Cara Membuat Desain Spanduk Tahun Baru Imlek 2022 di CorelDraw


Ilmuinternet.com - Halo sobat desain, Tahun Baru Imlek adalah perayaan terpenting bagi orang Tionghoa. Perayaan tahun baru imlek dimulai pada hari pertama bulan pertama di penanggalan Tionghoa dan berakhir dengan Cap Go Meh.

Pada tahun ini perayaan tahun baru Imlek pada tanggal 1 Februari 2022, bagi anda yang mempunyai usaha percetakan tentunya sudah mulia ramai menerima orderan Banner atau Spanduk Tahun Baru Imlek 2022. 

Desain banner atau spanduk tahun baru imlek 2022 dapat anda buat dengan mudah menggunakan software Coreldraw. Bagi teman-teman yang ingin membuat desain spanduk sendiri mungkin refrensi berikut dapat membantu anda.

Karena itu saya akan bagikan tutorial membuat desain spanduk Tahun Baru Implek 2022 dan saya sertakan pula bahan atau materi spanduknya untuk itu silahkan pelajari cara pembuatannya dibawah ini.

Langkah-Langkah Membuat Spanduk Tahun Baru Imlek 2022:

  1. Buka software CorelDraw 
  2. Setting lembar kerja menggunakan kertas F4, Orientasi Landcape dan Unit : Centimeter
  3. Buat kotak dengan Rectangle tool, dengan ukuran 30 x 10 Cm (desain menggunakan skala)

  4. Langkah selanjutnya, download terlebih dahulu materi Spanduk pada link di berikut: Materi Spanduk Tahun Baru Imlek 2022 cdr.rar (Password: ilmuinternet.com)
  5. Kemudian import gambar dengan cara klik menu File > Import, pilih 3 buah gambar untuk background, disusun menjadi satu kesatuan seperti gambar di bawah
  6. Sebelum dijadikan background gambar PNG dirubah dulu menjadi VECTOR agar warnanya dapat dirubah menjadi putih dengan cara di Trace Bitmap.

  7. Selanjutnya tambahkan teks, disini saya menggunakan 3 jenis font. Download Font disini: Matura MT Script Capitals Font, Gang of Three Font, Shanghai Font.
  8. Setelah itu atur letak dan ukurannya seperti digambar atau sesuai kreasi anda masing-masing.

  9. Setelah objek di Trace, duplikat objek menjadi 3 buah dan disusun seperti gambar di atas, lalu gabungkan dengan menekan keyboard (Ctrl + G)

  10. Selanjutnya import gambar barongsai dan PoweClip Inside ke dalam objek yang sudah di Trace

  11. Terakhir tambahkan gambar-gambar ornamen untuk melengkapi Spanduk Tahun Baru Imlek 2022. Untuk memudahkan memasukan gambar ( File > Import ) atau Ctrl + I. Kurang lebih hasilnya bisa menjadi seperti ini atau sesuai keinginan anda masing-masing tentunya.

Download Template:


Demikian tutorial pembuatan banner atau spanduk tahun baru imlek 2022 di corel draw. Terinspirasi dari blog "Tutoriduan.com" yang merupakan penulis dan editor grafis senior. Berhubung saya masih belajar dan kurang lebih hasilnya seperti yang dapat teman-teman lihat diatas.

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan didalam postingan ini, semoga bermanfaat dan memudahkan teman-teman dalam pembuatan spanduk-spanduk lainnya di software "Corel Draw". Sebaik-baiknya desain adalah yang baik dan berguna untuk orang lain.