5 Tips Memilih Template Blog Keren yang Benar


Ilmu Internet - Sulit untuk memutuskan jenis tema situs web yang ingin Anda gunakan? Tenang, disini saya akan membagikan Tips Memilih Template Blog yang Keren dan Bagus. Menemukan template blog yang bagus dan cocok untuk dipasang di blog pribadi memang membutuhkan kerja ekstra.Pasalnya, jika kita mencari di google, pasti semua tema yang kita cari selalu disalahkan. 

Dengan begitu, kita bingung memilih template blogger yang keren untuk digunakan dan dipasang di situs kita. Merasa bingung memilih template blog yang ingin digunakan adalah hal yang wajar. Khusus untuk blogger pemula, pasti yang pertama kali dilihat adalah tampilan desain blognya.

Sehingga mereka lupa menulis artikel yang menjadi tujuan utama ngeblog, karena banyak waktu yang terbuang saat mencari template blogspot. Jika template blog tidak cocok, mereka pasti akan menggantinya dengan yang lain. padahal sering gonta ganti template kurang baik. 

Oke, agar waktu sobat tidak terlalu terbuang percuma. Disini saya akan membantu memilih template blogger yang sesuai dan menurut anda template tersebut memiliki kualitas yang bagus. Lalu apa saja kriterianya? silahkan lihat informasi lengkapnya dibawah ini!


1. Struktur Data Template 100% Valid

Struktur data memang menjadi bagian penting dalam memaksimalkan template blogger. Jika template memiliki kesalahan dalam data terstruktur, maka akan menampilkan kesalahan di konsol pencarian google nanti. Sehingga kualitas SEO Blog akan berkurang.

Google sendiri menawarkan alat mereka untuk menguji data terstruktur dari template blog. Dengan alat pengujian data terstruktur ini, kita dapat memeriksa apakah template itu valid atau ada kesalahan. Anda dapat menggunakan alat ini di halaman konsol pencarian google (alat webmaster).


2. Template Responsif dan Ramah Seluler

Saat ini, kebanyakan orang yang mencari informasi melalui mesin pencari Google menggunakan smartphone. Karena data tersebut, Google sendiri menyadari bahwa setiap website harus menggunakan template yang responsive dan mobile friendly.

Bahkan Google akan memprioritaskan halaman web yang menggunakan AMP di Perangkat Seluler. Kita sudah tahu bahwa kepuasan dan kenyamanan pengunjung adalah prioritas utama. Jadi, bukan tidak mungkin blog yang memilih template yang tidak responsive dan tidak Mobile Friendly akan tenggelam di mesin pencari seperti Google.


3. Template Blogger Fast Loading

Dalam Algoritma Google saat ini, kecepatan blog merupakan salah satu faktor pendukung untuk menempati halaman pertama mesin pencari Google. Tujuannya agar pengunjung tidak merasa terganggu saat membuka artikel karena menunggu lama.

Selain itu, Google juga mengutamakan fast loading website/situs blog untuk mendapatkan rangking yang baik. Terlebih dahulu akan lebih baik jika kita menggunakan template yang sudah mendukung fitur AMP. 

Banyak sekali tools gratis yang memudahkan kita untuk mengecek kecepatan template blogger. Seperti Google Page Speed, GTMetrix, Seocentro, Ligthouse, Pingdom DLL.

Jadi jika Anda ingin mendapatkan template blog yang bagus, akan lebih baik untuk memeriksa kecepatannya. Skor yang direkomendasikan untuk template fast loading adalah antara 80-100 untuk versi Mobile.


4. Warna Template

Seperti yang sudah kita ketahui, salah satu tujuan kita ngeblog adalah memberikan manfaat bagi banyak orang serta memberikan kesan dan kenyamanan yang memuaskan bagi pengunjung yang berkunjung. Pemilihan warna template juga merupakan poin penting. 

Pastikan saat memilih template blog dengan warna yang tidak begitu cerah atau sedikit redup. Karena jika tampilan warna situs blog kita terlalu terang bisa membuat pengunjung sakit. Akibatnya mereka akan kabur dan mencari artikel blog orang lain. 

Menurut saya, warna template yang cocok dan enak dipandang adalah Biru, Hijau, Abu-abu, Hijau Tua atau Gelap. Anda dapat mencari dan survei sendiri. Oh ya, pastikan juga warna hurufnya tidak terlalu cerah, jenis fontnya mudah dibaca dan ukurannya tidak kecil.


5. Template Blogger SEO Friendly

Saya sendiri kurang tahu bagaimana kriteria template blogger SEO Friendly. Asumsi saya template blog SEO memiliki data terstruktur yang valid, menggunakan meta tag yang direkomendasikan oleh Google, Fast Loading, Responsive (mobile friendly), menggunakan heading Dinamis, tidak menggunakan inline css dan masih banyak lainnya.

Nah, untuk mengetahui tema blog SEO Friendly atau tidak, ada banyak tools yang bisa kita gunakan. Alat ini dapat menghitung nilai skor SEO Blog. Anda dapat memeriksa skor SEO Blog di sini:

  • https://neilpatel.com/seo-analyzer/
  • https://seositecheckup.com/
  • https://sitechecker.pro/

Template blog SEO Friendly ini memiliki banyak kelebihan, salah satunya adalah postingan blogspot akan mudah terindeks oleh Google. Jadi poin terakhir ini sangat penting!


Akhir Kata

Demikian postingan tentang tips-tips memilih template blog keren dan bagus yang bisa saya ulas terlebih dahulu, sobat bisa menambahkannya melalui kolom komentar di bawah.

Semoga semua poin di atas dapat memudahkan Anda dalam memilih template blog yang akan digunakan di situs Anda, baik itu template blog gratis maupun template premium.