Cara Membuat Template Blog Sendiri Secara Offline atau Online


Ilmu Internet - Bagi Anda yang memiliki blog, setuju bahwa template blog adalah cerminan dari sebuah blog. Jadi bisa dikatakan template ini bersifat personal sehingga lebih disesuaikan dengan pemilik blog itu sendiri. Template ini bisa dibuat dengan dua cara yaitu offline dan online.

Tentunya cara membuat template blog sendiri secara offline tidak akan sama dengan membuatnya secara online. Bisa dikatakan online relatif lebih mudah karena sekarang sudah banyak tersedia dan Anda tinggal menggunakannya.


Kriteria Dalam Pembuatan Template?

Bagi Anda yang menginginkan tantangan, tentunya membuat template sendiri mulai dari awal sampai jadi bisa dicoba dirumah. Namun pembuatan template tidak boleh dilakukan, harus ada kriteria minimal yang dipenuhi sebagai berikut.

  • Desainnya mudah diatur
  • Kemudahan menambah dan menghapus fitur
  • Ringan dan pemuatan cepat
  • Tampilan responsif sehingga dapat digunakan pada semua ukuran lapisan
  • SEO Friendly
  • HTML5 yang valid


Cara Membuat Template Blog Secara Offline

Dalam pembuatan tema secara offline sebaiknya belajar dulu menggunakan blog baru, jadi jangan gunakan blog utama. Pastikan untuk menghapus semua kode template yang ada dengan menekan (Ctrl+A) lalu tekan delete atau backspace.


1. Membuat XML dan HTML

Langkah pertama adalah membuat struktur untuk XML dan HTML. Nanti kamu tinggal copy beberapa kode berikut untuk nanti copy paste di editor template. Kode tersebut seperti <head>, </head>, <body>, </body>, </HTML> dan masih banyak lagi.

Saat melakukan copy paste, biasanya error terjadi karena ada masalah dengan pengaturan tampilan. Biasanya muncul karena Anda belum mengatur tampilan blog dan yang akan berperan dalam hal ini adalah CSS. Oleh karena itu solusinya tentunya anda harus menambahkan CSS terlebih dahulu.

2. Menambah CSS

Langkah selanjutnya adalah menambahkan CSS dan secara default akan ditempatkan di bagian antara tag b:skin dan penutup. Tetapi untuk mengatasi kesalahan, Anda dapat meletakkan CSS di bagian kepala dan menyimpannya.

Agar tidak ada lagi kesalahan, pastikan Anda telah menampilkan sesuatu di blog. Fungsi-fungsi pada blog tentunya harus muncul di template Anda dengan menggunakan tag b:section. Nanti, setelah menambahkan itu, blog Anda bisa ditampilkan menggunakan template buatan sendiri.

3. Menambah Title

Bagi Anda yang ingin membuat judul blog muncul di tab browser, Anda perlu memasukkan tag seperti <title><data:blog.title/></title>. Kemudian masukkan title tag tadi ke bagian head dan jangan lupa di save.


Cara Membuat Template Blog Secara Online

Cara selanjutnya adalah Anda bisa membuat template blog secara online. Cara ini tentu akan lebih mudah karena tersedia berbagai tools yang berguna untuk mempermudah proses pencarian template. Jadi ini akan sangat cocok untuk anda yang terlalu sulit memahami bahasa pemrograman yang sederhana sekalipun.

Namun sebelum membuat template online, pastikan perangkat yang Anda gunakan terhubung dengan internet. Akan lebih baik lagi jika menggunakan jaringan wifi daripada paket data, itu karena jika menggunakan paket data akan banyak kuota yang terbuang.

Anda hanya perlu pergi ke situs pembuatan template online dan melakukan pencarian di sana. Buat fitur sesuai keinginan dan jangan lupa untuk menyimpannya untuk digunakan di blog Anda nanti.


Akhir Kata

Demikian informasi singkat tentang cara membuat template blog sendiri secara offline dan online. Semoga informasi di atas dapat membantu Anda, terutama yang ingin mencoba sendiri membuat template untuk blog.