24 C
id

Mau Tampilan Kebun Lebih Berwarna? Gunakan 5 Jenis Bunga Bougenville ini!

Taman Bougenville


Bougenville atau Bougainville merupakan tanaman hias yang sering kita jumpai ditaman-taman atau halaman rumah. Tanaman tersebut identik dengan bunga yang rimbun, meski tidak berbau wangi akan tetapi memiliki banyak jenis dan warna bunga yang indah.

Bunga bougenville juga akrab dengan nama Bunga Kertas di Indonesia karena kelopaknya yang tipis dan seperti kertas. Tanaman hias tersebut populer lantaran perawatannya yang cukup mudah.

bougainvillea park


Keutamaan dan Manfaat Menanam Bunga Bougenville?

Ada alasan menanam tanaman hias Bougenville, selain memberikan keindahan manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dari Bunga Bougenville sebagai berikut.

1. Membersihkan Kualitas Udara

Tanaman bugenvil memiliki efek yang sangat baik untuk meningkatkan kualitas udara dan air. Tanaman ini memiliki efek yang sangat baik untuk menekan polusi yang disebabkan karena udara kotor, kondisi perubahan iklim dan berbagai efek timbal dari bahan bakar kendaraan.

2. Pengganti Antibiotik

Tanaman bugenvil mengandung metanol khusus yang berperan sebagai antibiotik alami.

3. Mengobati Batuk

Ambil beberapa kulit pohon yang sudah kering lalu haluskan hingga menjadi bubuk. Setelah itu campur bubuk kulit dalam satu gelas air matang. Gunakan air untuk berkumur dan tenggorokan akan menjadi lebih lega.

4. Mengatasi Masalah Pencernaan

Daun bugenvil dipercaya memiliki senyawa anti-inflamasi dan memberi efek yang menenangkan untuk usus.

5. Membunuh Bakteri

Esktrak daun bugenvil sangat ampuh dalam melawan perkembangan bakteri seperti bakteri S typhi, Micrococcus luteus, Escheria Colli, P vulgaris, S flexneri dan sumber bakteri lain. Karena itulah ekstrak daun bugenvil bisa menyembuhkan diare dan masalah pencernaan lain.

6. Sumber Antioksidan Alami

Ekstrak bunga bugenvil memiliki zat antioksidan yang cukup tinggi. Potensi ini bisa melawan semua radikal bebas yang terdapat pada saluran pencernaan dan organ lain dalam tubuh.

7. Mengatur Tekanan Darah

Tanaman bugenvil bisa digunakan sebagai minuman alami untuk mengatasi tekanan darah tinggi dan mengatur tekanan darah.

8. Menjaga Keseimbangan Kolesterol

Konsumsi teh dari bunga bugenvil telah dilakukan sejak zaman dahulu di Meksiko. Ekstrak dari daun bugenvil mampu menjaga keseimbangan kolesterol dan tekanan darah.

9. Mengobati Resistensi Insulin

Pada skala tertentu maka menyebabkan diabetes. kandungan senyawa pinitol dalam bunga bugenvil dipercaya bisa mengatasi masalah resistensi insulin.

Cara konsumsinya bunga bugenvil yang sudah dikeringkan dan menjadi teh sangat disarankan untuk perawatan ini.

10. Mencegah Peradangan Lambung

Ekstrak daun bugenvil ternyata bisa digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan peradangan pada bagian usus. Senyawa kimia dalam daun bugenvil bisa menimbulkan efek perlindungan dan menenangkan untuk usus. Langkah ini sangat penting untuk menjaga kesehatan lambung dan usus.

Nah, kalau kamu sedang mendekorasi tampilan kebun dirumah agar lebih berwarna, ada baiknya mengetahui jenis-jenis bunga hias bougenville yang cocok dijadikan sebagai tanaman hias berikut.


Berikut Jenis Tanaman Bougenville Yang Memiliki Bunga Indah & Berwarna:

1. Bunga Bougenville Coconut Ice

Bougenville Coconut Ice

Suka taman yang lebih berwarna? Jenis bunga bougenville yang satu ini bisa jadi pilihanmu! Dibanding varietas lainnya, varietas ini memiliki jenis kombinasi warna paling banyak dan juga akan selalu mekar sepanjang tahun untuk menghiasi tamanmu, bahkan taman rumah yang kecil sekalipun!

2. Bunga Bougenville Alexandra

Bougenville Alexandra

Tamanmu akan jauh lebih cerah dan elegan dengan jenis bunga bougenville alexandra karena warnanya yang keunguan dan juga bunganya yang rimbun ketika bermekaran. Perlu diketahui, jenis satu ini memiliki sifat menggugurkan daunnya pada waktu-waktu tertentu.

3. Bunga Bougenville Afterglow

Bougenville Afterglow

Jenis satu ini menjadi favorit karena bunganya bersemi berulang-ulang kali sepanjang tahun. Hybrid dari bunga bougainvillea glabra dan bougainvillea peruviana ini cocok ditanam di halaman rumah, pekarangan, kebun di atap rumah, bahkan sebagai tanaman rambat di dinding. Bunga kertas afterglow umumnya memiliki warna kelopak bunga jingga, merah, mudah muda, dan juga warna koral.

4. Bunga Bougenville Cherry Blossom

Bougenville Cherry Blossom

Jenis bunga bougenville cherry blossom memiliki kelopak berwarna merah muda. Terkadang warnanya sangat pudar hingga medekati warna putih. Varietas jenis bunga satu ini juga termasuk bunga yang terus mekar sepanjang tahun.

5. Bunga Bougenville Gold Rush

Bougenville Gold Rush

Jenis tanaman bougenville yang satu ini memiliki kelopak kuning keemasan yang jauh lebih cerah dan mencolok sehingga cocok untuk memberikan warna berbeda pada taman di rumahmu. Dengan jenis bunga ini, dijamin taman depan rumah milikmu bakal lebih ceria!


Akhir kata

Itulah berbagai macam jenis bunga bougenville yang bisa kamu pilih untuk mempercantik dan membuat kebunmu semakin berwarna.

Jadi bunga bougenville nomor berapa yang kamu sukai? Tulis pendapatmu dikomentar ya. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4