Apa Itu Garis (Line) Pada Desain Grafis?

 


Garis atau disebut (line) merupakan rangkaian yang tersusun dari titik-titik yang menyambung dengan kerapatan tertentu. Garis memiliki sifat dan memiliki arah tertentu. Walaupun memiliki unsur ketebalan, namun sifat yang paling menonjol adalah dimensi panjangnya, sehingga sering disebut sebagai unsur satu dimensi. Garis juga bisa dimaknai sebagai batas limit dari suatu bidang dan warna. Terbentuknya garis merupakan gerakan dari suatu titik yang membedakan jejaknya sehingga terbentuk suatu goresan. Untuk menimbulkan bekas, biasa mempergunakan pensil, pena, kuas bahkan dengan gerakan tangan kosong pun bisa dimaknai sebagai garis.

Dari bentuknya garis sangat bervariasi, ada garis lurus yang bersifat formal, garis lengkung untuk kesan santai dan lembut, dan garis patah (zig zag) yang terkesan kaku, garis tebal dan garis tipis. Garis bisa membawa karakter yang elastis, kaku, dan tergantung pada media, teknik, dan tempat membuatnya. Kalian dapat membuat berbagai kreasi garis untuk menambah nilai artistik pada karya desain. Pada penyusunan tata letak garis juga sering digunakan untuk fungsi-fungsi tertentu, dari pembatas kolom, sebagai margin, untuk variasi atau sekedar pengisi bidang kosong.

Penggunaan garis dalam susunan tata letak sangat vital, penggunaan garis sering dipakai pada awal proses pembentukan suatu karya desain, yaitu Sketsa. Sehingga pengolahan garis yang maksimal juga dapat menciptakan dan mendukung nilai artistik dalam menyusun tata letak.


Garis dapat dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Garis Alamiah, yaitu garis cakrawala alam yang dapat dilihat sebagai batas antara permukaan laut dan langit. (Gambar 1.3a)

2. Garis Buatan, terdiri dari:

  • Garis yang sengaja dibuat, contohnya garis hitam pada gambar ilustrasi untuk menciptakan bentuk dan figure. (Gambar 1.3b)
  • Garis yang tidak sengaja dibuat, timbul karena tercipta dari dua bidang dengan warna yang berbeda. (Gambar 1.3c)
    Gambar Ilustrasi

Di dalam teori tata letak garis memiliki fungsi:

  1. Sebagai pembatas tepi bidang atau objek untuk memberikan representasi atau citra struktur, bentuk dan bidang.
  2. Menciptakan nilai ekspresi seperti nilai gerak atau dinamika (movement), nilai irama (rhythm), dan nilai arah (direction).
  3. Memberikan kesan pada visual desain, misal: tegas, luwes, dinamis, dll.


Sifat/karakter garis Pada Desain Grafis?

Sifat/karakter garis dalam hubungannya sebagai element tata letak, garis memiliki kemampuan untuk membangkitkan suasana atau menciptakan suatu kesan tertentu. Sehingga segala rasa yang muncul dalam proses mendesain dapat dimanifestasikan kedalam bentuk-bentuk garis yang berbeda. Beberapa jenis garis beserta kesan yang ditimbulkannya diantaranya seperti berikut ini:

  1. Garis lurus vertikal berkesan stabil/statis, tenang, kekuatan atau kemegahan
  2. Garis horizontal dapat mengungkap kesan tenang, wawasan luas
  3. Garis putus-putus dapat mengungkapkan kesan gerak dan gelisah
  4. Garis silang atau diagonal yang dapat mengungkapkan kesan gerak, ringan, dinamis, tegang, dan ragu
  5. Garis lengkung yang dapat mengungkapkan kesan luwes, lamban, irama, dan santai dan kehidupan
  6. Garis zig zag berkesan gairah, semangat, dinamika atau gerak cepat
  7. Garis spiral memberikan kesan kelahiran atau gelombang kekuatan


Cara Membuat Garis Pada Desain Grafis?

Untuk membuat garis kalian bisa memakai sofware Adobe Ilustrator menggunakan line segmen tool atau tekan \ pada keyboard. Sedangkan ketebalan garis dapat diatur menggunakan kotak dialog stroke di sebelah kanan.

Sedangkan untuk membuat garis pada CorelDraw dengan menggunakan freehand tool atau f5, sedangkan untuk mengatur ketebalan garis dapat menggunakan outline pen atau dengan menekan f12. Apabila ingin mengatur garis menjadi lengkung, lancip maupun lurus dapat menggunakan shape tool atau menekan keyboard (f10).


Penutup

Demikian postingan tentang pengertian garis (line) pada desain grafis yang dapat kalian ketahui! Semoga apa yang disampaikan diatas bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian tentang informasi seputar desain grafis. Selamat belajar dan terima kasih telah berkunjung di blog ini!