24 C
id

Cara Update Windows 11, Kelebihan Serta Bocoran Fitur Baru!

Windows 11 versi beta


Bagi anda yang masih menggunakan sistes operasi (OS) Windows 10, kini dapat mencoba versi terbaru dari microsoft windows 11 versi beta. Sistem operasi terbaru pertama kali diperkenalkan pada akhir juni 2021 dan bisa dicoba mulai 5 Oktober 2021.

Lantas, apa saja perubahan besar-besaran dari OS terbarunya? Banyak pembaruan yang ditawarkan di Windows 11 diantaranya update Fitur managemen, Jendela tugas, Antarmuka yang lebih besar, Peningkatan kinerja, dan dukungan Aplikasi android.

Tertarik untuk update ke windows 11? Simak keunggulan dan fitur baru dari windows 11 versi beta dibawah ini. Berikut ulasannya untuk anda!


Kelebihan Windows 11 Versi Beta?

1. Antarmuka Desain Windows 11

Kelebihan pertama yang dimiliki Windows 11 yaitu, memiliki tampilan baru yang lebih fresh, dibandingkan versi sebelumnya yaitu Windows 10.

Desainnya bener-benar mirip sistem operasi Mac OS X dan Linux, tombol Start Menu Windows 11 juga secara default (bawaan) sekarang berada di sisi tengah. Terdapat banyak fitur yang memang ditujukan untuk lebih memudahkan pengguna dalam mengoperasikan sistem operasi Windows.

2. Tampilan Menu Setting di Windows 11

Pada menu setting yang baru, Windows 11 memiliki tampilan yang lebih ringkas dan elegan. Seperti yang kalian lihat pada gambar di atas, menu-menu setting berjajar rapi sebelah kiri dan kanan.

Sehingga memudahkan user atau pengguna, lebih cepat mengakses fitur atau menu yang ingin digunakan.

3. Fitur Snap Layouts di Windows 11

Fitur Snap Layouts yang hadir di Windows 11, sangat membantu pengguna dalam mengatur beberapa jendela ketika sedang multi-tasking, atau melakukan banyak pekerjaan secara bersamaan.

Sehingga kalian tidak perlu lagi, mengatur banyak jendela secara manual, karena sudah dibikin otomatis oleh team dari developer Microsoft.

4. Fitur Auto HDR Mode di Windows 11

Fitur Auto HDR Mode di Windows 11, sangat bagus untuk gamer yang memiliki monitor dengan fitur HDR bawaan. Tampilan di dalam game akan lebih realistis dan enak dipandang mata. Sebenarnya teknologi dari fitur ini juga diadopsi dari console Microsoft Xbox Series X.

5. Fitur DirectStorage di Windows 11

Fitur Direct Storage akan hadir di Windows 11, teknologi ini juga diadopsi dari console Xbox Series X. Fitur Direct Storage berguna untuk memaksimalkan kecepatan dari SSD NVMe, untuk mempercepat loading game, dan juga meningkatkan frame rate / FPS di dalam game.

Benefit dari teknologi ini pastinya sangat membantu sekali bagi gamer, yang memainkan game PC/Laptop.

6. Peningkatan Keamanan

Seperti yang kita tahu, pada spesifikasi minimum untuk menjalankan Windows 11, mensyaratkan salah satu fitur yang harus ada di PC/Laptop kalian yaitu TPM 2.0.

Dengan ada syarat fitur tersebut, pastinya akan membuat PC/Laptop kita menjadi lebih aman lagi, dan mengurangi tingkat kerusakan akibat serangan malware atau peretas.

7. Mendukung Aplikasi Android

Menggunakan Windows 11, maka pengguna dapat menjalankan aplikasi Android di Komputer atau PC tanpa harus menggunakan bantuan emulator. Berbagai aplikasi Android dapat ditemukan pada Microsoft Store dan diunduh melalui Amazon App Store. Nantinya setelah diunduh aplikasi bisa disematkan ke taskbar untuk kemudian disandingkan dengan aplikasi lain.


Spesifikasi Minimum:

Sebelum anda mencoba Windows 11 versi beta, disarankan untuk memenuhi syarat spesifikasi minimum yang disarankan Microsoft berikut ini.

  • Prosesor: 2 core 64-bit berkecepatan 1 GHz 
  • RAM: 4 GB 
  • Media penyimpanan: 64 GB 
  • Firmware: UEFI, Secure Boot capable 
  • TPM: Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0 
  • Kartu grafis (GPU): Kompatibel dengan DirectX 12 atau dengan driver WDDM 2.0 
  • Display: 9 inci kualitas HD (720p), 8 bits per colour channel

Apabila komputer/pc anda telah memenuhi syarat diatas silahkan mempelajari cara pasang windows 11 versi beta di PC dan Laptop (Windows 10) berikut.


Cara Instal Windows 11 Versi Beta di Komputer atau PC

Langkah-langkah instal windows 11 versi beta


  1. Pertama, buka opsi pengaturan "Settings" yang terdapat pada menu Start dan pilih opsi "Update & Security". 
  2. Selanjutnya, pilih "Windows Insider Program" dan klik tombol Get Started. Akan muncul sebuah jendela baru yang meminta untuk menghubungkan akun Microsoft Anda. 
  3. Setelah akun dihubungkan, silakan pilih opsi "Beta Channel" dan klik tombol "Confirm".

  4. Restart Komputer atau PC Anda dan segera akses menu "Settings" > "Update & Security" > "Check for updates". 
  5. Komputer atau PC Anda akan secara otomatis mengunduh data yang dibutuhkan untuk memasang Windows 11 versi beta. 
  6. Jika proses unduh sudah selesai, ikuti langkah-langkah yang diminta dan Windows 11 versi beta akan segera berjalan di Komputer atau PC Anda.


Akhir kata

Demikian cara update windows 10 ke windows 11 yang dapat saya bagikan. Semoga bermanfaat dan membantu anda memasang windows 11 dikomputer atau pc dengan mudah. Jika Anda memiliki pertanyaan terkait postingan diatas, tinggalkan kritik dan saran anda melalui komentar. Terima kasih sudah berkunjung!
Postingan Lama
Postingan Lebih Baru

Posting Komentar

Ads Single Post 4