Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

5 Software Desain Rumah 3D Gratis Terbaik Untuk Windows

image: software desain rumah 3d untuk windows

Hai sobat desain, apakah anda ingin membuat denah rumah? Berikut adalah daftar software denah rumah 3D gratis terbaik di Windows. Dengan menggunakan freeware ini, Anda dapat membuat denah lantai 2D serta denah lantai 3D. Perangkat lunak ini menyediakan bidang 2D dan 3D agar Anda dapat membuat denah lantai yang diinginkan untuk rumah Anda. Ini pada dasarnya adalah perangkat lunak desain rumah yang memungkinkan Anda merencanakan rumah impian dan interiornya. Anda dapat memeriksa daftar perangkat lunak desain rumah ini dari tautan ini.

Software berikut menyediakan alat bantu bangunan seperti dinding, jendela, pintu, lantai, plafon, atap, tangga, railing, blok, dll. Anda harus memilih area terlebih dahulu lalu membangun dinding, menambahkan pembagian ruangan, atap dan lain-lain. Anda dapat menggambar dimensi pada denah dan menambahkan label teks khusus untuk denah lantai yang elaboratif. Dalam mode 3D, Anda dapat dengan mudah menavigasi denah lantai yang dibuat menggunakan opsi seperti penelusuran, terbang, perspektif, melihat-lihat, dll. Anda dapat mengekspor tampilan 3D akhir denah lantai sebagai gambar.

Berikut 5 Rekomendasi Software Desain Rumah 3D Gratis Terbaik di Windows Untuk Anda!

1. Live Home 3D

Live Home 3D adalah software desain rumah 3D untuk Windows 10. Dengan menggunakannya, Anda dapat membuat denah lantai 3D. Ini menyediakan Galeri desain rumah yang indah. Anda dapat menggunakan salah satu template Apartemen & Cottage yang dimuat sebelumnya dan mengeditnya untuk membuat denah lantai yang disesuaikan. Atau yang lain, Anda juga bisa memulai dari awal. Ini memungkinkan Anda menggambar denah lantai dalam bidang 2D dan melihatnya dalam tampilan 3D.

Cara membuat denah rumah 3D di software Live Home 3D:

  • Dari antarmuka utamanya, Anda dapat menggambar denah lantai dalam bidang 2D. Anda dapat menggunakan alat bangunan untuk membuat lantai persegi panjang, lantai poligon, langit-langit poligon, langit-langit persegi panjang, dinding lurus, dinding busur, ruangan, dll. Anda juga dapat menggambar garis dimensi pada denah, menambahkan label ke denah, dll.
  • Jika mau, Anda dapat menambahkan banyak objek interior dan eksterior ke denah rumah seperti pintu, gerbang, pagar, tangga, bangku, carport, petak bunga, dll.
  • Dari tab Inspector, Anda dapat memodifikasi material objek, menyiapkan bangunan dan pengaturan cerita, menyesuaikan properti kamera, dll.
  • Anda kemudian dapat melihat denah lantai 3D dengan menggunakan opsi tampilan 3D. Di sini, Anda mendapatkan berbagai opsi navigasi termasuk mode penelusuran, mode terbang, mode lihat-lihat, dan pertimbangkan mode tabrakan.
  • Ini memungkinkan Anda mengekspor tampilan 3D sebagai gambar PNG, JPEG, TIFF, atau BMP. Tapi, outputnya mengandung tanda air.
Catatan: Versi gratis dari aplikasi ini berisi banyak batasan fitur yang dapat Anda hapus dengan membeli versi yang ditingkatkan.

Link Download


2. Sweet Home 3D

Sweet Home 3D adalah perangkat lunak open source gratis untuk membuat desain rumah. Di dalamnya, Anda dapat membuat denah lantai dan melihatnya dalam 3D secara bersamaan. Tidak hanya denah lantai, Anda dapat melakukan lebih banyak hal dalam perangkat lunak ini, seperti membuat lemari, mendesain interior rumah, mendesain tangga, dll. Ini menyediakan beberapa desain rumah demo yang dapat Anda gunakan dalam proyek Anda dan sesuaikan.

