Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik (.docx)


Ilmu Internet - Surat pengunduran diri dibuat jika memang ingin keluar atau berhenti bekerja dari sebuah pabrik atau perusahaan. Menggunakan surat saat ingin pergi akan terlihat lebih sopan meskipun Anda berpamitan langsung atau langsung kepada pimpinan pabrik. 

Kali ini kami akan membagikan contoh surat pengunduran diri sebagai karyawan pabrik siap edit microsoft word, misalnya anda bekerja di pabrik garmen, pabrik kayu, dll. Surat ini bisa di copy untuk tulisan tangan atau diketik sebagai file doc di Word. Contoh surat ini juga tidak terlalu panjang dan ditulis secara sederhana, padat dan jelas sehingga patut dijadikan sebagai acuan.


Format penulisan surat pengunduran diri

Saat menulis surat pengunduran diri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, antara lain:


1. Ada tanggal ketika mulai berhenti

Di sini yang dimaksud adalah tanggal saat Anda mulai berhenti sebagai karyawan. Tentunya Anda tidak boleh melanggar perjanjian kontrak kerja jika memang ada kontrak kerja. Kalaupun ada kontrak kerja, harus ada alasan yang kuat dan disetujui oleh perusahaan.


2. Alasan diri sendiri

Anda bisa menyampaikan alasan mengundurkan diri mengapa Anda berhenti bekerja di perusahaan tersebut. Hal ini agar tidak mengejutkan atau menimbulkan pertanyaan dari orang-orang di perusahaan.


3. Permintaan maaf

Mohon maaf kepada karyawan dan teman-teman karyawan yang menjadi bagian selama bekerja di pabrik atau perusahaan. Karena kesalahan bisa saja terjadi saat berinteraksi saat bekerja di perusahaan.


Download Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Pabrik (word document)

Download Template


Manfaat surat pengunduran diri

Dengan membuat surat pengunduran diri, ada beberapa manfaat baik bagi Anda maupun perusahaan itu sendiri


1. Perusahaan dapat bersiap-siap untuk mencari pengganti

Dengan kapan saat Anda sendiri. Dengan surat pengunduran diri ini, pabrik atau perusahaan tempat Anda memiliki kesempatan untuk mencari orang lain untuk posisi Anda.


2. Terlihat lebih sopan

Dengan surat pengunduran diri, itu membuat Anda terlihat lebih sopan. Untuk instansi lain, atau pabrik lain, bisa jadi seorang karyawan hanya berpamitan langsung kepada pimpinan dan sesama karyawan tanpa harus menulis surat pengunduran diri. Hal ini dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebiasaan lingkungan kerja masing-masing. Dan ini bukan masalah besar. Hal ini juga tergantung pada kebiasaan dari instansi atau perusahaan tersebut. Namun secara formal menggunakan surat pengunduran diri akan lebih baik.


3. Mendapat hak dari perusahaan

Perusahaan akan memberikan hak sebagai karyawan yang memperhatikan diri sendiri atau meninggalkan tempat kerja. Bisa berupa gaji yang belum dibayar, uang pesangon atau hadiah kenang-kenangan.


Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai contoh surat pengunduran diri karyawan pabrik word document yang bisa dijadikan referensi untuk Anda. Semoga bermanfaat dan berguna bagi yang membutuhkannya, silahkan share jika anda menyukainya! Terima kasih telah berkunjung..