Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Cetak Sertifikat Vaksin Ke-3 Melalui Web dan Aplikasi Pedulilindungi!

Sertifikat Vaksin Ke-3


Sertifikat Vaksin Covid-19 Ke-3 adalah salah satu persyaratan yang harus diselesaikan oleh warga yang ingin bepergian menggunakan mode transit ketika menerapkan pembatasan aktivitas masyarakat (PPKM) tanpa perlu membuat dokumen (SWAP dan Antigen) dan hanya menunjukan hasil vaksin booster melalui situs dan aplikasi Pedulilindungi untuk Pengguna smartphone android.

Pedulilindungi adalah halaman resmi dan aplikasi yang dikembangkan untuk membantu lembaga pemerintah yang bersangkutan untuk menghentikan penyebaran penyakit Coronavirus (Covid-19). Sertifikat vaksinasi diperoleh jika masyarakat telah melakukan vaksinasi COVID-19 dari dosis pertama, kedua dan ketiga. Jika Anda divaksinasi, sertifikat vaksin COVID-19 dapat diunduh dan dicetak. Inilah cara mencetak sertifikat vaksin COVID-19:


Cara Cetak Sertifikat Vaksin Ke-3 Melalui Web PeduliLindungi

  1. Kunjungi laman https://pedulilindungi.id
  2. Klik menu "Login" pada bagian kanan atas laman tersebut
  3. Masukan nomor handphone yang Anda gunakan saat proses registrasi vaksinasi.
  4. Setelah itu klik menu "Login Sekarang" Selanjutnya masukan kode OTP yang dikirim ke ponsel Anda
  5. Setelah berhasil login, klik kolom nama Anda yang terletak di pojok kanan atas situs Peduli Lindungi
  6. Pilih menu "Sertifikat Vaksin" Akan muncul tampilan sertifikat vaksin pertama, kedua dan ketiga jika Anda telah lengkap menerima ketiga vaksinasi.
  7. Klik tampilan sertifikat vaksin ke-3 dan klik menu "Unduh Sertifikat" Setelah berhasil di download, sertifikat vaksin tersebut akan masuk ke ruang penyimpanan handphone atau komputer.
  8. Terakhir, Anda bisa langsung mencetak kartu tersebut dengan menggunakan printer.


Cara Cetak Sertifikat Vaksin Ke-3 Melalui Aplikasi PeduliLindungi

  • Unduh aplikasi Pedulilindungi di smartphone
  • Saat membuka aplikasi, aktifkan fitur GPS
  • Buat akun jika baru pertama kali menggunakan aplikasi Pedulilindungi dengan memasukan nama lengkap sesuai KTP dan nomor handphone.
  • Setelah proses aktivasi, masuk ke dashboard aplikasi Pedulilindungi.
  • Pilih masuk ke menu akun pribadi yang terletak di kanan atas Pilih sertifikat vaksin
  • Pada aplikasi PeduliLindungi terbaru, untuk melihat dan mencetak Sertifikat Vaksi dapat dilakukan dengan pilih menu "Paspor Digital" dari tampilan awal Aplikasi.
  • Masukan nomor NIK dan nama lengkap Unduh sertifikat yang digital


Cara Cetak Sertifikat Vaksin Ke-3 Melalui SMS

  • Cara cetak sertifikat vaksin Covid di Pedulilindungi lewat SMS hanya bisa dilakukan apabila Anda sudah menerima SMS dari Pedulilindungi. Biasanya, SMS notifikasi akan dikirim ke nomor ponsel yang didaftarkan saat program vaksinasi.  Lamanya SMS masuk tersebut bervariasi, ada yang langsung menerima SMS segera setelah proses vaksinasi selesai, ada pula yang baru menerima SMS 1-2 hari setelah proses vaksinasi, baik penyuntikan pertama maupun kedua. 
  • Jika sudah menerima SMS notifikasi, Anda tinggal mengklik tautan sertfikat vaksin yang dikirim. Sistem lalu akan menampilkan sertifikat vaksin.
  • Lalu unduh atau bisa juga menggunakan tangkapan layar untuk mengunduh sertifikat vaksin ke-3 tersebut.


Sertifikat vaksin ke-3 Booster mempunyai warna merah tua dan biasanya berukuran sama dengan kartu vaksin sebelumnya. Demikianlangkah-langkah mencetak sertifikat vaksin atau kartu vaksin ke-3, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian semua yang membutuhkan informasinya.


Budi Santoso
Budi Santoso Penulis dan desainer grafis, yang menyajikan konten-konten unik, kreatif dan inspiratif. Kutipan: Pengetahuan yang baik senantiasa mengajarkanmu untuk lebih dekat pada Allah S.W.T

Posting Komentar untuk "Cara Cetak Sertifikat Vaksin Ke-3 Melalui Web dan Aplikasi Pedulilindungi!"