Cara membuat denah lantai 3D di Sweet Home 3D:

  • Dari menu Plan-nya, Anda dapat membuat dinding, ruangan, polyline, dan dimensi untuk menggambar denah lantai dalam bidang 2D. Saat Anda menggambar denah lantai dalam 2D, desain ditampilkan dalam tampilan 3D secara berdampingan.
  • Anda dapat menambahkan beberapa tingkat ke denah lantai Anda. Setiap tingkat dapat dilihat sebagai beberapa lantai dari denah rumah. Anda dapat mengedit level individu dari masing-masing tab.
  • Ini menyediakan beberapa opsi yang berguna untuk membuat dan meningkatkan denah lantai termasuk mengunci denah dasar, memodifikasi dinding, membagi dinding, mengimpor gambar latar belakang, membalikkan arah dinding, menambahkan teks, dll.
  • Ini menyediakan berbagai aksesori untuk ditambahkan ke denah lantai Anda termasuk pintu dan jendela dan kamar tidur, kamar mandi, dapur, ruang tamu, lampu, dan aksesori lainnya. Dengan menggunakan objek-objek ini, Anda dapat membuat denah lantai yang detail.
  • Dalam tampilan 3D, Anda mendapatkan berbagai opsi untuk menavigasi dan menyesuaikan tampilan 3D. Ini termasuk tampilan udara, kunjungan virtual, sudut pandang toko, pergi ke sudut pandang, dll.
  • Anda dapat mengekspor denah lantai 3D sebagai gambar PNG dan juga membuat film denah lantai 3D dalam format MOV. Denah lantai 2D dapat disimpan sebagai file SVG atau PDF.
  • Secara keseluruhan, Sweet Home 3D adalah salah satu perangkat lunak denah lantai 3D dan perangkat lunak desain rumah favorit saya.
Link Download:


3. DreamPlan

DreamPlan merupakan software desain rumah yang cukup populer. Dengan menggunakannya, Anda dapat mendesain interior dan eksterior rumah. Ini memungkinkan Anda membuat dek, kolam renang, lanskap, dll. Anda juga dapat membuat denah lantai 2D dan 3D menggunakan perangkat lunak ini. Ini memberikan tampilan 2D Blueprint, 2D Rendered, dan 3D untuk membuat denah lantai. Selain itu, Anda dapat membuat denah lantai untuk beberapa level. Anda dapat menyesuaikan tinggi dan elevasi dinding setiap level.

Untuk membuat denah lantai, buka menu Bangunannya. Dari menu ini, Anda dapat menemukan opsi langsung untuk membuat dinding, jendela, pintu, lantai, plafon, atap, tangga, railing, dan balok. Anda dapat menggambar denah lantai dalam mode 2D dan 3D tetapi untuk denah lantai yang akurat, pertama-tama, mulailah dalam mode cetak biru 2D dan kemudian Anda dapat melihat atau memodifikasinya dalam tampilan 3D. Anda dapat menyesuaikan lebar dinding, menambahkan berbagai jenis pintu dan jendela, dll. Ini memungkinkan Anda menyesuaikan desain Anda dengan mengedit gaya, warna, bahan, dll. dari komponen yang digunakan. Anda juga dapat menambahkan label teks dan mengatur gambar kalkir. Setelah membuat denah 3D, Anda bisa langsung mencetaknya. 

Catatan: Ini gratis untuk penggunaan non-komersial saja.

