Cara Menonaktifkan Aplikasi Startup di Komputer Windows 10?

 


Ilmuinternet.com - Apakah anda sedang mencari cara mematikan aplikasi startup di Window 10 komputer? Jika benar, dalam postingan ini akan menjelaskan cara yang bisa digunakan untuk menonaktifkan program startup yang sedang berjalan pada komputer atau laptop.

Program startup adalah program yang secara otomatis akan aktif bersamaan dengan di-load nya OS Windows. Kadang juga diartikan sebagai Program Residen (Resident Program) yaitu program yang berada dalam memory (RAM) selama komputer dalam keadaan ON. 

Umumnya yang mulai beroperasi ketika windows sudah masuk dekstop. Program yang umum kita jumpai saat pertama kali windows 10, contohnya adalah AntiVirus, karena AntiVirus harus mengamankan komputer anda.


Alasan Menonaktifkan Aplikasi Startup?

Program StartUp selalu stand by untuk digunakan sewaktu-waktu. Program seperti ini pasti menyita resource komputer, meski tidak sedang digunakan dan memperlambat proses booting windows, biasanya disebabkan karena banyaknya aplikasi yang dimuat saat proses startup itu sendiri. 

Beberapa manfaat dalam mengatur jumlah aplikasi startup diantaranya:

  • Memaksimalkan kinerja laptop/PC.
  • Meringankan kerja RAM pada laptop.
  • Tidak membuat laptop nge-lag, not responding atau lemot.
  • Mempercepat proses booting.


Langkah-langkah Menonaktifkan Aplikasi StartUp di Komputer:

1. Buka Task Manager - Tekan keyboard Ctrl + Shift + Esc secara bersamaan, untuk membuka task manager. Kemudian masuk menu StartUp untuk melihat daftar aplikasi yang berjalan di Komputer.


2. Aktifkan atau Nonaktifkan Aplikasi StartUp - Tentukan aplikasi Startup yang ingin Anda jalankan atau nonaktifkan. Setelah itu, klik kanan pada aplikasi yang anda pilih, lalu tekan “Disable” untuk melarangnya memulai dan berjalan di latar belakang. 

  • Jika Anda berubah pikiran di masa depan. Cukup klik kanan aplikasi dan pilih “Enable” untuk memberi hak akses ulang kembali ke aplikasi.


Akhir Kata

Beberapa aplikasi Startup memiliki fungsi yang penting, tetapi beberapa tidak terlalu penting, dan beberapa lagi sangat merugikan. Hal-hal inilah yang perlu anda ketahui, sebelum melakukan suatu kontrol (pengaturan), atau menghapusnya agar tidak menjadi penghambat opersional komputer. 

Demikian postingan cara menonaktifkan aplikasi startup di komputer window 10 yang dapat kalian ketahui. Semoga ulasan diatas dapat berguna dan menambah wawasan bagi kalian yang membutuhkannya. Terima kasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk membagikannya!