Cara Menghidupkan HP Android Tanpa Tombol Power!

 


Ilmuinternet.com - Beberapa waktu lalu saya mengalami masalah kecil dimana salah satu gadget android mengalami kerusakan tombol power. Hal ini menimbulkan kebingungan, karena gadget mati atau mati karena kehabisan baterai.

Cukup mengejutkan ketika kita memiliki smartphone yang disertai dengan tombol kekuatan fisik ponsel kita rusak sehingga tidak dapat digunakan sama sekali. Daripada dibawa ke counter service, akan lebih murah jika kita bisa menanganinya sendiri atau setidaknya ada solusi yang bisa kita gunakan untuk sementara waktu.

Untungnya Android adalah sistem operasi open source. Sehingga banyak pengembangan yang dilakukan secara individu berdasarkan pengalaman masing-masing. Sehingga suatu saat ketika hal seperti itu terjadi, kita dapat merenungkan pengalaman pengguna lain yang pernah mengalami hal yang sama. Termasuk dalam hal ini ketika tombol power di hp android kita tidak berfungsi.


Tips & Trik Menghidupkan HP Android Ketika Tombol Power Rusak:

Jika anda memiliki masalah ini, Anda berada di tempat yang tepat. Karena dibawah ini kami akan menjelaskan cara yang bisa anda coba untuk menghidupkan kembali perangkat android anda tanpa menekan tombol power.



1. Akses Menu Boot

Umumnya semua perangkat Android memiliki tombol pintas yang dapat digunakan untuk masuk ke mode boot perangkat. Menu Boot biasanya diakses ketika Anda ingin mem-flash firmware atau untuk keperluan lain di sistem os perangkat Android.

Dengan akses boot ini, Anda dapat memanfaatkan fungsi restart di dalamnya untuk dapat mengaktifkan perangkat. Untuk mengakses menu booting sendiri berbeda-beda untuk setiap jenis perangkat. Namun umumnya setiap perangkat memiliki hotkey seperti di bawah ini.

  • Tombol Utama + Tombol Daya
  • Tombol Utama + Tombol Daya + Volume Turun
  • Tombol Utama + Tombol Daya + Volume Naik
  • Tombol Daya + Volume Atas
  • Tombol Daya + Volume Bawah

Coba tekan salah satu tombol pintasan di atas secara bersamaan. Jika berhasil, Anda akan diarahkan ke mode boot. Nah dari sini tinggal pilih “Reboot Now” untuk membuat perangkat hp anda mati kemudian hidupkan kembali.


2. Hubungkan Perangkat Ke Pengisian Daya/PowerBank

Beberapa jenis smartphone akan aktif secara otomatis saat berada di sumber listrik. biasanya pada perangkat yang tidak mendukung baterai nonremovable implementasi ini. Tapi coba terapkan juga di smartphone.

Saat Menghubungkan ke sumber listrik, coba tekan secara bersamaan beberapa atau salah satu fisik pada smartphone Anda. Dalam beberapa kasus pengguna lain, eksperimen ini berhasil bagi mereka.


3. Hubungkan Perangkat Ke Komputer atau PC

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba untuk mengaktifkan ponsel Android tanpa tombol power adalah dengan menghubungkan perangkat Anda ke PC menggunakan kabel data USB. umumnya dalam beberapa kasus, perangkat akan aktif kembali secara otomatis.

Jika tidak berhasil coba instal driver untuk merek smartphone Anda. Beberapa program biasanya mendukung pengontrol ponsel cerdas melalui perangkat PC. Jadi dengan ini Anda dapat menggunakannya untuk mengaktifkan ponsel Anda.


4. Melepas Baterai & Memasangnya Kembali

Salah satu trik yang bisa diterapkan di ponsel Android adalah dengan cepat melepas dan memasang kembali baterai ponsel saat muncul logo booting saat bermain game. Pengguna awal cukup mudah yaitu, Anda hanya perlu menghubungkan ke sumber listrik, pada saat yang sama ketika logo boot/charge muncul di tengah layar, segera cabut kabel charger dan baterai, lalu pasang kembali. dengan cepat.

Sayangnya tidak semua perangkat mendukung trik ini. Tetapi hanya ada perangkat tertentu. Tetapi beberapa perangkat yang lebih tua mungkin dapat menerapkan triknya. Tidak ada salahnya kamu mencoba.


5. Menggunakan Tombol Fisik Lainnya

Metode lain yang sepertinya dikeluhkan adalah dengan mencoba menekan tombol fisik lain. Seperti yang pernah dilakukan pada salah satu perangkat saya yang mengalami kerusakan tombol fisik. Secara kebetulan perangkat aktif ketika menekan tombol fisik secara acak.

Yah, saya tidak tahu apa yang terjadi, mungkin korsleting atau mungkin kombinasi tombol adalah tombol pintas untuk memaksa reboot. Kemudian coba lakukan hal yang sama di perangkat Anda.


6. Akses ADB Fastboot

ADB Fastboot adalah metode yang biasanya digunakan untuk mem-flash rom atau firmware di perangkat android. Cara ini mengandalkan perintah atau perintah yang diarahkan melalui pc. Jadi Anda dapat menggunakan ini untuk mengakses fungsi ponsel cerdas Anda melalui PC melalui USB.

Namun, ini tidak mungkin terjadi jika perangkat Anda belum pernah menerapkan implementasi ini sebelumnya. Tapi tidak ada yang salah dengan itu. Link unduhan program ADB Fastboot untuk Windows 7, Vista, 8, dan 10 berikut ini!


7. Menggunakan Alat-Alat Bantuan

Cara terakhir yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan alat bantuan. Misalnya dengan menggunakan peniti atau benda tajam lainnya yang mungkin digunakan. Namun hal tersebut baru bisa Anda lakukan bila kerusakannya jelas pada komponen tombol power, bukan pengaruh dari mainboard atau mesin smartphone Anda.


Penutup

Selain itu, Anda dapat memesan aktif ketika ponsel cerdas Anda telah kembali dari keadaan mati sebelumnya. Nah saat ini Anda mungkin masih membutuhkan tombol power untuk mengaktifkan layar Anda suatu saat nanti. Untuk itu, Anda bisa mengakalinya dengan mengubah tombol volume menjadi fungsi tombol power.

Demikian postingan cara menghidupkan hp android tanpa tombol power yang dapat anda ketahui. Kurang lebih mohon dimaafkan, jika ada yang ingin dikembangkan. Silakan tinggalkan melalui kolom komentar di bawah. Jangan lupa share dan berikan ulasanmu ya!