Apa Itu Hardware dan Contoh Komponen Di Dalamnya?


Hardware atau disebut Perangkat keras adalah semua komponen dan perangkat fisik dan berwujud yang membentuk komputer seperti CPU atau motherboard. Dalam komputasi itu mengacu pada semua bagian yang dapat Anda sentuh di komputer, baik bagian internal maupun eksternal. Contoh: Layar, Casing atau Tower, Keyboard, Mouse, CPU, Memori RAM, Hard Drive, Motherboard, Power Supply, drive DVD.

Hadware / Perangkat Keras

Komponen dan perangkat perangkat keras dibagi menjadi Perangkat Keras Dasar dan Perangkat Keras Pelengkap.

  • Perangkat Keras Dasar: mereka adalah bagian mendasar dan esensial bagi komputer untuk bekerja, seperti: Motherboard, monitor, keyboard, dan mouse.
  • Perangkat Keras Pelengkap: adalah semua perangkat tambahan yang tidak penting seperti: printer, pemindai, kamera video digital, webcam, dll.


Contoh Komponen-Komponen Hardware / Perangkat Keras Dalam Komputer:

1. Motherboard

Komponen perangkat keras yang paling penting dari komputer dan penting untuk operasinya ditemukan di Motherboard (juga dikenal sebagai Motherboard), yang merupakan papan sirkuit tercetak yang menampung Central Processing Unit (CPU) atau mikroprosesor, Chipset ( sirkuit terintegrasi tambahan), Memori RAM, BIOS atau Flash-ROM, dll, selain berkomunikasi satu sama lain.

2. Grup Perangkat Keras

Berdasarkan fungsinya, komponen perangkat keras dan perangkat dibagi menjadi beberapa kelompok dan dalam urutan sebagai berikut:

3. Perangkat masukan

Perangkat Input adalah perangkat yang melaluinya data eksternal dikirim ke unit pemrosesan pusat, seperti keyboard, mouse, pemindai, atau mikrofon, antara lain.

4. Chipset (Sirkuit Terintegrasi Bantu)

Chipset atau Auxiliary Integrated Circuit adalah tulang punggung komputer, terintegrasi ke dalam motherboard, memungkinkannya berfungsi sebagai poros sistem, memungkinkan lalu lintas informasi antara mikroprosesor (CPU) dan komponen lainnya dari motherboard, menghubungkannya melalui berbagai bus yaitu: Northbridge (Jembatan Utara) dan Southbridge (Jembatan Selatan).

Northbridge atau North Bridge adalah sirkuit terpadu yang bertindak sebagai jembatan penghubung antara mikroprosesor dan memori selain kartu grafis atau video AGP atau PCI-Express, serta komunikasi dengan South Bridge.

Southbridge atau South Bridge (juga dikenal sebagai Input/Output Controller Hub), adalah sirkuit terintegrasi yang mengoordinasikan perangkat input dan output di dalam motherboard, serta beberapa fungsi kecepatan rendah lainnya. South Bridge berkomunikasi dengan CPU melalui North Bridge.

5. Unit Pemrosesan Pusat (CPU)

CPU (Central Processing Unit atau Central Processing Unit) dapat terdiri dari satu atau beberapa mikroprosesor sirkuit terpadu yang bertanggung jawab untuk menafsirkan dan mengeksekusi instruksi, dan mengelola, mengoordinasikan, dan memproses data, yang pada akhirnya adalah otak dari sistem komputer. komputer. Selain itu, kecepatan komputer tergantung pada kecepatan CPU atau mikroprosesor, yang diukur dalam Mhz (unit pengukuran kecepatan pemrosesan). Ini dibagi menjadi beberapa register:

6. Unit kontrol

Unit Kontrol bertugas mengontrol agar instruksi dieksekusi, mencarinya di memori utama, mendekodekannya (menafsirkannya) dan nantinya akan dieksekusi di unit pemrosesan.

7. Satuan Aritmatika-Logika

Unit Aritmatika-Logis adalah unit pemrosesan tempat eksekusi instruksi dengan operasi aritmatika dan logika dilakukan.

8. Unit penyimpanan

Storage Unit atau Memori menyimpan semua data yang diproses di komputer dan dibagi menjadi Memori Utama dan Memori Sekunder atau Auxiliary.

9. Memori Utama atau Primer (RAM – ROM)

Di dalam Memori Utama atau Primer komputer terdapat memori RAM, ROM dan CACHE.

RAM (Random Access Memory atau Random Access Memory) adalah sirkuit atau chip terintegrasi yang menyimpan program, data, dan hasil yang dieksekusi oleh komputer dan untuk sementara, karena isinya hilang ketika dimatikan. Ini disebut akses acak – atau akses langsung – karena lokasi memori mana pun dapat diakses tanpa urutan apa pun. Memori RAM dapat dibaca dan ditulis sehingga isinya dapat dimodifikasi.

ROM (Read Only Memory) direkam pada chip dengan serangkaian program oleh pabrikan perangkat keras dan bersifat read-only, sehingga tidak dapat dimodifikasi – setidaknya tidak terlalu cepat atau mudah – dan juga tidak diubah oleh pemadaman listrik. Dalam memori ini, nilai-nilai yang sesuai dengan rutinitas boot atau startup sistem dan konfigurasinya disimpan.

Memori Cache atau RAM Cache adalah memori tambahan berkecepatan tinggi, yang tidak lebih dari salinan akses cepat dari memori utama yang disimpan dalam modul RAM.

10. Memori Sekunder (Hard Drive, Floppy Drive, dll.)

Memori Sekunder (juga disebut Penyimpanan Periferal) terdiri dari semua perangkat yang mampu menyimpan data dalam perangkat yang dapat bersifat internal, seperti hard drive, atau yang dapat dilepas, seperti floppy disk, CD, DVD, dll.

11. Perangkat keluaran

Perangkat Output adalah perangkat yang menerima data yang diproses oleh komputer dan memungkinkannya untuk dieksternalisasi melalui periferal seperti monitor, printer, pemindai, plotter, speaker, dll.

Perangkat Input/Output (Periferal Campuran): Ada perangkat yang bersifat input dan output seperti periferal penyimpanan, CD, DVD, serta modem, faks, USB, atau kartu jaringan yang disebutkan di atas.