Contoh Surat Undangan Rapat Karang Taruna, Siap Edit Microsoft Word (.doc)


Ilmuinternet.com - Karang taruna merupakan organisasi kepemudaan yang mana organisasi ini bergerak di dalam bidang sosial kesejahteraan untuk memajukan Desa. Organisasi ini bersifat sosial kemasyarakatan. Supaya didalam berorganisasi karang taruna diperlukan pencerahan dan jiwa sosial yang tinggi.

Yang kami sadar selama ini karang taruna sebatas sebagai organisasi penggerak sementara aktivitas 17 agustus-an maupun acara sosial disebuah desa. Lebih berasal dari tersebut, pemuda karang taruna punya tugas sehingga penduduk yang tersedia dikampung bisa jadi rakyat desa yang berdikari, terutama di dalam bidang wirausaha.

Terlebih saat ini, di masa pemerintahan Pak Jokowi mengglontorkan Dana Desa sebesar 1 milliar untuk pembanguna infrastruktur Desa. Sudah seharusnya pemuda karang taruna diberikan kesempatan untuk ikut andil di dalam pembangunan desa, terutama dibidang ekonomi.


Apa Itu Karang Taruna?

Karang Taruna adalah sebuah organisasi muda-mudi di Indonesia. Karang Taruna merupakan wadah pengembangan generasi muda non-partisan, yang tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggung jawab sosial dari, oleh dan untuk masyarakat khususnya generasi muda di wilayah Desa/ Kelurahan atau komunitas sosial sederajat, yang terutama bergerak dibidang kesejahteraan sosial. 

Secara bersama sama dengan Pemerintah dan komponen masyarakat lainnya untuk menanggulangi berbagai masalah kesejahteraan sosial terutama yang dihadapi generasi muda, baik yang bersifat preventif, rehabilitatif maupun pengembangan potensi generasi muda di lingkungannya.

Anggota Karang Taruna umumnya terdiri dari Anggota Pasif dan Anggota Aktif. Anggota Pasif adalah keanggotaan yang bersifat stelsel pasif (Keanggotaan otomatis), yakni seluruh remaja dan pemuda yang berusia 11 s/d 45 tahun. Sedangkan Anggota Aktif adalah keanggotaan yang bersifat kader, berusia 11 s/d 45 tahun dan selalu aktif mengikuti kegiatan Karang Taruna.


A. Fungsi Karang Taruna?

  • Penyelenggara Usaha Kesejahteraan Sosial.
  • Penyelenggara Pendidikan dan Pelatihan bagi masyarakat.
  • Penyelenggara pemberdayaan masyarakat terutama generasi muda secara komprehensif, terpacu dan terarah serta berkesinambungan.
  • Penyelenggara kegiatan pengembangan jiwa kewirausahaan bagi generasi muda di lingkungannya.
  • Penanaman pengertian, memupuk dan meningkatkan kesadaran tanggung jawab sosial generasi muda.
  • Penumbuhan dan pengembangan semangat kebersamaan, jiwa kekeluargaan, kesetiakawanan sosial dan memperkuat nilai-nilai kearifan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik lndonesia.
  • Pemupukan kreatifitas generasi muda untuk dapat mengembangkan tanggung jawab sosial yang bersifat rekreatif, kreatif, edukatif, ekonomis produktif dan kegiatan praktis lainnya dengan mendayagunakan segala sumber dan potensi kesejahteraan sosial di lingkungannya secara swadaya.
  • Penyelenggara rujukan, pendampingan, dan advokasi sosial bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial.
  • Penguatan sistem jaringan komunikasi, kerjasama, informasi dan kemitraan dengan berbagai sektor lainnya.
  • Penyelenggara Usaha usaha pencegahan permasalahan sosial yang aktual.

B. Tujuan Karang Taruna?

  • Terwujudnya pertumbuhan dan perkembangan kesadaran tanggung jawab sosial setiap generasi muda warga Karang Taruna dalam mencegah, menangkal, menanggulangi dan mengantisipasi berbagai masalah sosial.
  • Terbentuknya jiwa dan semangat kejuangan generasi muda warga Karang Taruna yang trampil dan berkepribadian serta berpengetahuan.
  • Tumbuhnya potensi dan kemampuan generasi muda dalam rangka mengembangkan keberdayaan warga Karang Taruna.
  • Termotivasinya setiap generasi muda Karang Taruna untuk mampu menjalin toleransi dan menjadi perekat persatuan dalam keberagaman kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  • Terjalinnya kerjasama antara generasi muda warga Karang Taruna dalam rangka mewujudkan taraf kesejahteraan sosial bagi masyarakat.
  • Terwujudnya kesejahteraan sosial yang semakin meningkat bagi generasi muda di desa/kelurahan atau komunitas adat sederajat yang memungkinkan pelaksanaan fungsi sosialnya sebagai manusia pembangunan yang mampu mengatasi masalah kesejahteraan sosial dilingkungannya.
  • Terwujudnya pembangunan kesejahteraan sosial generasi muda di desa/kelurahan atau komunitas adat sederajat yang dilaksanakan secara komprehensif, terpadu dan terarah serta berkesinambungan oleh Karang Taruna bersama pemerintah dan komponen masyarakat lainnya.

Setelah anda mengetahui tugas dan tujuan karang taruna, kali ini saya akan membahas mengenai rapat karang taruna. Dalam setiap kegiatan desa, tentunya para anggota karang taruna harus merapatkan dahulu mengenai kegiatan yang harus dijalankan. Maka dari itu dubutuhkanlah surat undangan rapat karang taruna untuk menginformasikan kepada para anggota mengenai rapat yang akan diadakan.

Undangan rapat karang taruna bisa menggunakan pesan singkat seperti whatsapp atau pemberitahuan secara lisan. Akan tetapi jika kegiatan yang akan dilaksanakan adalah kegiatan besar, alangkah baiknya undangan rapat dibuat resmi.


Contoh Undangan Rapat Karang Taruna

KARANG TARUNA RW.004
Kel. Kragan Kec. Gondangrejo
Kota Surakarta - Jawa Tengah
Alamat : Desa Kauman - RT02/RW004

====================================================

Kragan, 29 Desember 2021

Kepada : Anggota Karang Taruna
Perihal : Undangan Rapat
No. Surat : KT/RW004/XII/2021

Dengan Hormat, Bersama dengan ini kami mengharapkan kehadiran seluruh Pemuda
Pemudi Karang Taruna RW.004 untuk mengahadiri Agenda Rapat yang akan dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal : Minggu, 29 Desember 2021
Waktu : 09:00 WIB
Tempat : Kantor RW.004
Acara : Pembentukan Tim Pelaksana BUMDES

Demikian Undangan ini kami sampaikan, dimohon kehadirannya tepat pada waktunya. Atas
kehadirannya kami mengucapkan banyak terimakasih.

Hormat kami,
Ketua Karang Taruna RW.004
Ttd & stempel
Budi Santoso

Download Surat Undangan Rapat Karang Taruna, Siap Edit Microsoft Word (.doc)

Format file undangan rapat karang taruna tersebut dapat Anda download melalui link yang disediakan dibawah. Contoh surat undangan word ini dibuat menggunakan Ms. Word sehingga lebih memudahkan untuk diedit. Silahkan pergunakan untuk keperluan rapat.


Demikian postingan tentang contoh surat undangan rapat karang taruna doc. Semoga bermanfaat bagi Anda yang hendak melaksanakan agenda rapat karang taruna di desa anda. Terima kasih sudah berkunjung dan bagikan ke media sosial jika anda menyukainya!


Artikel Menarik Lainnya

Komentar

Posting Komentar