8 Daftar Sekolah Kedinasan yang Lulus langsung jadi CPNS

image: Sekolah Kedinasan IPDN

Proses seleksi masuk perguruan tinggi kedinasan semakin dekat. Dalam penjelasannya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengungkapkan penerimaan calon mahasiswa Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK) ini nantinya akan menjadi CPNS. Oleh karena itu guys, pendaftaran seleksi PTK langsung dari portal SSCASN.

Hm, menarik sekali, sekolah resmi adalah sekolah yang bergaransi resmi dan bisa langsung diangkat menjadi PNS lho. Nah, sekedar informasi buat sobat Miku, ini dia 8 lulusan PTK yang akan langsung menjadi CPNS setelah menyelesaikan studinya. Ingin tahu? Lihat di bawah ini.


1. Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN)

Telah diketahui sejak lama, PKN STAN merupakan salah satu perguruan tinggi resmi yang lulusannya dapat memenuhi persyaratan untuk bekerja di Kementerian Keuangan atau lembaga negara terkait. Di PTK ini terdapat berbagai jenjang dari Diploma I hingga Diploma IV. Sementara itu, program studi menyediakan jurusan Akuntansi, Perpajakan, Kepabeanan dan Cukai, serta Manajemen Keuangan. 

Untuk informasi lengkap tentang kampus ini, Anda dapat mengunjungi situs resminya

  • Kunjungi http://pknstan.ac.id.


2. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

Perguruan tinggi kedinasan yang terletak di kota Bandung ini masih menjadi favorit bagi lulusan SMA. Bagaimana tidak? Lulusan dari kampus ini akan diterima di instansi pemerintah dan menjadi CPNS.

Beberapa program studi di program studi ini adalah Kebijakan Pemerintah, Politik Pemerintah, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemerintah, Manajemen Pembangunan, Kebijakan Pemerintah. 

  • Kunjungi http://sppc.ipdn.ac.id.


3. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

Siapa yang sangat menyukai statistik dan matematika? Yap, selain memenuhi mata kuliah favorit Anda, kuliah di jurusan ini tidak akan memberikan Anda kesempatan untuk menjadi PNS.

Ada dua program studi di kampus ini, yaitu statistika dan statistika komputasi saja. Jadi tinggal pilih yang kamu mau. Jadi biar gak bingung informasi di jurusan ini.

  • Kunjungi http://stis.ac.id


4. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

STIN merupakan salah satu kampus resmi yang paling dibutuhkan di negeri ini. Di kampus ini ada departemen agen intelijen dan analis. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang departemen ini.

  • kunjungi http://stin.ac.id.


5. Sekolah Tinggi Meteorologi dan Geofisika (STMKG)

Suka banget sama meteorologi dan geofisika, melanjutkan kuliah di kampus ini bisa jadi pilihan lho. Kampus ini merupakan sekolah resmi di bawah naungan BMKG guys. Jadi Anda bisa menjadi PNS ketika Anda lulus. Oh ya, Anda bisa mengunjungi website resmi tentang informasi di departemen ini.

  •  kunjungi http://ptb.stmkg.ac.id


6. Badan Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

PTK ini masih berada di bawah naungan kementerian pertahanan, bagian dari sub-badan intelijen negara. SSN sendiri memiliki jenjang studi untuk program Diploma IV. Selain itu, bagi Anda yang lulus PTK ini, Anda bebas dari biaya kuliah dan mendapatkan asrama selama masa studi Anda. Untuk informasi terkait, langsung 

  • kunjungi https://poltekssn.ac.id/


7. Sekolah Kedinasan di bawah Kementerian Perhubungan 

Tak ketinggalan, beberapa kampus resmi yang akan menjadi CPNS adalah kampus-kampus yang berasal dari bawah naungan Kementerian Perhubungan. Beberapa kampus tersebut antara lain:

Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI-STTD) 

Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun 

Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan Tegal 

Politeknik Transportasi Sungai Danau Penyeberangan Palembang 

Politeknik Transportasi Darat (POLTRADA) Bali 

Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta 

Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar 

Politeknik Pelayaran Surabaya 

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang 

Politeknik Pelayaran Sumatera Barat 

Politeknik Pelayaran Banten 

Politeknik Pelayaran Malahayati Aceh 

Politeknik Pelayaran Barombong 

Politeknik Penerbangan Indonesia Curug 

Politeknik Penerbangan Makassar 

Politeknik Penerbangan Medan 

Politeknik Penerbangan Surabaya 

Politeknik Penerbangan Jayapura


8. Sekolah Kedinasan di bawah Kementerian Hukum dan HAM

Selain itu, ada sekolah kedinasan lain di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang akan diterima sebagai CPNS, yaitu Politeknik Ilmu Pemasyarakatan dan Politeknik Imigrasi.


Akhir Kata

Demikian postingan mengenai daftar sekolah kedinasan yang lulusannya bisa menjadi CPNS. Nah, buat anda yang ingin kuliah di kampus-kampus tersebut, yuk langsung saja kunjungi website resminya. Jangan lupa share ke media sosial supaya temen-teman anda mengetahuinya juga ya!