Apakah Berbahaya Menggunakan HP Saat Terjadi Hujan Petir?


Ilmuinternet.com - Menggunakan hp atau ponsel saat hujan disertai kilatan petir mungkin menjadi hal yang menakutkan bagi anda yang meyakini bisa berbahaya. 

Karena menggunakan hp saat hujan disertai kilatan petir bisa menyambar orang yang menggunakan hp terutama bagi yang menggunakan hp sambil ngecas.

Atau mungkin bagi kamu yang masih bersama orang tua, akan berhati-hati untuk tidak menggunakan ponsel, saat hujan disertai kilatan petir. 

Pertanyaan terbesarnya, benarkah menggunakan ponsel saat hujan disertai kilatan petir yang terjadi bisa mengundang petir menyambar?

Sebelum itu, menjelaskan lebih lanjut terkait kasus tersebut, terlebih dahulu kita harus mengetahui apa penyebab petir menyambar.


Apa yang bisa memicu petir untuk menyambar?

Banyak orang mengira ponsel berbahan logam bisa memancing petir menyambar. Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), ada tiga faktor yang dapat memicu petir menyambar, di antaranya:

1. Ketinggian

Ketinggian dapat memicu sambaran petir, misalnya seperti rumah di kamp pengungsian, pohon yang sangat tinggi dan sebagainya.

2. Runcing

Beberapa benda atau benda runcing juga dapat memicu sambaran petir, misalnya menara jaringan telekomunikasi dengan ujung runcing.

3. Isolasi

Keterpencilan juga dapat memicu sambaran petir, misalnya ketika sebuah rumah berada di area yang luas, sendirian atau tidak ada rumah lain, dapat menjadi hal yang dominan untuk disambar petir.


Benarkah menggunakan hp saat hujan disertai kilatan petir bisa mengundang petir menyambar?

Memang benar ponsel berbahan logam bisa menangkap gelombang elektromagnetik, tapi tidak bisa memicu sambaran petir.

Menurut penelitian yang diterbitkan oleh British Medical Journal (BMJ), seseorang yang menggunakan ponsel di ruang terbuka, saat hujan disertai kilatan petir, memang dapat meningkatkan risiko cedera fatal akibat sambaran petir, hal ini karena kulit manusia dapat menyalurkan listrik ke dalam tubuh. .

Jadi, ketika petir menyambar seseorang, arus listrik dapat mengalir di sepanjang kulit. Saat hujan disertai sambaran petir menggunakan atau menggunakan benda logam memang dapat meningkatkan risiko cedera.

Namun sebenarnya orang yang tersambar petir saat menggunakan ponselnya bisa saja terjadi karena berada di tempat atau waktu yang salah.

Misalnya, menggunakan ponsel saat hujan disertai kilatan petir di dekat pohon, menara, atau aktivitas luar ruangan lainnya.


Menurut Dr. Marry Ann Cooper selaku profesor kedokteran dan bio-engineering di University of Illinois, para ahli di National Weather Service sebagai badan pemerintah federal cuaca federal Amerika Serikat, hingga Kementrian komunikasi dan informatika (KOMINFO) menyangkal bahwa menggunakan ponsel saat hujan disertai dengan kilatan petir. dapat menyebabkan sambaran petir, hanyalah mitos atau DISINFORMASI.

Namun, saat hujan disertai kilatan petir dan Anda sedang menggunakan ponsel, ada baiknya Anda mengikuti beberapa hal yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satunya adalah mencari ruangan tertutup.