Apa Saja Komponen Di Dalam Komputer?

 


Komponen-komponen dalam komputer ini membentuk apa yang disebut perangkat keras, dan bertanggung jawab untuk memproses semua instruksi yang diberikan oleh perangkat lunak yang digunakan untuk memuat komputer.


1. Unit atau kabinet sistem

Unit sistem atau kabinet adalah inti dari sistem komputer. Biasanya, ini adalah kotak persegi panjang. Di dalam kotak ini banyak komponen elektronik yang memproses informasi. Yang terpenting dari komponen tersebut adalah CPU (Central Processing Unit), atau mikroprosesor, yang berfungsi sebagai “otak” komputer.

Komponen lainnya adalah RAM (random access memory), yang menyimpan sementara informasi yang digunakan oleh CPU saat komputer sedang digunakan. Informasi yang disimpan dalam memori RAM akan terhapus saat komputer dimatikan.

Hampir semua komponen komputer lainnya dihubungkan dengan kabel ke unit sistem. Kabel dihubungkan ke input (port) tertentu, yang biasanya terletak di bagian belakang unit sistem. Perangkat keras yang bukan merupakan bagian dari unit sistem kadang-kadang disebut perangkat eksternal atau periferal.

2. Penyimpanan

Komputer memiliki satu atau lebih drive disk (perangkat yang menyimpan informasi pada disk logam atau plastik). Disk menyimpan informasi bahkan ketika komputer dimatikan.

3. Satuan harddisk

Hard drive komputer menyimpan informasi pada hard drive, disk, atau tumpukan hard drive dengan permukaan magnetis. Karena hard drive dapat menyimpan informasi dalam jumlah besar, hard drive biasanya berfungsi sebagai media penyimpanan utama komputer, menyimpan hampir semua program dan file. Hard drive biasanya terletak di dalam unit sistem.

4. Drive CD, DVD, dan Blu-Ray

Hampir semua komputer saat ini dilengkapi dengan drive CD atau DVD. Biasanya terletak di depan unit sistem, drive optik menggunakan laser untuk membaca dan menulis data dari CD, DVD, atau Blu-Ray. Jika Anda memiliki drive disk yang dapat ditulis, Anda dapat menyimpan salinan file Anda pada media optik kosong. Anda juga dapat menggunakan drive CD untuk memutar CD musik di komputer Anda.

Drive DVD dapat melakukan semua yang dilakukan drive CD, dan di atas semua itu, mereka dapat membaca DVD. Jika Anda memiliki drive DVD, Anda dapat menonton film di komputer Anda. Saat ini semua drive DVD dapat menulis data ke DVD kosong.

Jika Anda memiliki drive pembakar CD atau DVD, cadangkan file penting secara teratur ke CD atau DVD. Dengan begitu, jika hard drive Anda crash atau crash, Anda tidak akan kehilangan data apapun.

Adapun drive Blu-Ray, ini lebih modern dan karena itu tidak tersebar luas di pasaran, tetapi mereka dapat menyimpan hingga 50 Gb data pada disk dua lapis.

5. Mouse

Mouse adalah perangkat kecil yang digunakan untuk mengarahkan dan memilih item. Meskipun tikus datang dalam berbagai bentuk, tikus yang khas terlihat seperti tikus, sesuai dengan namanya. Itu kecil, bulat, dan terhubung ke unit sistem dengan kabel. Beberapa mouse yang lebih baru adalah nirkabel.

Biasanya, mouse memiliki dua tombol: tombol utama (biasanya tombol kiri) dan tombol sekunder. Banyak mouse juga memiliki roda di antara dua tombol, memungkinkan pengguliran yang mudah.

Saat mouse digerakkan dengan tangan, penunjuk yang ada di monitor bergerak ke arah yang sama. (Aspek penunjuk dapat berubah, tergantung pada posisi di monitor) Ketika Anda ingin memilih item, Anda hanya perlu mengarahkan ke item dan klik (tekan dan lepaskan) tombol utama. Menunjuk dan mengklik dengan mouse adalah cara utama berinteraksi dengan komputer.

6. Keyboard / Papan ketik

Keyboard terutama digunakan untuk menulis teks di komputer. Seperti keyboard mesin tik, keyboard komputer memiliki tombol huruf dan angka, tetapi juga memiliki tombol khusus:

Tombol fungsi, yang terletak di baris atas, melakukan fungsi yang berbeda tergantung pada mode penggunaannya.

Papan angka, yang terletak di sisi kanan sebagian besar keyboard, memungkinkan Anda memasukkan angka dengan cepat.

Tombol navigasi, seperti tombol panah, memungkinkan Anda mengubah posisi di dokumen atau halaman web.

Perhatikan bahwa Anda juga dapat menggunakan keyboard untuk melakukan banyak fungsi yang sama yang dapat dilakukan dengan mouse.

7. Layar Monitor

Monitor menyajikan informasi secara visual, menggunakan teks dan grafik. Bagian monitor yang menyajikan informasi disebut layar. Sama seperti layar televisi, layar komputer dapat menampilkan gambar diam atau bergerak.

Ada dua tipe dasar monitor: monitor CRT (Cathode Ray Tube, sekarang hampir usang) dan monitor LCD (Liquid Crystal Display). Kedua jenis ini menghasilkan gambar yang tajam, tetapi monitor LCD memiliki keunggulan karena jauh lebih tipis dan lebih ringan.

8. Mesin cetak / Printer

Printer mentransfer data dari komputer ke kertas. Anda tidak harus memiliki printer untuk menggunakan komputer Anda, tetapi jika Anda memilikinya, Anda dapat mencetak email, kartu, undangan, pengumuman, dan materi lainnya. Banyak orang juga memanfaatkan bisa mencetak foto di rumah.

Dua jenis utama pencetakan adalah printer inkjet dan printer laser. Printer inkjet adalah printer yang paling banyak digunakan. Printer ini memungkinkan Anda untuk mencetak dalam hitam putih atau berwarna dan dapat mencetak foto berkualitas tinggi, menggunakan kertas foto khusus. Printer laser lebih cepat dan lebih tahan terhadap penggunaan yang lebih intensif.

9. Speaker

Speaker digunakan untuk memutar suara. Speaker dapat dibangun ke dalam unit sistem atau dihubungkan dengan kabel. Speaker memungkinkan Anda untuk mendengarkan musik dan efek suara yang dihasilkan oleh komputer.

10. Modem

Untuk menghubungkan komputer Anda ke Internet, Anda memerlukan modem. Modem adalah perangkat yang mengirim dan menerima informasi melalui saluran telepon atau kabel berkecepatan tinggi. Modem terkadang dibangun ke dalam unit sistem, tetapi mereka bukan yang tercepat. Saat ini, perangkat jenis ini tidak lagi digunakan, digantikan oleh ADSL eksternal modern atau modem kabel, yang juga menggabungkan fitur Router.