5 Tempat Wisata Alam Populer di Kota Solo Jawa Tengah!

 

image: lazuva.com


Ilmuinternet.com - Kota Solo mempunyai banyak tujuan wisata alam menarik yang tidak boleh dilewatkan. Bagi yang hendak berpergian ke Solo, yuk, simak beberapa tempat wisata alam terpopuler dan instagramble di kota Solo berikut ini!

Seperti slogan kotanya “Spirit of Java”, Solo merupakan salah satu kota di Indonesia dengan budaya tradisional yang masih kental di kehidupan masyarakatnya. Mulai dari tradisi upacara kuno, batik khas Solo, hingga kereta uap yang legendaris bisa kamu temukan di Solo.

Tidak sedikit juga wisatawan yang mengunjungi Solo untuk menikmati aneka kuliner khasnya yang nikmat. Bukan hanya populer di kalangan wisatawan lokal, Solo juga menjadi tujuan wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Penasaran apa saja tempat wisata alam di Solo yang wajib dikunjungi? Berikut informasinya


1. Candi Cetho

image: candi cetho


Candi Cetho adalah candi yang dibangun sejak masa Kerajaan Hindu terdahulu. Tempat wisata di Solo ini awet terjaga dan masih digunakan sebagai rumah ibadah umat hindu di sekitarnya.

Lokasinya yang terletak di Lereng Gunung Sewu, membuat Candi Cetho ini dikenal sebagai salah satu candi tertinggi di Indonesia. Tidak heran jika banyak yang mengunjungi candi ini karena pemandangan pegunungannya yang indah dan suasananya yang asri.

  • Alamat: Ceto, RT.01/RW.03, Cetho, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
  • Harga tiket masuk: Rp7.500 - Rp10.000


2. Candi Sukuh

image: brobali.com


Selain Candi Cetho, wisata candi lain yang bisa kamu kunjungi di Solo adalah Candi Sukuh. Daya tarik dari Candi Sukuh terletak dari bentuknya yang trapesium menyerupai bangunan kuil bangsa Maya “El Castillo” di Chichen Itza, Meksiko.

Candi Sukuh juga terkenal dengan corak candinya yang unik dengan relief bernuansa erotis. Hal inilah yang membuat candi ini dipercaya memiliki beberapa mitos yang berkaitan dengan hubungan dan seksualitas.

  • Alamat: Tambak, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
  • Harga tiket masuk: Rp10.000 - Rp25.000.


3. Grojogan Sewu

image: mytrip123.com


Solo juga memiliki sederet tempat wisata alam yang tidak kalah memesona dan menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Grojogan Sewu.

Grojogan Sewu merupakan air terjun tertinggi di Solo dengan ketinggian mencapai 80 meter. Berada di lereng Gunung Lawu, untuk bisa mencapai lokasi air terjun ini, pengunjung harus melewati sekitar 1.000 anak tangga terlebih dahulu.

Namun, tenang saja, selama di perjalanan kamu akan ditemani oleh pemandangan pepohonan yang asri dan sejuk. Ditambah lagi, panorama Grojogan Sewu yang menakjubkan pasti akan membuat rasa lelah itu terbayarkan.

Selama berada di air terjun ini, pengunjung dapat melakukan aktivitas, seperti mini raftingflying fox, berenang, hingga piknik sambil foto-foto dengan pemandangan yang tentunya instagramable dan cantik.

  • Alamat: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
  • Harga tiket masuk: mulai dari Rp22.000 - Rp175.000


4. Lembah Hijau Jaten

image: phinemo.com


Lembah Hijau Jaten adalah destinasi agrowisata yang seru untuk coba dikunjungi saat berlibur ke Daerah Jaten, Karanganyar. Tempat wisata di Solo ini bisa jadi solusi untuk yang ingin menikmati suasana alam persawahan asri sambil belajar bercocok tanam.

Mulai dari belajar menanam berbagai tanaman, mengolah pupuk, melihat dan merawat hewan ternak, hingga menikmati sederet makanan khas Solo yang dibuat menggunakan sayur organik bisa kamu dapatkan semua di Lembah Hijau Jaten.

  • Alamat: Joho Lor, Triyagan, Kec. Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah
  • Harga tiket masuk: Rp10.000


5. Air Terjun Jumog

image: Air Terjun Jumog


Wisata alam lainnya yang menarik untuk didatangi bersama teman dan keluarga saat berada di Solo adalah Air Terjun Jumog. Air terjun setinggi 30 meter ini terkenal dengan pemandangannya yang hijau dan udaranya yang sejuk.

Pengunjung wajib banget, nih, untuk bawa kamera karena tersedia banyak spot foto yang instagramable yang harus diabadikan. Contohnya, seperti jembatan kayu cantik yang terletak persis di depan air terjun. 

Selain hunting foto, kamu juga bisa menikmati kolam renang anak-anak hingga rumah makan di sekitar air terjun.

  • Alamat: Jl. Berjo, Gandu, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah
  • Harga tiket: Rp10.000


Penutup

Itulah rekomendasi wisata alam instagramable dan populer di kota solo jawa tengah yang bisa dikunjungi ketika mampir di solo. Semoga bermanfaat dan menjadi refrensi bagi yang mencari destinasi wisata alam terpopuler di kota soloraya.

Mohon maaf apabila ada penyampaian kata dan informasi yang kurat tepat, selebihnya penulis hanya berbagi dan kebetulan adminnya juga berasal dari kota solo, tepatnya daerah karanganyar jawa tengah. Sekian dan terima kasih sudah berkunjung!