Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Cek Lokasi Vaksin COVID-19 Terdekat di Aplikasi PeduliLindungi

 


Ilmuinternet.com - Program Pemerintah terkait Vaksin ke-ketiga yaitu Booster telah hadir dan diumumkan kepada pengguna melalui aplikasi PeduliLindungi. Jadwal vaksinasi tersebut mulai tanggal 03 Februari 2022 (3 bulan dari vaksinasi dosis ke-dua) untuk itu silahkan datangi fasilitas kesehatan atau penyedia vaksin booster terdekat.

Bagi yang belum mengetahui lokasi vaksin Booster terdekat sesuai daerah masing-masing dapat mengetahuinya lewat aplikasi PeduliLindungi. Untuk itu, pada postingan ini akan menjelaskan langkah-langkah menemukan lokasi vaksinasi yang tersedia didekat tempat tinggal sekarang.


Apa Itu Vaksin Covid-19?

Vaksinasi Covid-19 adalah salah satu upaya pemerintah Indonesia dalam menangani masalah Covid-19. Vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity) agar masyarakat menjadi lebih produktif dalam menjalankan aktivitas kesehariannya.


Apa Itu Vaksin Booster?

Vaksinasi dosis 3 atau booster COVID-19 adalah vaksinasi dengan jenis vaksin yang sama (homolog) ataupun beda (heterolog) dengan vaksinasi primer dosis 1 dan 2. Vaksinasi booster dibutuhkan untuk mempertahankan tingkat kekebalan dan memperpanjang masa perlindungan dari vaksinasi primer.


Langkah-Langkah Cek Lokasi Vaksinasi Covid-19 Terdekat di PeduliLindungi:

1. Silahkan unduh dan install aplikasi PeduliLindungi di Google Playstore.
2. Kemudian Login menggunakan akun pengguna yang sudah terdaftar.
3. Setelah memasuki aplikasi buka menu Vaksin COVID-19.



4. Pilih Lokasi Vaksin.


5. Selanjutnya tentukan Provinsi > Kabupaten/Kota > Jenis Vaksin yang dicari misalnya "AstraZeneca, Covovax - Novavax, Johnson & Johnson, Moderna, Pfizer, Sinopharm, Sinovac". 

Lalu tekan Cari Lokasi.



6. Kurang lebih hasilnya seperti gambar berikut.

Keterangan: Hasil penelusuran lokasi vaksin covid-19 Jawa Tengah, Kabupaten, Karanganyar.

  • Puskesmas Jatiyoso Dalam Gedung
  • Puskesmas Tawangmangu Dalam Gedung
  • Puskesmas Karanganyar Dalam Gedung


Akhir Kata

Jenis Vaksin akan tampil sesuai ketersediaan 2 minggu terakhir. Silahkan hubungi faskes terdekat untuk memastikan ketersediaan vaksin primer dan booster. Jenis vaksin tersebut akan diberikan sesuai ketersediaan dan riwayat vaksinasi primer.

Agar mendapatkan hasil lokasi vaksinasi booster terdekat yang lebih akurat, jangan lupa untuk mengaktifkan fitur Lokasi Google Map pada smartphone yang digunakan. Biasanya terletak pada pengaturan perangkat ponsel pintar masing-masing.

Demikian ulasan tentang cara cek lokasi vaksin COVID-19 terdekat melalui aplikasi PeduliLindungi yang bisa dipelajari. Semoga bermanfaat dan memudahkan dalam penggunaan aplikasi tersebut khususnya bagi yang membutuhkan informasinya.


Budi Santoso
Budi Santoso Penulis dan desainer grafis, yang menyajikan konten-konten unik, kreatif dan inspiratif. Kutipan: Pengetahuan yang baik senantiasa mengajarkanmu untuk lebih dekat pada Allah S.W.T

Posting Komentar untuk "Cara Cek Lokasi Vaksin COVID-19 Terdekat di Aplikasi PeduliLindungi"