Cara Membuat Video Efek CGI, Satelit Jatuh Ke Bumi di Android

 

Apakah kamu sedang mencari artikel tentang pembuatan video efek dan visual CGI? Jika benar, kamu sudah mengunjungi blog yang tepat karena kita akan mempelajari dasar-dasar dan panduan pembuatannya.

Apa yang dimaksud dengan CGI?

CGI atau singkatan dari Computer Generated Imagery merupakan penggunaan grafik komputer (atau semakin tepatnya, grafik komputer 3D) dalam efek spesial. CGI digunakan dalam film, cara televisi dan iklan, dan juga media cetak.

Saat ini membuat video efek CGI sangatlah mudah dan menyenangkan! Berbeda dahulu yang membutuhkan keahlian komputer dan editing video profesional. Hanya memakai smartphone android saja kini kamu bisa menciptakan video keren dengan balutan efek CGI.

Seperti contoh pembuatan video efek CGI satelit jatuh ke bumi yang akan dibahas kali ini! Kalau penasaran dengan proses tentang bagaimana membuat visual CGI yang bagus dan tampak nyata hanya mengandalkan ponsel pintar? Berikut saya berikan tutorialnya lengkap dengan gambarnya.


Langkah-Langkah Membuat Video Efek CGI Satelit Jatuh Ke Bumi:

Dalam pembuatan video efek CGI ini perlengkapan yang harus disiapkan adalah berupa ponsel pintar dan aplikasi yang bernama FXGuru: Movie FX Director. Jika sudah silahkan lanjut untuk mempelajari tutorialnya dibawah ini.

  1. ‌Pertama, unduh dan instal aplikasi FXGuru: Movie Director melalui Google Playstore.
  2. ‌Buka dan jalankan aplikasinya
  3. ‌Jika anda baru pertama kali menggunakannya, maka berikan ijin untuk akses Camera, Galeri perangkat.
  4. ‌Selanjutnya tekan tombol Start untuk membuat efek CGI nya 

  5. Pilih efek yang bernama "Satellite Crash"

  6. Akan muncul popup informasi tentang efek tersebut, selanjutnya tekan Start lagi. 

  7. Kemudian akan terbuka camera ponsel pintar kamu dan memunculkan garis letak efeknya berada. Tekan Play untuk merekam video efek tersebut.
  8. Atur durasi video yang ingin kamu buat, default waktu yang diberikan berkisar 15 detik saja. Jika sudah tekan tombol OK!

  9. Selanjutnya pilih kualitas video dan kamu bisa memberikan filter video hasil editingnya. Tekan OK untuk melanjutkan!

  10. Terakhir, tunggu proses pembuatan berlangsung yang dikelola FXGuru secara otomatis. Jika sudah hasilnya akan seperti contoh dibawah ini!


Video Efek CGI Satelit Jatuh Ke Bumi (YouTube)




Penutup

Agar hasilnya bagus gunakan latar belakang video yang luas ditempat terbuka seperti lapangan, halaman rumah, persawahan dan lahan kosong. Berikan juga filter video yang pasa untuk merubah suasana menjadi lebih realistis dan terlihat seperti satelit jatuh asli.

Efek CGI umumnya digunakan dalam pembuatan film aksi seperti "Avengers: Infinity War, Superman, Avatar, Stars War dan lain-lain". Selain untuk edukasi pemrosesan CGI dapat dijadikan sebagai hiburan bagi pembuatnya.

Demikian postingan cara membuat video efek CGI pada smartphone android yang bisa kalian pelajari! Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Silahkan bagikan dan tulis pendapatmu di kolom komentar.

Terima kasih sudah berkunjung!