Cara Membuat Bendera Indonesia di Blender (v2.79)

Image: Bendera Indonesia 3D


Assalamualaikum, hai semua kali ini saya membagikan cara membuat objek 3D yaitu berupa bendera Indonesia yang dibuat menggunakan software Blender Engine. Bendera negara indonesia mempunyai warna merah dan putih yang merupakan kebanggaan dan lambang negara kita yang tercinta. 

Meski sangat sederhana, namun banyak pengguna blender pemula yang belum mengetahui cara pembuatannya. Karena itu marilah kita belajar agar menjadi desainer grafis yang handal khususnya dalam menggunakan aplikasi Blender. Nah, bagi yang tertarik dapat menyimak tutorial nya dibawah!


Langkah-Langkah Membuat Bendera Indonesia di Blender:

1. Buka software Blender, pada tutorial ini saya menggunakan versi 2.79

2. Kalian bisa menutup tampilan Splash Screen, tekan dimana saja. Kemudian hapus objek cube dengan menekan keyboard X (delete)

3. Pertama kita akan membuat objeck "Tiang bendera", tambahkan objek Cylinder dengan menekan keyboard Shift + A, pilih Mesh > Cylinder

4. Atur panjang Tiang Bendera, dengan menekan keyboard S + Z kemudian gerakan mouse untuk membuat mengubah tinggi cylinder nya. Kemudian perkecil objek, tekan keyboard S, gerakan mousenya. Sehingga akan tampak seperti gambar berikut!

5. (1.)Tambahkan warna pada objek Tiang Bendera, pada Panel Properties tekan tombol (New) untuk menambahkan material baru. (2.)Rubah namanya menjadi "Tiang" lalu tekan Enter. (3.)Untuk memberi nama rubah bagian Diffuse kemudian pilih warna yang kamu sukai, misalnya Orange atau Coklat.

6. Selanjutnya kita akan membuat Bendera nya, tambahkan objek Plane dengan menekan keyboard Shift + A, pilih Mesh > Plane.

7. Untuk mempermudah view sebuah objek, tekan keyboard Del. Sesuaikan ukuran plane di menu Object, tambahkan value Scale X (1.500).

8. Posisikan objek Bendera dan Tiang seperti gambar berikut, untuk memindahkan objek kalian bisa mengandalkan klik kanan mouse untuk (Seleksi Objek), untuk menggeser objek klik kiri pada arah sumbu (X, Y, Z)  lalu gerakan mouse. Sedangkan untuk merotasi, seleksi objek terlebih dahulu kemudian tekan keyboard R + X/Y/Z tergantung arah yang dituju.


9. Selanjutnya masuk ke Editor Mode, dengan menekan keyboard Tab. pada menu Tools tekan Subdivide beberapa kali untuk menambah vertex pada objek. Semakin banyak vertex-nya maka akan menentukan kehalusan dari detail kain benderanya.

10. Masih di editor mode, hilangkan seleksi objek dengan menekan keyboard A. (1)kemudian rubah seleksi menjadi Edge Select. (2)selanjutnya buat tali dengan cara klik kanan mouse + ALT. (3)lalu klik lambang + pada kolom Vertex Group sehingga muncul group lalu tekan Assign.

11. Masih di editor mode, tambahkan lagi material baru Merah dan Putih. Silahkan rubah seleksinya ke Face Select, kemudian seleksi separuh objek Plane beri warna dengan menekan Assign pada kolom Material.

12. Kembali ke Object Mode, tambahkan Physics > Cloth, pada bagian Mass isi (0.500 - 0.600) centang Pinning Group lalu klik dan centang juga bagian Cloth Collision > Self Collision. Tujuannya untuk memberikan efek seperti baju, pakaian maupun sebuah kain. Silahkan tekan Play Animation untuk melihat hasilnya!

13. Tambahkan efek Shading > Smooth untuk memperhalus permukaan benderanya.


14. Tambahkan efek Angin, supaya objek bendera berkibar. silakan tekan keyboard Shift + A pilih Force Field > Wind. Setelah itu setting objek wind tadi untuk berada disebelah kiri bendera seperti pada gambar dibawah

15. Atur kekuatan angin di strength kira-kira kasih 500-600 saja agar kekuatan angin tidak terlalu kencang (pastikan kursor kalian berada pada objek angin agar bisa di setting)


16. Terakhir berikan latar belakang awan, supaya kondisinya terlihat lebih realistis. Caranya tekan keyboard N, lalu scroll kebawah untuk menemukan kolom Background Image > Add Image. Import gambar berupa format PNG, JPG dan lainnya.

17. Silahkan Play Animation untuk melihat hasilnya.


Video Animasi Bendera Indonesia di Blender (v2.79)


Akhir Kata

Blender merupakan software open source untuk mengolah grafis komputer secara 3D. Blender memang handal digunakan untuk 3D modeling, animasi 3D, dan 3D special effect. Blender adalah solusi bagi mereka yang tidak mampu membeli software-software tersebut secara legal. Kesederhanaan ini membuat Blender tidak memerlukan spesifikasi komputer yang tinggi untuk sekedar menjalankannya.  

Terima kasih sudah membaca tutorial pembuatan model 3D bendera indonesia di software Blender, mohon maaf apabila ada kesalahan kata maupun informasi yang kurang tepat, selebihnya saya hanya mencoba berbagi di internet! Bagaimana apa kalian sudah paham isi dari penjelasan diatas? baiklah semoga update kali ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian semua yang masih belajar software blender ya!

Wassalamualaikum wr. wb.