Cara Membuat Animasi Bumi Berputar di Blender (v2.79)

Gambar: Bumi 3D


Membuat Animasi Bumi Berputar di Blender (v2.79) - Assalamualaikum, pada kesempatan ini saya akan membagikan cara membuat sebuah animasi 3D Planet Bumi berputar di software Blender. Bagi kalian yang mau belajar dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini lengkap dengan gambar nya.

Tutorial berikut akan membahas secara detail khusus untuk teman-teman yang masih pemula atau awam dalam menggunakan aplikasi Blender. Biasanya animasi 3 D bumi berputar ini digunakan sebagai edukasi dan bahan praktek bagi kelas desain grafis.

Tujuannya adalah untuk menciptakan karya ilustrasi Bumi yang kita tinggali dalam bentuk video animasi 3D. Selain membuat objek planet Bumi, nantinya kalian dapat mengembangkan lebih lanjut menjadi animasi Tata Surya sepenuhnya yang berisikan planet-planet di Alam Semesta ini.


A. Membuat Object Bumi atau Globe:

  1. Buka aplikasi Blender
  2. Hapus objek Cube dengan menekan keyboard X (Delete)

  3. Tambahkan objek Sphere  dengan menekan keyboard Shift + A, Mesh →  UV Sphere dan letakkan pada posisi 0,0,0

  4. Mark Seam vertex yang mengelilingi daerah khatulistiwa. Masuk ke dalam Edit Mode dengan menekan keyboard Tab, Buang seluruh select yang ada dengan cara tekan keyboard A.

  5. Selanjutnya ganti seleksi menjadi Edge Select, kemudian tekan keyboard Shift + Alt + Klik Kanan pada Vertex yang mengelilingi khatulistiwa

  6. Klik Mark Seam yang ada pada Mesh Tool dengan menekan keyboard CTRL + E atau pilih Mesh Edges Mark Seam
    Gambar: Select daerah khatulistiwa

  7. Lalu masuk ke Screen Layout → UV Editing yang ada editor Info

  8. Selanjutnya Unwrap (Membuka bungkusan), Select seluruh vertex dari objek bola dengan menekan keyboard A, Lakukan unwrap dengan cara tekan keyboard U. Kemudian klik Unwrap, maka hasil unwrap akan muncul di layar sebelah kiri dua buah kulit ½ bola yang berdekatan

  9. Lakukan select kulit setengah bola pertama dengan cara keyboard Shift + L

  10. Masukan gambar kulit bola dunia (globe) yang sudah tersedia. Klik Image  Open Image atau keyboard ALT + O, file image tersebut dapat berekstensi .jpg atau .bmp. Bagi yang belum punya bisa mengunduhnya disini (Texture Bumi.jpg)
  11. Letakan kulit hasil unwrap sesuai dengan posisi belahan bumi globe. Untuk memindahkan, tekan keyboard G (translate). Lalu tekan tombol panah kiri, kanan, atas dan bawah keyboard (dapat juga menggunakan mouse). Untuk merotasikan, tekan keyboard R (rotate). Lalu tekan tombol panah kiri, kanan, atas dan bawah keyboard (dapat juga menggunakan mouse).Untuk mengubah ukuran, tekan keyboard  S (Scale) lalu tekan X searah sumbu x atau tekan Y searah sumbu Y. Kemudian tombol panah kiri, kanan, atas dan bawah keyboard (dapat juga menggunakan mouse). Atur posisinya seperti gambar dibawah ini!
  12. Selanjutnya lakukan Smooth pada objek Bumi atau Globe nya. Kembali ke Layout : Default yang berada pada editor Info. Klik Shading : Smooth pada Mesh Tool.

  13. Tambahkan Material dengan cara pilih tab Material dan klik New. Kemudian tambahkan juga Texture, Ganti Type: Clouds menjadi Type → Image or Movie. Klik Open. Lalu ambil file gambar globe yang sama yang tersimpan di komputer

  14. Begitu gambar dimasukkan, kemudian set coordinates : UV dan Map : UVMap

  15. Sekarang bola dunia sudah dapat di Render. Lakukan render dengan tekan keyboard F12 untuk melihat hasilnya.

B. Membuat Animasi Rotasi Bumi Berputar:

Setelah berhasil menciptakan objek bumi atau globe dengan texture yang mirip aslinya. Sekarang kita akan memberikan gerakan atau animasi bumi berputar seperti yang ada di Tata Surya sebenarnya.

  1. Pertama, ubah Screen Layout: Default → Animation
  2. Ubah tampilan Viewport dari Solid → Texture, sehingga akan tampak seperti berikut!

  3. Perhatikan editor Timeline, Set Frame terakhir menjadi 120. End Frame = 120

  4. Pastikan objek bumi berada pada Frame 1 Atau lihat nilai Start Frame = 1. Kemudian seleksi objek bumi, tekan keyboard I lalu pilih LocRotScale untuk menambahkan Keyframe.
  5. Selanjutnya kita beralih ke End Frame 120, dengan menekan klik kiri mouse pada Timeline. Lalu Rotasi objek bumi 180 derajat, tekan keyboard R + Z + angka 180. Kemudian tekan lagi keyboard I lalu pilih LocRotScale untuk menambahkan Keyframe terakhir.
  6. Terakhir lihat hasilnya dengan menekan tombol Play Animation.

C. Membuat Video Animasi 3D (Rendering Animation)

Bagian ini merupakan akhir dalam pembuatan karya ilustrasi di aplikasi Blender, yang mana kalian akan diajarkan pembuatan video animasi 3D berupa format video AVI JPEG, AVI Raw, FFmpeg_video yang nantinya dapat kalian eksport lagi ke MP4 dan format file lainnya.

  1. Buka menu Editor Windows → Render

  2. Pada menu Output atur lokasi penyimpanan videonya di komputer anda, ganti format file menjadi AVI JPEG. Pada menu Dimensions kalian bisa mengatur Resolusi video dan Kualitas video. Serta setting lainnya pada menu Render Blender (2.79) tersebut.

  3. Jika sudah, lakukan rendering animation dengan cara menekan keyboard CTRL + F12 atau membuka menu Render → Animation.
  4. Tunggu proses rendering berlangsung, biasanya membutuhkan waktu beberapa menit bahkan sampai hitungan jam, tergantung spesifikasi komputer dan besaran model 3D yang kita buat. Kurang lebih hasil video nya seperti berikut! Selesai

Video Animasi Bumi Berputar 3D


Kesimpulan

Pada dasarnya Blender merupakan salah satu software animasi 3D gratis untuk semua pengguna. Bahkan meski tersedia gratis, Blender menyediakan beragam bentuk layanan serta fitur untuk mempermudah pengguna dalam membuat animasi.

Selain gratis, Blender ini juga bersifat open source. Dalam artian, pengguna dapat dengan bebas memodifikasi software sesuai kebutuhan yang diinginkannya. Baik untuk keperluan pribadi maupun komersial, asalkan sesuai dengan ketentuan GNU (General Public License) yang ditetapkan Blender.

Demikian postingan tutorial pembuatan animasi bumi berputar di blender (v2.79) yang bisa kalian pelajari. Semoga apa yang saya sampaikan bermanfaat dan berguna bagi kalian semua kedepannya. Terima kasih sudah berkunjung, jangan lupa share ke media sosial kalau kalian menyukainya!

Waalaikumsalam wr. wb