Cara Download Kartu Keluarga Secara Online

Kartu Keluarga (Digital)


Ilmu Internet - Masyarakat di Indonesia kini tak perlu lagi datang ke kantor Dukcapil untuk membuat Kartu Keluarga  karena sudah ada layanan cetak KK online. Layanan ini diberikan oleh Ditjen Dukcapil dan Kemendagri untuk memudahkan masyarakat yang tidak ingin mencetak KK secara mandiri.

Masyarakat dapat mencetak KK secara mandiri dengan menggunakan kertas putih polos HVS A4 80 gram. Meski begitu, KK yang dibuat secara online dan dicetak sendiri akan tetap memiliki kode QR sebagai bentuk tanda tangan elektronik, sehingga KK tersebut tetap sah dan memiliki kekuatan hukum.


Apa Itu Kartu Keluarga?

Kartu Keluarga adalah kartu identitas keluarga yang memuat data tentang susunan, hubungan dan jumlah anggota keluarga. Kartu Keluarga menjadi dasar penerbitan KTP, dan merupakan dasar pemenuhan hak warga negara lainnya dan bagi Pemerintah menjadi dasar pengambilan keputusan/kebijakan.

Kartu Keluarga memuat keterangan mengenai kolom KK, nama lengkap kepala keluarga dan anggota keluarga, NIK, jenis kelamin, alamat, tempat lahir, tanggal lahir, agama, pendidikan, pekerjaan, status perkawinan, status hubungan dalam keluarga, kewarganegaraan, dokumen keimigrasian, nama orang tua.


Langkah-langkah Download Kartu Keluarga Secara Online:

  1. Mengajukan permohonan cetak Kartu Keluarga online dengan mendatangi kantor Disdukcapil setempat. Bisa juga dilakukan secara daring melalui situs resminya atau aplikasi layanan kependudukan masing-masing daerah di ponsel pintar.
  2. Masukkan nomor ponsel dan e-mail yang bisa dihubungi untuk menerima soft file KK.
  3. Setelah permohonan diterima, Dukcapil akan memproses permintaan layanan cetak KK sendiri.
  4. Permohonan yang diproses akan disahkan Dukcapil dengan tanda tangan elektronik dalam bentuk kode QR (QR code).
  5. Aplikasi Sistem Informasi Kependudukan (SIAK) akan mengirim SMS dan e-mail dalam bentuk informasi link situs Dukcapil dan file PDF
  6. Pihak yang mengajukan cetak KK mandiri akan menerima PIN rahasia untuk membuka layanan cetak KK online.
  7. Cek kembali data yang telah dikirim Dukcapil.
  8. Jika semua data sudah sesuai, Kartu Keluarga sudah bisa dicetak secara mandiri.
  9. Simpan/download file KK PDF agar dapat dicetak kembali saat dibutuhkan.



Tata Cara Membuat Kartu Keluarga?

Dilansir dilaman https://disdukcapil.penajamkab.go.id/jenis-layanan/pendaftaran-penduduk/kartu-keluarga/ Untuk membuat Kartu Keluarga harus melengkapi syarat-syarat berikut:

  • Surat Pengantar dari Pengurus RT/RW
  • Kartu Keluarga Lama
  • Surat Nikah atau Akta Cerai bagi yang membuat KK karena perkawinan/perceraian
  • Surat Keterangan Lahir / Akta Kelahiran
  • Surat Pengangkatan Anak
  • Surat Keterangan Pendaftaran Penduduk Tetap bagi WNA
  • Surat Keterangan Pelaporan Pendatang Baru (SKPPB) bagi pendatang
  • Surat Keterangan Pindah bagi penduduk yang pindah antar kelurahan


Akhir Kata

Demikian postingan cara download kartu keluarga secara online beserta syarat dan langkah cetak KK online dari rumah. Cara tersebut bukan hanya berlaku untuk cetak KK sendiri tetapi juga bisa digunakan untuk dokumen kependudukan lain seperti akta kelahiran dan lainnya.