Bacaan Niat Shalat Sunnah Awwabin dan Keutamaan Ibadahnya

 


Shalat Awwabin adalah shalat sunnah yang dikerjakan antara maghrib dan isya bagi umat muslim. Adapun jumlah rakaatnya paling sedikit dua rakaat, dan boleh dikerjakan sampai 6 rakaat atau 20 rakaat.


Bacaan Niat Shalat

أُصَلِّيْ سُنَّةَ حِفْظِ الْاِ يْمَانِ مَعَ الْأَوَّا بِيْنَ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ لِلَّهِ تَعَالَى
Ushalli sunnata hifdzil iimani ma'al awwabiina rak'ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta'ala.

Artinya: “Saya niat shalat sunnah memelihara iman dan awwabin dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Ta’ala”.


Bacaan Doa Setelah Shalat

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَوْدِعُكَ إِيْمَانِيْ فِيْ حَيَاتِيْ وَعِنْدَ مَمَاتِيْ وَبَعْدَ مَمَاتِيْ فَاحْفَظْ عَلَيَّ إنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ
Allahumma inni astaudi 'uka imaani fii hayaati wa'inda mamaa tii wa ba'da mamaa tii fahfadh 'alaiyya innaka 'alaa kulli syai'in qodiirun.

Artinya: “Ya Allah, aku titipkan kepada-Mu imanku di dalam hidupku, dan ketika matiku, dan setelah matiku, maka jagalah dia untukku. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”.


Keutamaan Sholat Awwabin?

A. Sarana Bertobat Agar Dosa-Dosa Diampuni Allah

Sulaiman Al-Jamal, Hasyiyatul Jamal, Beirut, Daru Fikr, juz, 609 menulis, “Dinamai shalat Awwabin sebab orang yang menjalankannya itu kembali kepada Allah dan bertobat dari kesalahan yang ia lakukan pada siang hari. Karenanya, ketika ia melakukannya berulang-ulang, maka hal itu merupakan penanda kembalinya ia (bertobat) kepada Allah ta’ala meskipun itu tidak disadarinya.”

B. Sebagai Pengingat Karena Manusia Sering Lalai

Shalat Awwabin juga disebut “shalat ghaflah” (shalat lalai). Menurut keterangan di kitab Al-Iqna`, disebut demikian karena umumnya orang cenderung lalai pada saat antara Maghrib dan Isya karena disibukkan dengan aktivitas lain seperti makan malam, tidur, dan lain sebagainya. Sehingga dengan mengerjakan shalat sunnah ini, bisa dimaknai sebagai pengingat dari berbagai macam kesibukan.

C. Setara dengan Beribadah 12 Tahun

Dalam sebuah riwayat dijelaskan bahwa orang yang menjalankan shalat Awwabin enam rakaat akan mendapatkan pahala setara ibadah dua belas tahun.

مَنْ صَلَّى سِتَّ رَكَعَاتٍ بَيْنَ الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ كَتَبَ اللهُ لَهُ عِبَادَةَ اثْنَتَيْ عَشَرَةَ سَنَةً

Artinya, “Barang siapa yang melaksanakan shalat Awwabin enam rakaat maka Allah catat baginya pahala ibadah dua belas tahun,” (HR Tirmidzi).


Penutup

Demikian postingan terkait bacaan niat shalat dan keutamaan sholat sunnah Awwabin. Semoga kita dapat memperoleh hikmah dan berkahnya dengan melaksanakannya. Aamiin.