4 Contoh Surat Lamaran Kerja Tahun 2022, Siap Edit Microsoft Word (.docx)


Surat lamaran kerja di tahun 2022 yang baik dan benar adalah syarat yang penting dimiliki oleh para pencari kerja. Saat melamar pekerjaan, dokumen yang paling wajib adalah surat lamaran kerja, fungsinya menjelaskan profil calon pekerja apakah layak bekerja di perusahaan tersebut atau tidak. 

Karena asal usul pekerjaan tidak memperhatikan tata cara penulisan surat lamaran kerja ini (tidak menggunakan bahasa yang benar) juga membuat pihak perusahaan menolak dan tidak berminat memanggil calon tenaga kerja untuk tahap selanjutnya.

Hampir semua dokumen yang diminta dalam surat lamaran kerja adalah penting, namun di antara yang terpenting adalah pencantuman pengalaman kerja Anda yang paling relevan dengan posisi yang Anda inginkan.

Jika Anda masih bingung dalam membuatnya, Anda bisa menggunakan contoh surat lamaran kerja ini sebagai referensi untuk membuat surat lamaran kerja yang paling cocok. Berikut adalah contoh surat lamaran kerja terbaru 2022.


Bagian-Bagian Surat Lamaran Kerja:

Surat lamaran kerja memiliki Format Dasar yang hampir mirip dengan surat surat lainnya antara lain

  • Tanggal Surat: Tanggal surat tentunya juga sangat penting dalam penulisan lamaran kerja karena akan mengetahui surat tersebut kapan dibuat
  • Penerima dan Alamat Surat: Dibawah Tanggal Surat adalah Penerima dan alamat . Untuk penulisan penerima anda harus menggunakan istilah Bapak ataupun Ibu , jika didalam poster menuliskan HRD kamu cukup bisa menggunakan kata HRD. Dan untuk alamat Sebisa mungkin menulis lengkap .
  • Perihal: Perihal adalah maksud dari menulis surat tersebut .dan karena ini adalah lamaran maka kamu bisa menggunakan Lamaran Kerja sebagai perihal
  • Salam pembuka: Untuk tujuan resmi dan formal gunakanlah kata seperti Dengan Hormat
  • Isi Surat: Isi surat berisi tentang mengapa kita membuat surat ini. Kita bisa mengisi surat dengan menjelaskan tentang diri kita sendiri dan posisi apa yang ingin dilamar dan tentunya apa saja lampiran yang ada dalam berkas.
  • Salam Penutup: Setelah mengisi isi surat maka surat harus di tutup dengan salam penutup yang formal
  • Tanda Tangan: Gunakanlah tanda tangan seperti tanda tangan di Kartu Tanda Pengenal dan gunakan tanda tangan yang baik
  • Nama Lengkap: Tuliskan nama lengkap beserta gelar yang anda miliki.

Contoh Surat Lamaran Kerja (Umum).docx

Berikut contoh surat lamaran pekerjaan untuk PT perusahaan dan pekerjaan umum lainnya, yang bisa anda edit kembali di Microsoft Word.

1. Surat Lamaran Kerja PT. Perusahaan (Pal Indonesia)


2. Surat Lamaran Kerja PT. Perusahaan (Nusa Persada)


Contoh Surat Lamaran Perkerjaan (BUMN).docx

Berikut contoh surat lamaran pekerjaan untuk BUMN seperti PLN , KAI , Pertamina , Telkom , Bank BRI dan badan usaha milik negara lainnya, siap edit Microsoft Word.

1. Surat Lamaran Kerja PT. PLN (Persero)


2. Surat Lamaran Kerja PT. Pertamina


Demikian postingan contoh surat lamaran kerja terbaru 2022 yang dapat kalian ketahui! Semoga dengan adanya contoh-contoh surat lamaran kerja tersebut dapat memudahkan dalam pembuatan surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Jika anda menyukainya silahkan share ke media sosial seperti facebook, twitter dan lainnya. Terima kasih sudah berkunjung di blog ini dan berikan pendapatmu mengenai artikel kali ini.