Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Siapakah Penemu Adobe Photoshop?

 


Apakah kamu menggunakan Adobe Photoshop dalam mengolah photo? Kemudahan dan banyaknya tutorial menjadikan photoshop sebagai aplikasi pengedit populer, tidak hanya digunakan oleh seorang profesional maupun amatir sekedar mengedit photo seperlunya. Saya pun menggunakan aplikasi pengedit photo yaitu Photoshop untuk mengedit photo yang akan di gunakan sebagai gambar di blog Link Pengetahuan. Tapi apakah kamu tahu siapakan penemu dari aplikasi Photoshop?, dia adalah Thomas Knoll, pada tahun 1987 saat ia masih menjadi mahasiswa PhD di Universitas Michigan.

Thomas Knoll mulai membuat sebuah program pada Macintosh Plus, Os Windows belum banyak peminatnya karena program yang ia buat baru digunakan untuk menampilkan gambar grayscale pada layar monokrom, di sebut juga Display. Saudaranya yang bernama Jhon Knoll, seorang karyawan Industrial Light & Magic tertarik dengan apa yang sedang di kerjakan oleh Thosmas Knoll dan dia memberikan saran untuk menjadikan program penyunting gambar penuh. Untuk lebih serius menggarap program tersebut, Thomas mengambil cuti studi 6 bulan dan mengajak John bekerjasama untuk menjual aplikasi ini secara lebih profesional.

Dalam perjalanannya mereka pernah ditolak dan program mereka dianggap tidak layak jual. Belajar dari kegagalannya mereka terus mengembangkan program "Display" mereka sampai ditemukan metode inovatif yang belakangan dikenal sebagai 'plug-ins'. Tepatnya sebuah fitur untuk menyelaraskan 'tone', 'hue & saturation', serta beberapa kontrol keseimbangan gambar lainnya. Semakin bertambah hari semakin berkembang program mereka dan nama Display digantikan menjadi ImagePro. Pada 1988 perusahaan scanner BarneyScan tertarik untuk membelinya sebagai software bawaan scanner. Dan nama Photoshop pun lahir meski hanya terjual 200 copy.

Makin berkembangnya program Photoshop menjadikan mereka berani untuk bekerja sama dengan Apple Computer Inc dan Adobe. Pihak Adobe pun tertarik dan merilis Adobe Photoshop 1.0 pada bulan Februari 1990. Program itu berkapasitas sama dengan sekeping floppy disk (1,4 Mb) dan digunakan di OS Mac Pada tahun 1992 diluncurkanlah Adobe Photoshop Versi 2.5, yang pertama kalinya.


Budi Santoso
Budi Santoso Penulis dan desainer grafis, yang menyajikan konten-konten unik, kreatif dan inspiratif. Kutipan: Pengetahuan yang baik senantiasa mengajarkanmu untuk lebih dekat pada Allah S.W.T

Posting Komentar untuk "Siapakah Penemu Adobe Photoshop?"