Cara Download Rapor Pendidikan Secara Online

Apa Itu Rapor Pendidikan?

Rapor Pendidikan adalah platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan dari laporan mutu sebelumnya. Kebijakan evaluasi sistem pendidikan baru berorientasi pada mutu pendidikan dan sistem yang terintegrasi.

Rapor Pendidikan menampilkan data mutu satuan pendidikan atau daerah yang diperoleh dari berbagai penilaian atau survei nasional. Sebagai bentuk perbaikan dari Laporan Mutu, Laporan Pendidikan diharapkan dapat menjadi acuan untuk mewujudkan, merefleksi, dan meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia secara keseluruhan.

Hanya pimpinan dan penyelenggara satuan pendidikan yang dapat mengakses rapor pendidikan serta pejabat yang ditunjuk. Namun pada rilis berikutnya, para pendidik juga akan diberikan akses ke platform Education Report Card.

Untuk saat ini satuan pendidikan dan kantor wilayah di bawah Kementerian Agama Republik Indonesia, Satuan Pendidikan Satu Atap (SLB Satu Atap dan PKBM Satu Atap) belum dapat mengakses Raport Pendidikan. Nantikan akses untuk semua, segera!


Langkah-Langkah Download Rapor Pendidikan Secara Online:

  1. Pertama, kunjungi situs resminnya di https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/app
  2. tekan tombol Login/Masuk dengan akun belajar.id
  3. Selanjutnya Pilih akun Google dengan alamat email berakhiran @dinas.belajar.id atau @admin.belajar.id (khusus untuk sekolah gunakan akun belajar.id kepala sekolah)
  4.  Jika berhasil login, maka anda akan melihat hasil rapor pendidikan sekolah anda (sebagai contoh lihat tampilan gambar di bawah ini )

  5. Untuk mendownload hasil rapor pendidikan sekolah, silahkan klik menu "UNDUH" yang terletak diatas dashboard (seperti tampak pada gambar di bawah ini)

  6. Selanjutnya silahkan pilih tahun 2022 dan klik "UNDUH"
  7. File akan tersimpan di komputer dalam format exel
  8. Selesai, mudah bukan?

Akhir Kata

Demikian informasi tentang cara mudah mendownload atau mendownload rapor pendidikan 2022 hasil pengisian asesmen sekolah. Semoga informasi yang admin sampaikan dapat membantu para pendidik dalam memperoleh laporan pendidikan sekolah masing-masing.