Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Leveling 3D Printer Secara (Manual)

Ilustrasi: Leveling 3D Printer (Manual)

 

Ilmuinternet.com - Apakah anda sedang mencari cara leveling Printer 3D? Pada kesempatan ini saya akan memberikan langkah-langkah leveling 3D Printer secara manual. Sebagai pengguna mesin 3D Printer ada baiknya mengetahui tutorial levelling manual berikut.

Leveling 3D Print yang baik dilakukan secara manual menggunakan kertas A4. Disini saya menggunakan Printer 3D "Anet Et4" dan kurang lebih prosesnya hampir sama dengan merek printer lain. Bagi anda yang ingin mengetahui proses levelingnya, simak ulasannya dibawah ini.


Persiapan Leveling 3D Printer Secara (Manual):

  1. Nyalakan mesin 3D print, kemudian masuk pada menu Prepare > Level > Manual.
  2. Siapkan kertas A4 atau sejenisnya, potong dengan ukuran 10cm-20cm persegi.
  3. Pada menu leveling "Anet Et4" tekan tombol Manual. lalu tekan Tombol 1 Tunggu nozzle mendekat ke arah bed.

  4. Putar kenop dibawah bed, amati secara horizontal jarak antara pelat build dan nozzle, pastikan ada celah kecil antara ujung nosel dan bagian atas pelat build agar dapat meletakkan selembar kertas A4 di antara keduanya.

  5. Buat jarak sensor sekitar 2-3mm dari platform, (sedikit di atas ketebalan penggaris). Sedangkan jarak nozzle dengan bed sekitar 0.2mm, perhatikan gambar dibawah ini.

  6. Selanjutnya tekan Tombol 2,3,4 lalu atur seperti cara nomor (5) sebelumnya. Sesuaikan keempat kenop di bagian bawah 3D Print hingga keempat simpul dan alas bawah konsisten secara horizontal.


Kesimpulan

Pentingnya proses leveling dalam penggunaan mesin 3D Printer agar hasil yang anda peroleh maksimal dan tanpa warping. Leveling yang tidak rata akan menyebabkan terjadinya warping atau filament tidak menempel pada bed.

Jika leveling tidak rata, otomatis nozzle akan menabrak objek dengan permukaan yang terlalu tinggi. Sehingga terjadilah proses pelepasan objek dari bed, dikarenakan tabrakan antara nozzle dengan objek yang levelingnya kurang sempurna tadi.

Demikian postingan cara melakukan leveling 3D Printer yang baik dan benar. Semoga postingan ini dapat membantu anda dalam levelling 3D Print anda dengan sempurna. Jika anda menyukainya silahkan share ke media sosial ya!


Posting Komentar untuk "Cara Leveling 3D Printer Secara (Manual)"