Link Download:

4. Planoplan


Planoplan adalah software denah lantai 3D gratis lainnya. Ini pada dasarnya menyediakan alat Bangun Dinding dan Penggaris untuk memungkinkan Anda membuat denah lantai. Di dalamnya, Anda dapat mendesain denah lantai dalam 2D ​​dan kemudian memvisualisasikannya dalam mode 3D. Ini juga menyediakan mode penelusuran untuk menavigasi dalam desain rumah yang dibuat. Anda juga dapat membuat panorama VR dan mempratinjaunya di perangkat lunak ini. Untuk membuat denah lantai yang disempurnakan, ini menyediakan fitur-fitur berikut:

  • Ini menyediakan denah lantai beberapa contoh apartemen yang dapat Anda gunakan sebagai referensi dan modifikasi sesuai kebutuhan Anda.
  • Anda dapat menambahkan beberapa ruang sampel dari katalognya yang ada di panel kiri.
  • Ini memungkinkan Anda menambahkan banyak komponen bangunan seperti pembatas ruangan, atap, jendela & kaca, pintu & pintu, pagar & pagar, tangga, dll.
  • Juga menyediakan berbagai furniture, lighting, teknik, manekin, dekorasi, dan lain-lain untuk merencanakan interior sebuah rumah.
Hal ini membutuhkan pendaftaran gratis dan koneksi internet untuk bekerja. Anda dapat menyimpan desain pada akun terdaftar Anda hanya dalam perangkat lunak ini. Dan, banyak fiturnya yang berbayar. Anda dapat membeli versi pro untuk menggunakan semua fitur-fiturnya.

Link Download:

5. Envisioneer Express


Envisioneer Express adalah perangkat lunak desain rumah gratis lainnya untuk Windows. Ini dapat digunakan sebagai perangkat lunak denah lantai 3D. Ini memungkinkan Anda membuat denah lantai dalam mode tampilan 2D dan 3D. Untuk desain denah lantai yang lebih akurat, saya sarankan Anda menggambar denah kasar terlebih dahulu dalam 2D ​​dan kemudian melihat atau mengeditnya dalam 3D (dalam mode Ikhtisar atau Perspektif).

Untuk membuat denah dalam 3D atau 2D, Anda bisa mulai dengan memilih lantai dasar, lantai dasar, atau lantai dua untuk mendesain denah. Anda dapat menyesuaikan kepala, langit-langit, ketinggian dinding, dan parameter lantai lainnya menggunakan opsi Lokasi Bangunan. Sekarang, Anda dapat menyisipkan dinding (interior, eksterior) dan kemudian menambahkan pembagian ruangan, pintu, jendela, atap, bukaan, dan tangga untuk membuat denah penuh. Saat menambahkan dinding, ini menampilkan dimensi. Perangkat lunak ini memungkinkan Anda mendesain interior rumah juga. Anda dapat menambahkan lemari, peralatan, elektronik, furnitur interior, pencahayaan interior, dan perlengkapan pipa.

Untuk tampilan dan navigasi, ini menyediakan berbagai opsi dalam mode 3D dan 2D. Anda dapat menyesuaikan tampilan kamera, memilih mode tampilan (dirender, gambar rangka, garis tersembunyi, dll.), menerapkan filter tampilan, memperbesar, menggeser, dll. Ini juga menyediakan alat pengukur untuk membuat denah lantai secara akurat. Denah lantai akhir dalam 3D atau 2D dapat dicetak. Outputnya berisi tanda air.

Secara keseluruhan, ini adalah perangkat lunak desain rumah yang layak. Ini menyediakan banyak komponen dalam katalog bawaannya untuk mendesain rumah impian.

Link Download:


Tags: aplikasi desain rumah 3d, cara desain rumah di windows, cara membuat desain rumah, cara buat desain rumah sendiri, cara membuat desain rumah 3d di windows, cara membuat desain rumah di windows, cara buat desain rumah di windows, aplikasi desain rumah 3d hp windows, cara desain rumah impian di windows, desain rumah minimalis, aplikasi desain rumah, desain rumah gratis, cara buat denah rumah di windows, aplikasi desain rumah gratis, cara buat rumah di windows


Budi Santoso
Budi Santoso Penulis dan desainer grafis, yang menyajikan konten-konten unik, kreatif dan inspiratif. Kutipan: Pengetahuan yang baik senantiasa mengajarkanmu untuk lebih dekat pada Allah S.W.T

Posting Komentar untuk "5 Software Desain Rumah 3D Gratis Terbaik Untuk Windows"