Cara Membuka Pola HP Vivo Tanpa Reset


Ilmu Internet - Lupa pola ponsel Anda yang terkunci? Tidak perlu panik, karena di sini kami akan memberi tahu Anda cara membuka kunci ponsel Vivo yang terlupakan. Termasuk cara membuka HP yang terkunci, baik menggunakan password maupun PIN.

Fungsi pola (pattern), PIN dan kata sandi (password) pada ponsel saat ini sangat penting untuk digunakan. Karena akan melindungi data pribadi dari orang yang tidak bertanggung jawab.

Dengan mengunci HP Vivo menggunakan pola atau password, data penting seperti daftar kontak, informasi email penting, hingga akun media sosial dijamin aman.

Namun jika sudah terlanjur lupa, mungkin bisa dilakukan cara membuka pola hp yang terlupa. Berikut cara membuka pola hp vivo yang lupa tanpa harus reset hp dan juga dengan factory reset :


1. Gunakan Forgot Pattern

Cara membuka pola hp vivo yang lupa ini bisa dilakukan untuk semua tipe hp. Berikut langkah-langkahnya :

  • Masukkan pola sembarang beberapa kali sampai muncul tulisan "Forgot pattern"
  • Klik ‘Forgot pattern’
  • Masukkan akun Google (username dan password) yang digunakan pada hp yang lupa pola
  • Reset screen lock dan buat pola baru

Yang harus diperhatikan, cara membuka pola yang lupa ini digunakan untuk hp dengan OS Android 4.4 atau yang lebih rendah.

Jika cara membuka pola hp yang lupa diatas tidak berhasil, bisa menggunakan cara dibawah sesuai dengan merk hp. Tapi yang harus diingat, cara ini dengan melakukan factory reset. Dan setiap merk hp memiliki cara yang berbeda. Berikut langkah-langkahnya :

2. Menggunakan HP Android Lain

Cara membuka pin HP yang lupa dapat dilakukan melalui HP Android teman atau anggota keluarga kalian. Cara ini cukup mudah bagi Anda yang lupa password dan bisa dicoba dengan bantuan teman atau keluarga tercinta. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pinjam ponsel teman dan anggota keluarga yang terpercaya.
  • Lakukan panggilan dari HP teman ke HP android milik kalian.
  • Terima panggilan tersebut dan tekan tombol Home.
  • Pilih menu Setting dan nonaktifkan kunci pola atau password ponsel.

Fitur kunci pola pun berhasil nonaktif dan kalian bisa mengakses ponsel secara normal.


3. Menggunakan Android Debug Bridge

Cara membuka HP yang lupa sandi juga bisa dilakukan melalui Android Debug Bridge (ADB). Adapun ADB adalah alat command line serbaguna yang membuat Anda bisa berkomunikasi dengan berbagai perangkat.

Sekedar informasi bahwa cara ini bisa dilakukan jika kalian sudah mengaktifkan fitur Debugging USB. Berikut ini langkah-langkahnya:
Sambungkan ponsel yang terkunci dengan laptop atau komputer.

  • Buka perintah Command Prompt/CMD di direktori instalasi ADB di laptop atau komputer kalian.
  • Selanjutnya silakan klilk adb shell rm/data/system/gesture.key dan klik Enter.
  • Silakan cabut ponsel Anda dari komputer atau laptop dan lakukan reboot smartphone.
Nantinya ponsel kalian akan tidak terkunci untuk sementara waktu. Untuk itu silakan buka ponsel dan pilih menu Setting untuk mengubah pola atau password HP yang lebih mudah diingat. Pilihan lain kalian juga dapat menonaktifkan password HP.


4. Menggunakan Reboot Safe Mode Android

Cara membuka pola HP yang lupa tanpa reset lainnya menggunakan Reboot Safe Mode Android. Menu ini digunakan untuk membuka pola atau password penguncian HP yang menggunakan aplikasi penguncian ponsel dari pihak ketiga. 

Caranya cukup mudah dan berikut ini langkah-langkahnya:

  • Cara membuka HP yang terkunci pertama yaitu tekan tombol power off di ponsel Anda. Biasanya, akan muncul opsi Power Off atau Restart.
  • Usai kedua opsi tersebut muncul silakan klik lagi tombol power di ponsel sampai muncul fitur Reboot Safe Mode dan klik Ok atau Yes.
  • Nantinya ponsel akan melakukan restart dan ponsel akan masuk ke menu Safe Mode.
  • Di menu Safe Mode silakan Anda untuk menghapus aplikasi penguncian pihak ketiga.
  • Usai menghapus aplikasi silakan lakukan restart dan ponsel pun berhasil terbuka.


5. Laporkan ke Service Center

2020.co.id


Cara membuka HP yang terkunci bisa dengan mengunjungi layanan service center resmi vivo terdekat. Bayar ponsel kalian dan nantinya teknisi akan membantu untuk membuka ponsel terkunci tanpa harus factory reset.


6. Menggunakan Google SmartLock

Fitur Google Smartlock, bisa menjadi opsi bagi Anda yang memiliki HP dengan sistem Android 5.0 atau yang lebih terbaru. Melalui Smartlock, Anda bisa lebih mudah membuka HP yang terkunci, dengan cara berikut ini.

Pastikan HP Anda terkoneksi dengan jaringan WiFi, smartwatch atau peramban Google Chrome.

Selanjutnya ketika lupa kunci, silakan hubungkan HP dengan WiFi, smartwatch atau Chrome dan kunci akan terbuka secara otomatis.


7. Menggunakan Akun Google

Ternyata akun Google yang Anda miliki, bisa dipakai untuk membuka HP yang terkunci. Cara membuka HP yang lupa sandi ini ampuh diterapkan bagi penguna HP Android. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membukanya.
Coba buka kunci ponsel beberapa kali, sampai muncul tulisan Lupa Pola.

  • Silakan klik tulisan Lupa Pola, dan Anda akan masuk ke laman Google.
  • Lakukan autentikasi akun, dan buat PIN atau pola baru HP Anda.


8. Menggunakan Google Assistant

Terakhir menggunakan aplikasi Google Assistant. Cara membuka HP vivo yang lupa sandi ampuh dilakukan ketika sedang terburu-buru dan ingin segera mengakses perangkat ponsel Anda. Berikut ini cara lengkapnya.

  • Pastikan Anda sudah mengaktifkan fitur di Google Assistant.
  • Jika sudah, maka ketika terjadi lupa password maka Anda ucapkan Ok, Google maka kunci HP akan terbuka secara otomatis.


Akhir Kata

Saat ini fitur kunci pengaman pada ponsel cukup beragam. Selain penguncian dengan pola atau pola, pin dan kata sandi, ada juga layar kunci dengan sidik jari dan face unlock.

Anda disarankan untuk menggunakan kombinasi fitur kunci keamanan ini. Karena jika Anda lupa salah satunya, Anda bisa menggunakan kunci alternatif.

Demikian informasi tentang 8 cara membuka pola Vivo tanpa reset. Semoga bermanfaat dan silahkan pilih cara yang menurut anda mudah dan sesuai dengan kondisi hp.