Whatsapp Down: Facebook dan Instagram Alami Gangguan Serupa, Berikut Penjelasannya!


Ilmuinternet.com - Seperti yang kita ketahui hari ini, Senin 4 oktober 2021 semua orang di belahan dunia mengalami kesulitan untuk mengakses beberapa platform media sosial seperti Whatsapp, Facebook dan Instagram termasuk di Indonesia.

Kendala koneksi ke server menjadi yang paling banyak dikeluhkan pengguna WhatsApp, Instagram dan Facebook. Selain itu pengguna mengaku tidak bisa mengirim atau menerima pesan, bahkan beberapa yang lainnya mengaku tidak bisa log-in.


Penyebab Whatsapp Down, Facebook dan Instagram Gangguan Hari Ini?

Saat ini, tidak ada konfirmasi tentang sumber maintainance. Pesan kesalahan di halaman web Facebook "DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN"  menunjukkan kesalahan Sistem Nama Domain (DNS) dan pada halaman Instagram menampilkan "5xx Server Error" artinya adalah masalah terjadi karena server tidak mampu memenuhi permintaan pengguna.

  • Penjelasan Whatsapp di akun resmi Twitter: "Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami masalah dengan WhatsApp saat ini. Kami sedang berupaya untuk mengembalikan semuanya menjadi normal dan akan mengirimkan pembaruan di sini sesegera mungkin."
  • Penjelasan Facebook di akun resmi Twitter: "Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami. Kami sedang berupaya agar semuanya kembali normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini.” 
  • Penjelasan Instagram di akun resmi Twitter : "Instagram dan teman-teman sedang mengalami sedikit kesulitan saat ini, dan Anda mungkin mengalami masalah saat menggunakannya. Bersabarlah bersama kami, kami siap! #instagramdown."


Berbagai hastag seperti tagar #whatsappdown#instagramdown dan #facebookdown dengan cepat mulai menjadi tren di Twitter, dengan pengguna mengeluhkan pemadaman dengan meme yang tak terhitung jumlahnya.

Meski sejak tumbangnya ketiga media sosial itu beberapa jam berlangsung, dari laman downdetector terlihat keluhannya semakin menurun grafiknya, yang mana menunjukkan mulai ada perbaikan dari sistem.

Situs DownDetector menyebutkan sebagai "laporan pemadaman (down) yang meluas" dan "keluhan pemadaman global yang jarang terlihat," dengan hampir 1588 laporan untuk Facebook, 2376 untuk Instagram, dan 4906 untuk WhatsApp di Indonesia.



Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Posting Komentar