusahaan.
  12. Terimalah fisikmu yang cacat, jika kamu tidak bisa berjalan lagi, mengapa kamu memaksanya? Terima saja nasibmu!
  13. Dasar Beban keluarga! Apakah kamu tidak malu? Sudah 7 tahun kuliah kamu belum juga lulus.
  14. Aku tidak ingin lagi menginjakkan kaki di rumah reyot ini
  15. Omong kosong apa yang akan kamu katakan besok dengannya?
  16. Bahkan seekor keledai tidak jatuh ke dalam lubang yang sama. Meskipun Anda benar-benar membuat lubang yang sama
  17. Jika ingin jatuh, jatuh saja, jangan membuat orang lain jatuh cinta
  18. Lihat saja casing smartphone baru saya, Anda tidak bisa mengatasinya. Orang miskin.
  19. Jangan pernah kau undang dia ke sini lagi! Aku tidak ingin bertemu dan mengenalnya yang norak itu
  20. Di mana Anda meletakkan mata Anda? Apakah Anda tidak melihat pemberitahuan di depan gang di sana bahwa jalan ini adalah jalan buntu? Kenapa kamu masih lewat sini?
  21. kamu benar-benar pantas mendapat celaan dari teman-temanmu, kamu benar-benar tidak pantas menjadi siswa di sekolah elit itu.
  22. Aku tidak heran jika kali ini dia gagal bertanya lagi. Otak bodoh seperti dia tidak akan bisa lulus ujian tanpa menyontek.
  23. Ayo, jangan bermimpi berteman dengan kami! Bahkan minuman termurah yang biasa kami pesan, Anda tidak bisa menilai.
  24. Apakah menurut Anda gadis seperti ini pantas menjadi cantik? Saya terkejut bahwa seseorang seperti Anda akan tertarik padanya.
  25. Ini pria yang akan kau jodohkan denganku? Saya melihat langsung saya tidak tertarik, digunakan sebagai teman saya.
  26. Anda tidak punya malu, telah melakukan tindakan penggelapan dana perusahaan dan tidak memiliki rasa hormat, sekarang masih merengek meminta pekerjaan di sini lagi.
  27. Itu bau ketika saya melihatnya sekali, saya merasa seperti muntah berada di lingkungan
  28. Sudahlah, menurut saya percuma berolahraga dan mengonsumsi suplemen akan sia-sia, tubuh Anda memang pantas dipuji di bawah rata-rata. Terima saja!
  29. Gratis SMA hingga jenjang S2. Pidatonya sangat tidak sopan, seperti orang yang tidak pernah makan sekolah.
  30. kamu tidak punya hati! Ibumu terbaring di rumah sakit, tapi apalagi merawatnya, kamu tidak pernah datang menjenguk.
  31. Sebagai gadis miskin dan tidak berpendidikan, Anda tidak boleh bermimpi diterima dengan baik oleh keluarga. Bahkan menjadi pelayan mereka, saya tidak berpikir Anda akan diterima.
  32. Dasar otak dungu! Mengerjakan soal begini saja tidak bisa. 
  33. Ini tulisan manusia? Ya ampun, aku tidak bisa membacanya.
  34. Dasar penghianat! Sudah dipercaya seperti keluarga sendiri malah berkhianat. Menyesal aku mengenalmu.

Akhir Kata

Demikian infromasi tentang contoh majas sarkasme yang dapat kalian ketahui, terdengar sangat kasar dan menyakitkan jika kalimat tersebut ditujukan kepada seseorang.

Namun, perlu diingat! Contoh sarkasme di atas dapat digunakan dalam situasi dan kondisi tertentu. Cobalah untuk menjaga kata-kata yang baik keluar, oke!

Bagi Anda yang mungkin berencana untuk menulis fiksi dalam bentuk novel atau karya sastra lainnya, Anda dapat menggunakan contoh sarkasme di atas dalam tulisan Anda dengan menyesuaikan tema tulisan. sumber mamikos.com