Cara Menghemat Kuota YouTube Agar Tidak Boros di Android

Ilmuinternet.com - Bagaimana cara menghemat kuota youtube agar tidak boros? Tentu saja ini adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengguna. Oleh karena itu silahkan simak penjelasan kami berikut ini.

Pengguna aplikasi YouTube dapat menghabiskan waktu hingga berjam-jam untuk menonton video di platform. Banyak dari mereka menonton live streaming atau menonton video lainnya.

Soalnya mencari kuota internet dan tentunya akan semakin banyak digunakan hanya untuk menonton video di youtube. Namun hal ini juga tidak akan menjadi masalah jika Anda menggunakan paket internet yang tidak memiliki batasan dalam mengakses YouTube.

Kita melakukan live streaming atau menonton video di youtube tentunya menggunakan internet. Aktivitas ini juga akan memakan kuota data yang cukup besar. Karena ukuran video yang kita punya big data, apalagi video yang kita tonton memiliki resolusi yang tinggi.


Cara Untuk Menghemat Kuota Video YouTube?


Sebenarnya YouTube telah memberikan beberapa solusi untuk mengatasi hal tersebut. Bahkan solusi yang diberikan tidak hanya untuk menghemat kuota, tetapi juga untuk meringankan kinerja sistem HP dan memperkecil ukuran aplikasi. begini caranya!

1. Mengaktifkan mode hemat data di YouTube

Pengguna YouTube dapat melakukan mode hemat data dengan mengaktifkan mode ini. Berikut caranya:
  • Ketika sedang menonton video silahkan klik icon titik tiga yang ada di pojok tampilan layar hp
  • Kemudian klik pada opsi kualitas. Ketika Anda mengkliknya, beberapa opsi akan muncul untuk Anda pilih. Opsi default biasanya otomatis, yang berarti akan menampilkan kualitas gambar tergantung pada kecepatan koneksi internet Anda, jadi ini bisa boros.
  • Untuk mengatasinya, pilih opsi server data yang akan menyajikan gambar lebih rendah dan tentunya lebih hemat kuota
  • Atau Anda memilih opsi lanjutan untuk dapat memilih sendiri tingkat resolusi yang diinginkan. Jika lebih rendah maka kualitas gambar akan menurun.

2. Mengatur Video Quality Preferences

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga bisa mengatur kualitas video melalui opsi Preference video quality. Berikut caranya:
  • Silakan buka beranda aplikasi YouTube
  • Klik ikon profil pengguna yang terletak di sudut kanan atas layar.
  • Kemudian klik menu pengaturan
  • Silakan pilih submenu preferensi kualitas video
  • Dalam menu ini Anda dapat memilih preferensi kualitas video berdasarkan jenis koneksi internet. Misalnya, jika pengguna dapat memilih untuk lebih menghemat kuota saat menggunakan internet melalui data seluler, dan mengatur kualitas gambar yang lebih tinggi menggunakan WIFI.

3. Menggunakan Aplikasi YouTube Go

image: YouTube Go


Lalu ada solusi dari YouTube, di mana mereka meluncurkan aplikasi YouTube Go yang dapat Anda instal secara gratis di Android. Tentunya hal ini dapat dipercaya saat menonton dapat menghemat penggunaan kuota internet video. Terlebih lagi, Anda dapat menggunakan aplikasi ini bahkan jika Anda berada di koneksi yang relatif lambat.

Berikut ini Kelebihannya:

Dapat memilih kuota untuk menonton video YouTube

Jika Anda menggunakan aplikasi YouTube Go, Anda dapat memilih jumlah kuota yang akan digunakan. Sehingga hal ini dapat membantu penggunaan kuota internet. Dimana fitur seperti ini tidak ada di aplikasi youtube biasa, lo.

Koneksi Internet Lambat, masih bisa menonton video

Dengan menggunakan aplikasi ini, setiap video yang Anda tonton otomatis terunduh sesuai dengan kuota yang Anda miliki.

Menonton Video Offline tanpa internet

Nah jika Anda sudah menonton videonya. Anda bisa menontonnya kembali tanpa menggunakan data internet, karena video sudah terdownload secara otomatis.

Dapat berbagi video tanpa internet

Nah fitur ini menjadi hal yang unik dan menarik, dimana kita bisa berbagi video dengan teman tanpa harus terhubung ke internet, tetapi harus terhubung ke jaringan yang sama kemudian silahkan klik share to friends.

Aplikasi ini cukup ringan karena hanya memiliki kapasitas file hanya 9 MB

Berangkat dari pengalaman pribadi, menggunakan aplikasi YouTube Go bisa lancar dan tentunya menghemat kuota internet yang mencapai 50% saat menonton video YouTube.


Akhir Kata

Sekian ulasan kami tentang cara menghemat kuota youtube agar tidak mudah boros di hp android. Semoga apa yang telah kami berikan di atas dapat membantu.