7 Tips Sebelum Mengganti Template Blog Baru


Ilmu Internet - Apakah anda meerasa tidak nyaman dengan template blog yang saat ini digunakan membuat kita ingin segera mengubah tampilan tema, Baru saja berselancar di Google, saya menemukan template baru yang sedikit menggoda.

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus mengganti template blog, misalnya kecepatan template blog yang saat ini digunakan agak lambat, tidak responsif dan SEO Friendly. bisa jadi referensi untuk segera berpindah dari wajah lama ke tampilan baru.

Itu adalah hal yang wajar, namanya juga manusia. Namun, sebelum mengubah template blog. Alangkah baiknya jika anda melakukan hal-hal di bawah ini agar nantinya saat mengganti tema blog cocok dan nyaman untuk digunakan.


Tips-Tips Sebelum Mengganti Template Baru:


1. Tentukan pilihan template Anda

Untuk melakukan perubahan tampilan, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilah tema yang ingin Anda gunakan.

Namun sebelum memasang template alangkah baiknya memperhatikan beberapa aspek agar nantinya setelah mengganti template blog yang sudah di atur cocok dan nyaman.


2. Pilih Template Responsif

Mengapa harus responsif? Jika Anda membuat blog untuk dipublikasikan ke publik (bermanfaat bagi orang lain). Hal yang harus diperhatikan adalah mempertimbangkan pengalaman pengunjung blog.

Hal ini agar pembaca lebih nyaman dan menyukai situs Anda. Dengan begitu mereka pasti akan kembali mengunjungi blog Anda, karena kesan yang mereka terima sangat memuaskan.


3. Pilih Warna Template Redup

Masih membidik dengan pengalaman pengunjung, Jangan gunakan template dengan kombinasi warna cerah yang terlalu mencolok. Memang dengan banyaknya variasi warna pada template blog akan menciptakan keindahan tersendiri.

Namun, hal ini justru membuat pengunjung bisa kabur. dekat template dengan warna yang agak redup karena ini bisa membuat pengunjung betah saat membaca.

Misalnya, coba sobat membaca buku, yang kertas putih lagi dengan kertas kuning agak kecoklatan. Saya jamin, sobat pasti akan lebih betah dan tidak akan bosan membaca buku ini dengan kertas berwarna merah kecoklatan.


4. Gunakan Template dengan 2 Layout

Struktur tata letak yang baik adalah posting di kiri dan sidebar di kanan. Entah apa bedanya, tapi kebanyakan blogger sukses menggunakan struktur 2 layout seperti di atas.

Saya pernah membaca sebuah ebook yang menjelaskan tentang rekomendasi template yang bagus seperti itu dengan layout yang kanan adalah post/homepage dan yang kiri adalah sidebar.


5. Periksa Kecepatan Template

Dalam algoritma Google baru, kecepatan blog sangat berpengaruh pada peringkat mesin pencari. Jika Anda tidak percaya, silakan mengujinya dengan mengunjungi situs di halaman pertama Google. Pasti ada rata-rata blog mereka sangat memuaskan.

Selain itu, jika sebuah blog memiliki kecepatan lambat, lambat dan lambat, pengunjung pasti akan lari. Banyak situs yang tersedia untuk memeriksa kecepatan blog seperti google page speed, GTmetric, pingdom dll.


6. Ambil Kode [Script] Penting pada Template Saat Ini

Inilah yang biasanya saya lakukan. Sebelum mengubah template blog pastikan Anda mengambil semua script penting

Sebagai berikut:

  • Kode Verifikasi Google, Bing, Yandex
  • Kode Alexa Rank
  • Script Adsense (jika memakai)
  • Meta Tag
  • Dan lain lain..


7. Backup Template

Disarankan sebelum beralih ke template blog baru, lakukan backup/pencadangan terlebih dahulu. Hal ini dimaksudkan untuk berjaga-jaga jika nantinya pada template baru terdapat kendala atau error. Dan juga jika Anda juga ingin kembali ke tema lama karena ketinggalan atau tidak puas dengan template baru. Jadi tidak perlu repot menyusun template dari awal lagi.

Mungkin untuk cara membackup template blogger sobat sudah mengetahui langkah-langkahnya. Mengganti template blog sangat mudah dan menggiurkan. Apalagi jika kita menemukan template terbaru dengan desain tampilan yang keren dan bagus.


Akhir Kata

Pasti ingin segera mencobanya dan mengganti template yang bagus kan? Tapi sebenarnya itu tidak membuat kita untung tapi rugi. Lebih banyak waktu blogging yang terbuang daripada menulis konten yang sebenarnya adalah tujuan utama kami membuat blog.

Demikian 7 tips sebelum mengganti template blog baru yang bisa kalian ketahui. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian dalam dunia blogging. Terima kasih sudah berkunjung dan share jika anda menyukai postingan kali ini!